7 Tanaman Obat Asam Urat (Sangat Ampuh)

tanaman obat asam urat

Asam urat merupakan sejenis penyakit sendi yang terjadi karena kadar asam urat yang tinggi dalam darah. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai berbagai jenis tanaman obat asam urat yang sangat berkhasiat.

Dalam keadaan normal asam urat akan larut dalam darah dan dikeluarkan melalui urine. Namun jika terjadi gangguan atau dalam kondisi tertentu asam urat akan menghasilkan jumlah berlebih dan akan menumpuk pada tubuh.

Jika tidak segera ditangani, asam urat yang menumpuk pada tubuh akan menyebabkan nyeri sendi dan pembengkakan di berbagai sendi.

Gejala dan Tanda Tanda Asam Urat

gejala asam urat
klikdokter.com

Ada beberapa gejala yang dapat diketahui jika menderita asam urat. Namun biasanya gejala ini pada awalnya tidak akan terlihat. Gejala tersebut mulai muncul ketika penyakit asam urat sudah mulai kronis. Berikut beberapa gejala umum asam urat.

  • Nyeri sendi parah dan mendadak, teruytama pada pagi hari.
  • Sendi kemerahan
  • Sendi bengkak
  • Rasa panas pada sekitar sendi

Untuk gejala gejala asamurat tersebut biasanya muncul tiba-tiba dan tidak dapat di prediksi. Biasanya gejala tersebut terjadi hanya dalam beberapa jam selama 1 sampai 2 hari.

Namun jika sudah parah maka gejala tersebut dapat berlangsung selama berminggu minggu. Jadi, jika anda mengalami gejala-gejala tersebut segera periksakan ke dokter.

Baca Juga: Manfaat dan Cara Mengolah Lidah Buaya (Mudah)

Cara Mencegah Asam Urat

Ada beberapa cara untuk mencegah asam urat agar tidak kambuh, yaitu dengan menghindari hal-hal yang dapat memicu asam urat. Berikut diantaranya.

Mengatur Pola Makan

Cara yang pertama adalah dengan mengatur pola makan. Dengan mengatur pola makan yang teratur dengan baik, maka risiko asam urat dapat diminimalisir. Selain itu, hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak dan gula yang tinggi.

Menghindari Makanan yang Tinggi Purin

Makanan yang mengandung purin juga harus dihindari agar terhindar dari penyakit yang satu ini. Lalu apa saja makanan yang tinggi akan kandunga purin. Berikut beberapa diantaranya.

  • Jeroan
  • Kaldu daging
  • Sosis
  • Bebek
  • Seafood
  • Dll

Itulah beberapa makanan yang tinggi akan purin, selain itu batasi juga makanan seperti daging, ayam, dan kacang-kacangan.

Minum Air Cukup

Mulai juga dengan mengkonsumsi air yang cukup. Maksud air disini adalah air putih, bukan air yang memiliki rasa yang manis. Dengan meminum air yang cukup, tubuh akan terhidrasi dengan baik, sehingga berbagai penyakit dapat dicegah.

Melakukan Olahraga Rutin

Salah satu penyebab paling umum dari asam urat adalah kurangnya olahraga. Dengan melakukan olahraga rutin dapat mencegah terjadinya asam urat dan encok. Selain itu dengan berolahraga juga dapat menjaga berat badan anda agar lebih ideal.

Mencegah Lebih Baik daripada Mengobati

Tanaman Obat Asam Urat

Sekarang masuk ke pembahasan inti, yaitu mengenai tanaman obat asam urat dan rematik yang alami. Ada berbagai macam jenis tanaman obat asam urat yang mudah didapat dan harganya yang murah meriah. Berikut penjelasan lengkapnya.

Tanaman Kumis Kucing

tanaman kumis kucing
pixabay.com

Tanaman yang pertama adalah tanaman kumis kucing. Tanaman yang satu ini termasuk ke dalam tanaman obat asam urat. Hal ini di karenakan kandungan garam kalium pada kumis kucing dapat membuang racun melalui urine.

Selain itu dalam tanaman kumis kucing ini terdapat zat orthosiphon, flavonoid, dan rosmarinic acid yang dapat mengatasi masalah batu ginjal dan hipertensi.

Tanaman Jahe

tanaman jahe
programhcs.com

Selanjutnya adalah jahe. Tanaman yang termasuk dalam rempah-rempah ini juga merupakan tanaman obat untuk asam urat. Salah satu manfaat dari jahe adalah dapat meredakan nyeri, sehingga tanaman jahe ini cocok untuk asam urat.

Salah satu jenis jahe yang berkhasiat untuk asam urat adalah jahe merah. Hal ini dipercaya masyarakat karena rasa pedas pada jahe merah lebih pedas dibandingkan jenis jahe lainnya.

Kulit Manggis

kulit manggis
pixabay.com

Manggis merupakan buah dari tanaman yang hidup di daerah tropis. Buah yang memiliki nama latin Garcina manostana l. ini memiliki berbagai macam khasiat, terutama pada kulit buahnya.

Salah satu khasiat yang dikandung oleh kulit manggis adalah dapat mengobati asam urat. Hal ini karena dalam kulit manggis terdapat zat antioksidan yang tinggi yang berfungsi sebagai anti-inflamasi pada tubuh.

Zat yang terdapat pada kulit manggis tersebut dapat memecah kristal-kristal asam urat yang nantinya akan mudah dilarutkan dan dikeluarkan lewat urine. Selain itu kandungan mangostin pada kulit manggis juga dapat mempercepat penyembuhan luka pada tubuh.

Tanaman Kunyit

tanaman obat asam urat
hellosehat.com

Selain jahe, tanaman rempah yang dapat mengobati asam urat adalah kunyit. Tanaman yang memiliki nama latin Curcuma longa ini merupakan tanaman asli Asia Tenggara.

Kunyit mengandung zat anti-inflamasi yang bermanfaat untuk mengatasi peradangan yang disebabkan oleh asam urat.

Untuk mengkonsumsi kunyit ini anda bisa mengikuti cara merebusnya dan langsung meminumnya atau dapat anda olah menjadi jamu atau berbagai masakan lainnya.

Seledri

tanaman obat asam urat
pixabay.com

Tanaman yang digunakan sebagai bahan masakan selanjutnya juga dapat mengobati asam urat, yaitu seledri. Tanaman ini sangat familiar untuk anda yang suka memasak di dapur, namun siapa sangka tanaman ini dapat mengobati asam urat.

Kandungan dari seledri ini beragam mulai dari zat besi, kalsium, flavanois, glikosida sampai berbagai macam vitamin terkandung di dalamnya.

Daun Sirsak

daun-sirsak
meramuda.com

Salah satu tanaman yang ampuh untuk mengobati asam urat adalah sirsak. Tanaman ini memiliki berbagai macam manfaat yang baik untuk tubuh, terutama untuk asam urat.

Bagian yang dimanfaatkan dari tanaman ini untuk mengobati asam urat adalah daunnya. Dalam daun sirsak terdapat berbagai macam kandungan, seperti Annocatalin, asam linoleat, hingga vitamin.

Untuk mengkonsumsi daun sirsak ini juga sangat mudah, yaitu dengan merebus beberapa daun sirsak, kemudian rebusan ini diminum secara rutin.

Daun Sambiloto

daun sambiloto
beritagar.id

Tanaman yang juga dipercaya sebagai obat dari asam urat adalah daun sambiloto. Memang tanaman ini sudah dipercaya dari dulu dapat menjadi herbal tradisional yang mengatasi berbagai penyakit, salah satu manfaat sambiloto adalah mengatasi asam urat.

Daun sambiloto ini sangat berkhasiat untuk mengobati penyakit asam urat karena di dalamnya terdapat berbagai macam zat yang baik untuk tubuh, seperti flavanoid, aldehid, keton, kalium, dan masih banyak lagi.

Nah itulah beberapa tanaman obat asam urat yang mungkin akan berguna untuk anda. Namun seperti yang sudah saya tuliskan diatas.

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.