✓ Pengertian, Sejarah, dan Teknik Renang Gaya Punggung (Lengkap)

Renang gaya punggung

Renang Gaya Punggung – Dalam olahraga renang terdapat beberapa gaya yang digunakan, diantaranya adalah renang gaya dada, renang gaya punggung, renang gaya kupu kupu, dan renang gaya bebas.

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai salah satu gaya yang terdapat dalam cabang olahraga renang yang ada di makalah renang gaya punggung yang saya tahu. Lebih tepatnya adalah renang gaya punggung. Renang gaya punggung merupakan salah satu gaya yang dilombakan dalam kejuaraan atau olimpiade di seluruh dunia. Untuk mengetahui penjelasan lebih lanjut mengenai gaya renang ini silahkan menuju pembahasan di bawah.

Pengertian Renang Gaya Punggung

Sejarah Renang gaya punggung
sbnation.com

Gaya Punggung adalah salah satu gaya yang terdapat dalam olahraga renang yang diperlombakan di kejuaraan dunia. Posisi badan gaya punggung berbeda dengan posisi badan gaya renang lain, yaitu dengan membelakangi permukaan air dan menghadap ke atas.

Sejarah Renang Gaya Punggung

Berbeda dengan gaya renang yang lain. Renang gaya punggung mengharuskan perenang berenang dengan membelakangi air. Awal mula renang gaya punggung dikenal sudah sejak zaman kuno. Pertandingan renang gaya ini mulai dipertandingkan pertama kali di olimpiade Paris pada tahun 1900. Gaya renang ini merupakan yang tertua setelah gaya bebas.

Salah satu hal yang menyebabkan gaya renang ini dikenal adalah karena Adolf Kiefer. Adolf Kiefer adalah seorang mantan perenang kompetisi Amerika, juara Olimpiade, mantan pemegang rekor dunia, penemu dan inovator produk yang berkaitan dengan olahraga air.

Ia telah melakukan banyak jasa dalam banyak hal, salah satunya dalam cabang olahraga air. Pada tahun 1934 ia melakukan perbaikan perbaikan gaya pada olahraga renang. Sehingga dapat mengefektifkan gerakan dan menambah kecepatan dengan optimal. Oleh karena itulah gaya gaya tersebut makin di kenal dan digemari.

Teknik Renang Gaya Punggung

teknik renang gaya punggung
youtube.com

Berbeda dengan teknik gaya renang lain, gaya punggung dilakukan dengan posisi tubuh membelakangi air. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar anda bisa mahir untuk melakukan gaya ini. Saya akan membaginya sebagai berikut.

  • Posisi badan
  • Teknik luncuran
  • Gerakan lengan
  • Gerakan kaki
  • Pengambilan nafas
  • Koordinasi badan

Oke, langsung saja pelajari, perhatikan, dan praktekkan hal hal di bawah ini.

Posisi Badan

Hal yang harus diperhatikan pertama kali untuk melakukan gaya ini adalah posisi badan. Kenapa posisi badan sangat penting dalam melakukan setiap gaya pada renang? Hal ini dilakukan untuk lebih mengefisiensikan gerakan dan agar dapat bergerak lebih cepat.

Berbeda dengan renang gaya dada yang posisi badan menghadap permukaan air. Untuk gaya punggung posisi badan menghadap ke atas dan lakukan posisi tidur. Mungkin jika anda yang baru pertama kali melakukannya anda akan takut tenggelam. Namun tidak perlu khawatir karena posisi kepala yang menghadap ke atas membuat anda lebih leluasa untuk bernafas.

Teknik Meluncur

awalan renang gaya punggung
olavistaphotography.com

Berbeda dengan gaya renang gaya kupu kupu yang melakukan awalan di atas air, teknik meluncur renang gaya ini dilakukan di air, yaitu dengan memegang pegangan yang ada pada dinding kolam. Berikut langkah langkah untuk melakukan awalan.

  1. Posisikan kedua tangan untuk memegang dinding pada kolam.
  2. Bengkokkan kedua kaki ke atas dengan menumpukan kaki ke dinding kolam dengan kuat.
  3. Pastikan kedua lutut berada diantara kedua lengan.
  4. Lepaskan pegangan dan luruskan lengan diantara kepala. Ketika melepaskan pegangan dorong badan menggunakan kedua kaki ke dinding, sehingga tubuh dapat terdorong dengan kuat.
  5. Perhatikan kepala agar tetap di atas permukaan air dan sejajar dengan lengan.
  6. Lakukan berkali kali sampai terbiasa dengan teknik luncuran ini.

Gerakan Lengan dan Kaki

Posisi badan
swimmingworldmagazine.com

Hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah teknik melakukan kayuhan lengan dan kaki ketika melakukan gaya punggung. Hal ini sangat penting karena gerakan lengan dan kaki akan sangat berpengaruh terhadap kecepatan ketika anda berenang.

Teknik gerakan lengan dan kaki yang digunakan untuk gaya renang ini adalah sebagai berikut.

Gerakan Lengan

Dalam berenang, terutama gaya punggung dibedakan menjadi 3 fase, yaitu fase menarik, fase mendorong, dan fase istirahat.

1. Fase Menarik

Fsse menarik dilakukan dengan menempatkan posisi tangan ke samping kepala. Gerakan ini dilakukan sampai tangan masuk ke dalam permukaan air sampai beberapa inchi.

2. Fase Mendorong

Selanjutnya yang dilakukan adalah mendorong lengan yang sudah mencapai titik maksimal pada saat tarikan. Dorongan dilakukan dengan mendorong ke belakang dan juga ke bawah.

3. Fase Istirahat

Fase istirahat adalah ketika tangan keluar dari permukaan air dengan ibu jari keluar terlebih dahulu. Setelah tangan keluar hingga tegak lurus di atas bahu, putar tangan untuk masuk ke permukaan air dengan jari kelingking terlebih dahulu.

Gerakan Kaki

Selain gerakan tangan gerakan kaki juga dapat mempercepat pergerakan di dalam air. Sebenarnya gerakan kaki yang dilakukan pada renang gaya punggung sama seperti gerakan kaki yang dilakukan pada renang gaya bebas.

Gerakan kaki renang gaya punggung dilakukan secara bergantian ke atas dan ke bawah. Bedanya jika gaya bebas melakukan gerakan kaki dengan menghadap ke air, pada gaya punggung dilakukan dengan membelakangi permukaan air.

Pengambilan Nafas

teknik bernafas gaya punggung
swimmingworldmagazine.com

Seperti yang sudah saya jelaskan di awal tadi, teknik pengambilan nafas untuk gaya punggung lebih mudah dibandingkan gaya renang yang lain. Dikarenakan gaya renang ini mengharuskan perenangnya untuk membelakangi air.

Waktu yang tepat untuk melakukan pengambilan nafas adalah ketika anda sedang melakukan fase istirahat.

Koordinasi Gerakan

Hal terakhir yang harus diperhatikan dalam melakukan gaya renang ini adalah koordinasi gerakan. Koordinasi gerakan adalah hal yang paling penting dalam setiap gaya. Karena jika koordinasi gerakan tidak dilakukan dengan benar maka tidak akan dapat melakukan gaya berenang tersebut.

Kesimpulan

Pengertian renang gaya punggung
goswim.tv

Renang gaya punggung adalah renang yang dilakukan dengan posisi badan membelakangi air dan menghadap ke atas. Renang gaya ini sudah ada sejak zaman mesir kuno. Kelebihan renang gaya ini adalah dapat menghirup udara atau bernafas lebih leluasa dibandingkan gaya renang yang lain.

Nah itulah beberapa informasi artikel mengenai cara renang gaya punggung, sejarah, dan teknik yang dilakukan agar dapat mahir berenang dengan gaya tersebut.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.