11 Jenis Tanaman Hias Indoor agar Rumah Lebih Segar

tanaman hias indoor

Untuk anda yang sudah bosan dengan dekorasi rumah yang biasa biasa saja. Anda bisa menambahkan beberapa dekorasi tambahan seperti tanaman hias. Hal ini bertujuan untuk menambah kesan hidup pada rumah anda. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai beberapa jenis tanaman hias indoor.

Yang mungkin nantinya akan menjadi inspirasi untuk anda dalam menentukan tanaman hias yang akan anda pilih untuk rumah anda.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Matahari (Hasil Maksimal)

Jenis Jenis Tanaman Hias Indoor

Ada berbagai macam dan jenis tanaman hias yang ada di dunia, namun untuk anda yang tinggal di Indonesia dapat mencoba beberapa tanaman hias berikut ini untuk anda jadikan dekorasi di rumah anda.

Zamioculcas (Zanzibar Gem)

tanaman hias indoor
Bakker.com

Jenis tanaman hias indoor pertama yang dapat anda coba adalah tanaman Zanzibar Gem ini atau yang biasa disebut dengan tanaman dolar. Tanaman ini merupakan salah satu tanaman yang digunakan untuk memperindah ruangan anda.

Tanaman ini merupakan tanaman yang berasal dari kelompok talas talasan yang biasa tumbuh di iklim tropis dan berasal dari wilayah Asia Timur.

Ciri dari tanaman yang satu ini adalah daunnya yang berwarna hijau gelap mengkilap dan berbentuk menyirip. Untuk ketinggian tanaman ini bisa mencapai 45 sampai 60 cm.

Bunga ini tumbuh menghijau sepanjang tahun, namun pada musim kemarau akan menggugurkan daunnya.

Tanaman Sansevieria

Tanaman hias indoor
integriti.web.id

Tanaman hias yang kedua adalah tanaman Sanseviera. Tanaman ini juga merupakan tanaman yang mudah sekali untuk perawatannya karena dalam kondisi sedikit air dan cahaya matahari tanaman ini masih bisa hidup.

Kalau di Indonesia sendiri tanaman ini memiliki sebutan yang unik, yaitu tanaman lidah mertua. Bukan tanpa alasan tanaman ini dinamai lidah mertua, hal ini karena tanaman ini memiliki daun yang tajam ujungnya.

Untuk tanaman sansevieria ini ada banyak jenisnya, diantaranya adalah sebagai berikut.

Sansevieria Stuckyi

Sansevieria Stuckyi
tom-piergrossi.squarespace.com

jenis sansevieria ini memiliki ciri daun berwarna hijau gelap dan bertekstur kasar. Jenis ini bisa mencapai ukuran hingga 2 meter. Walaupun memiliki tekstur yang kasar tanaman ini memiliki bunga yang wangi.

Sansevieria Pinguicula

Sansevieria Pinguicula
public.fotki.com

Ciri ciri dari jenis ini adalah daun yang berwarna hijau kebiru biruan dan pada bagian bawah berwarna kecoklatan. Jenis ini merupakan salah satu jenis yang bisa tumbuh dengan cepat.

Sansevieria Kirkii

Sansevieria Kirkii
bukalapak.com

Selanjutnya adalah jenis sansevieria kirkii. jenis ini berasal dari Afrika. Keunikan dari jenis ini adalah bentuknya yang mirip dengan bintang. Ciri ciri lain dari jenis ini adalah warnanya yang putih kehijauan dan memiliki bau yang wangi.

Sansevieria Trifasciata

tanaman hias indoor
aliexpress.com

Jenis Sansevieria yang terakhir yang akan saya jelaskan adalah jenis Trifasciata. Mungkin jenis ini yang paling sering anda temukan di sekitar kita.

Jenis ini berasal dari kawasan Afrika Barat. Memiliki ciri ciri daun yang kaku dan tumbuh vertikal ke atas. Daunnya berwarna hijau dengan corak kuning pada samping daunnya.

Tanaman ini juga merupakan salah satu tanaman hias yang bisa anda rawat di ruangan AC.

Baca Juga: Cara Menanam Hidroponik untuk Pemula (Mudah)

Tanaman Palem Sadeng

Tanaman Palem sadeng
bukalapak.com

Tanaman yang bisa anda jadikan dekorasi di rumah selanjutnya adalah palem sadeng. Jenis tanaman ini merupakan salah satu tanaman yang mudah untuk di rawat dan ukurannya yang mini.

Hanya dengan menyiramnya seminggu sekali dan dengan cahaya yang cukup tanaman ini bisa bertahan hidup. Salah satu kelebihan dari tanaman ini adalah dapat menjadi penyegar udara di rumah anda.

Ficus Elastica

Tanaman hias indoor
crocus.co.uk

Jenis tanaman hias yang keempat adalah tanaman Ficus Elastica atau karet kebo. Tanaman ini memiliki ciri daun yang lebar dan berwarna hijau gelap.

Tanaman ini juga dapat menjadi penyegar udara di rumah anda. Walaupun dengan cahaya yang sedikit, tanaman ini masih tetap bisa bertahan hidup.

Tanaman Anggrek

Tanaman anggrek
media.rooang.com

Tentunya anda sudah tahu tentang tanaman yang satu ini. Tanaman ini cocok untuk dijadikan hiasan untuk memperindah rumah anda.

Salah satu manfaat yang dapat anda dapatkan jika menjadikan anggrek sebagai penghias rumah adalah kemampuannya untuk menghasilkan oksigen di malam hari. Sehingga udara di rumah anda akan lebih segar pada pagi harinya.

Pakis Asparagus

Pakis Asparagus
id.aliexpress.com

Selanjutnya adalah tanaman pakis asparagus. Tanaman ini merupakan salah satu tanaman yang bisa dijadikan sebagai penghias ruangan.

Salah satu kelebihan dari tanaman ini adalah manfaatnya yang dapat menjadikan udara di ruangan anda lebih segar. Ciri ciri dari tanaman ini adalah daunnya yang mirip dengan daun tumbuhan paku, namun tanaman ini memiliki daun yang lebih lembut.

Pachira Aquatica

tanaman hias indoor
bakker.com

Tanaman pachira aquatica ini merupakan tanaman hias indoor yang unik. Hal ini dikarenakan bentuk batangnya yang menyerupai rambut yang dikepang. Selain itu tanaman ini dikenal dengan sebutan pohon uang.

Tanaman ini merupakan tanaman asli daerah tropis. Sehingga sangat cocok untuk dekorasi rumah yang terdapat di daerah tropis seperti Indonesia.

Baca Juga: 5+ Manfaat & Cara mengolah Lidah Buaya agar lebih Berkhasiat

Rosemary

Rosemary
bonnieplants.com

Tanaman ini tergolong tanaman yang memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk anda. Salah satunya adalah tanaman hias yang dapat mengusir nyamuk.Selain itu bunga dari tanaman ini juga dapat dikonsumsi dan digunakan menjadi bahan pembuat teh.

Ciri ciri dari tanaman rosemary ini adalah daunnya yang sempit, oval dan berujung runcing. Bunga dari tanaman ini berwarna ungu pucat sampai biru gelap.

Tanaman Peace Lily

Tanaman hias indoor
bukalapak.com

Mungkin anda sering melihat tanaman ini dijadikan tanaman hias yang diletakkan di luar ruangan. Ternyata tanaman ini juga bisa dijadikan tanaman hias di dalam ruangan.

Tanaman ini merupakan salah satu tanaman pembersih udara dalam ruangan dan sebagai tanaman penyerap polutan yang baik. Hal ini dikarenakan tanaman ini dapat menyerap beberapa zat seperti formaldehid dan benzena.

Selain itu tanaman ini merupakan tanaman yang sangat mudah untuk dirawat, walaupun hanya dengan sedikit cahaya tanaman ini masih bisa bertahan hidup.

Bunga Krisan

Bunga Krisan
gardenerdy.com

Jenis tanaman hias indoor selanjutnya adalah bunga krisan atau juga bisa di sebut seruni. Tanaman ini memiliki bunga yang sangat indah dengan warna warna yang cerah, sehingga akan memberikan suasana ceria pada ruangan anda.

Jika anda berminat untuk menjadikan bunga krisan sebagai tanaman hias dalam rumah, sebaiknya perhatikan penempatan tanaman ini. Karena jika mendapatkan cahaya matahari yang cukup tanaman ini akan berbunga dengan indah.

Bambu Rejeki

Bambu Rejeki
bukalapak.com

Sesuai dengan namanya tanaman ini dapat dipercaya mampu membawa keberuntungan. Bambu rejeki ini bisa anda tanam pada media tanah atau air. Jadi, jika anda memiliki kolam di dalam rumah, anda bisa menanam tanaman ini pada air kolam tersebut.

Keunikan lain dari tanaman ini adalah kebutuhannya akan sinar matahari, jika tanaman lain memerlukan sinar matahari langsung, tanaman ini justru sebaliknya. Jika terkena sinar matahari langsung malah akan cepat kering dan mati.

Nah itulah beberapa tanaman hias indoor yang dapat anda jadikan inspirasi sebagai penambah suasana hijau di rumah anda.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.