✓ Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar Renang Gaya Kupu Kupu (Lengkap)

renang gaya kupu kupu

Jika sebelumnya saya pernah membahas mengenai renang gaya dada, renang gaya punggung, renang gaya bebas. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai renang gaya kupu kupu. Dalam artikel kali ini saya akan membahas mengenai pengertian, sejarah, teknik renang, sampai tata cara melakukannya.

Pengertian Renang Gaya Kupu Kupu

Renang gaya kupu kupu adalah salah satu gaya renang yang diperlombakan dalam olimpiade atau pun kejuaraan lainnya. Ciri Ciri dari nomor cabang renang ini adalah gerakan tangannya yang seperti kupu kupu.

Selain disebut dengan gaya kupu kupu, gaya renang ini memiliki nama lain, yaitu gaya dolphin atau lumba lumba. Hal ini dikarenakan gerakan perenang yang melakukan gerakan tersebut menendang seperti ekor pada lumba lumba.

Sejarah Renang Gaya Kupu Kupu

sejarah renang gaya kupu kupu
en.wikipedia.org

Awal mula dikenalnya gaya kupu kupu adalah ketika akhir tahun 1933 saat perenang Amerika yang bernama Henry Myers mempraktekkan gaya kupu kupu pada perlombaan renang Brooklyn Central YMCA.

Awal mula gaya renang ini di mulai adalah ketika Pelatih renang dari Universitas Lowa Meneliti tentang hambatan air yang mempengaruhi kecepatan berenang renang gaya dada.

Ketika itu Armbruster (Pelatih renang dari Universitas Lowa) memperbaiki metode yang lebih efektif untuk mengayunkan lengan ke depan pada saat berenang gaya dada. Ia menyebut gaya itu dengan sebutan “Kupu Kupu”. Hal inilah yang menjadi awal mula ditemukannya gerakan pada gaya kupu kupu.

Berbeda dengan gerakan tangan yang diciptakan pelatih renang dari Universitas Lowa. Richad Rhodes mengklaim gerakan kaki pada gaya kupu kupu diciptakan oleh Volney Wilson. Volney Wilson Menciptakan gerakan tersebut setelah ia mempelajari gerakan ikan.

Ia mencoba gerakan kaki tersebut pada Olimpiade 1938 ketika penyaringan wakil Amerika Serikat. Walaupun hasilnya ia di diskualifikasi.

Dari kedua gerakan diatas kemudian digabungkan, sehingga menghasilkan gaya renang yang memiliki pergerakan yang sangat cepat. Gaya ini dilakukan dengan mengkombinasikan satu ayunan lengan gaya kupu kupu dan dua gerakan kaki seperti lumba lumba.

Sampai akhirnya hingga saat ini gaya kupu kupu di perlombakan dalam perlombaan perlombaan renang sampai sekarang.

Teknik Renang Gaya Kupu Kupu Singkat

teknik renang gaya kupu kupu
newyorker.com

Untuk melakukan renang gaya kupu kupu ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan teknik renang gaya kupu kupu.

  • Posisi badan, harus lurus dengan permukaan air
  • Gerakan kaki, hampir sama dengan gerakan saat meluncur
  • Gerakan lengan, harus seimbang dan seirama
  • Pernapasan, dilakukan dengan mengangkat kepala ke atas permukaan air
  • Koordinasi gerakan

Berikut penjelasan lengkap mengenai 5 hal tersebut.

1. Posisi Badan

Untuk melakukan gaya kupu kupu posisi badan sangat penting. Posisi badan diusahakan sejajar dengan permukaan air kolam renang. hal ini dilakukan untuk mendapatkan hambatan sekecil mungkin dengan air.

Berbeda dengan gaya renang yang lain, untuk melakukan gaya kupu kupu anda harus melakukan gerakan vertikal naik dan turun. Sehingga untuk menjaga kecepatan pergerakan saat berenang. Posisi badan perlu diperhatikan.

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan posisi badan optimal untuk melakukan pergerakan.

  • Usahakan hanya kepala hanya keluar sedikit ke permukaan air. Maksudnya sedikit disini adalah sampai mulut bisa menghirup udara. Dan ketika sudah menghirup udara, segera kembali ke posisi awal untuk melakukan pergerakan yang cepat.
  • Mengusahakan gerakan kaki seperti lumba lumba tidak terlalu dalam. Hal ini di lakukan untuk mengurangi gaya tahan pada kaki oleh air. Sehingga tubuh bisa tetap mempertahankan keadaan sejajar dengan air ini.

2. Gerakan Lengan

gerakan lengan gaya kupu kupu
ahmadzakiarrasyid.blogspot.com

Yang kedua adalah gerakan lengan. Hampir sama seperti gerakan renang gaya dada, gerakan lengan pada gaya kupu kupu dilakukan secara bersamaan. Namun yang membedakan gerakan lengan antara kedua gaya tersebut adalah gerakan lengan pada gaya kupu kupu di lakukan di atas permukaan air, sedangkan gerakan lengan gaya dada dilakukan di dalam air.

Dalam gerakan lengan gaya kupu kupu dibagi menjadi dua fase, yaitu fase dayungan dan fase recovery.

Fase Dayungan

Pada fase dayungan ini dilakukan gerakan menarik dan mendorong. Berikut langkah langkahnya.

  • Setelah anda melakukan gerakan luncuran, luruskan tangan anda sampai titik terjauh luncuran.
  • Mulai tarik lengan anda ke bawah sampai badan anda bergerak maju ke depan.
  • Ketika ujung jari sampai ke titik terdalam yang bisa dicapai mulai tekuk lengan dan mulai tarik sampai ke permukaan air.
  • Setelah itu lakukan putaran lengan ke arah depan. Lakukan putaran lengan ini saat berada di atas permukaan air.
  • Setelah itu mulai masukkan lengan ke dalam air dan lakukan gerakan tersebut secara berulang ulang.

Ketika melakukan tarikan pada gaya ini. Anda harus memperhatikan telapak tangan. Telapak tangan harus dirapatkan untuk mendapatkan tekanan air yang lebih besar. Hal ini dilakukan agar anda bisa berpindah posisi dengan optimal.

Fase Recovery

Selanjutnya adalah fase recovery. Dalam fase recovery ini perenang  melakukan gerakan yang dimulai ketika lengan keluar dari air. Ketika keluar dari air, lengan dilemparkan ke depan dengan posisi mendekati permukaan air.

Untuk melakukan gerakan pada fase ini, perenang diharuskan rileks. Selain itu kedua lengan harus digerakkan secara bersamaan agar seimbang dalam pergerakannya.

3. Gerakan Kaki

Kaki gaya kupu kupu
rittersp.com

Selain gerakan tangan, gerakan kaki merupakan salah satu hal yang dapat menentukan kemenangan perenang gaya kupu kupu. Jika perenang bisa melakukan gerakan kaki yang efektif, ia bisa mengalahkan pesaing pesaingnya.

Gerakan kaki pada gaya kupu kupu sebenarnya hampir sama dengan gerakan kaki pada saat meluncur. Namun gerakan kaki pada gaya ini hanya dilakukan secara berulang ulang dengan tempo yang sama. Berikut langkah langkah untuk melakukannya.

  • Posisikan kaki sampai pergelangan kaki lurus.
  • Lakukan gerakan kaki ke atas dengan membengkokkan kaki pada persendian lutut. gerakan membengkokkan kaki dilakukan hanya sedikit saja, sampai jari kaki saja yang terlihat dari permukaan air.
  • Tendang kaki ke arah bawah dengan keras dengan memfokuskan ke punggung kaki. Lakukan gerakan ini dengan merapatkan kaki dan dengan cara meluruskan kaki.
  • Setelah melakukan tendangan kaki ke bawah, kaki digerakkan ke atas dengan posisi sedikit di bengkokkan.

4. Pengambilan Napas

pengambilan napas gaya kupu kupu
swimnow.co.uk

Pengambilan napas pada gaya kupu kupu hampir sama dengan pengambilan napas pada gaya dada. Pengambilan napas gaya ini dilakukan dengan mengangkat kepala sampai mulut berada di atas permukaan air.

Pengambilan napas dilakukan dengan mulut. Setelah itu tenggelamkan kembali kepala ke dalam air untuk melanjutkan pergerakan dan keluarkan udara melewati hitung ketika di dalam air. Lakukan hal ini secara berulang ulang agar terbiasa.

5. Koordinasi Gerakan

Langkah terakhir adalah mengoordinasikan gerakan agar menjadi gerakan renang gaya kupu kupu yang baik. Gerakan gaya kupu kupu dilakukan dengan melakukan satu gerakan tangan dan dua gerakan kaki. Biasakan koordinasi gerakan ini agar terbiasa dan mudah ketika dilakukan.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.