Permainan Bola Besar dan Bola Kecil dengan Penjelasan (Lengkap)

Permainan bola besar dan kecil, american-football

Permainan Bola Besar dan Bola Kecil – Pada postingan kali ini saya akan membahas sebuah artikel tentang permainan bola besar dan bola kecil. mulai dari pengertian bola besar dan bola kecil sampai macam macam bola besar dan bola kecil. Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan simak penjelasan berikut ini.

Permainan Bola Besar

bola voli
pixabay.com

Seperti namanya, Permainan bola besar menggunakan bola dengan ukuran besar dan lapangan agar dapat dimainkan. Saat ini ada berbagai macam permainan bola besar, seperti sepak bola, bola voli, dan bola basket.

Seperti olahraga lainnya, permainan bola bola besar juga memiliki teknik dan aturan masing masing, dan biasanya permainan bola besar dipertandingkan (bukan perlombaan) antara satu tim dengan tim yang lain.

Macam Macam Permainan Bola Besar

dalam bola besar ada beberapa macam permainan, untuk mengetahuinya silahkan lihat penjelasan berikut ini.

Sepak Bola

sepak bola
pixabay.com

Siapa yang tidak kenal Manchester United, Chelsea, atau Juventus? Mereka adalah klub klub besar liga Eropa yang berada dalam cabang olahraga sepak bola. Sepak bola merupakan salah satu jenis olahraga bola besar. Sepak bola juga merupakan salah satu olahraga paling umum dan paling populer di dunia.

Sepak bola dimainkan oleh 2 tim yang saling bertanding. Dalam masing masing tim tersebut beranggotakan 11 orang pemain dan beberapa pemain cadangan. Tujuan dari permainan sepak bola adalah menciptakan gol sebanyak banyaknya ke gawang lawan selama 90 menit.

Dalam permainannya, sepak bola dimainkan di sebuah lapangan terbuka berbentuk persegi panjang yang terdapat rumput alami atau pun rumput sintetis. Lapangan ini memiliki ukuran sekitar 90 sampai 120 meter (secara resmi 100 hingga 110 meter) dengan lebar lapangan sekitar 45 sampai 90 meter (resminya 45 sampai 75 meter).

Dalam cabang olahraga sepak bola terdapat induk organisasi. Di Indonesia sendiri terdapat induk organisasi PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) sedangkan induk organisasi tingkat internasional adalah FIFA (Fédération Internationale de Football Association).

Bola Basket

basket
pixabay.com

Permainan bola besar selanjutnya adalah permainan bola basket. Permainan bola basket pertama kali ditemukan oleh Dr. James Naismith (seorang guru olahraga). Permainan bola basket ditemukan secara tidak sengaja karena ia terinspirasi dari permainan masa kecil saat di Ontario. Dan sekarang permainan ini dikenal dengan permainan bola basket.

Cabang olahraga permainan bola basket dimainkan oleh 2 tim yang saling bertanding untuk memasukkan bola ke dalam keranjang. Dalam masing masing tim terdiri dari 5 orang pemain dan beberapa pemain cadangan. 5 pemain ini dibagi menjadi 3 posisi utama, yaitu Forward, Defense, dan Playmaker.

Dalam satu permainan bola basket terdiri dari 4 quarter. Dalam masing masing quarter memiliki waktu 10 menit permainan. Dan jika dalam 4 quarter tersebut poin yang diperoleh sama akan diadakan tambahan waktu atau disebut over time selama 5 menit.

Permainan Bola basket ini merupakan salah satu permainan yang paling digemari oleh penduduk Amerika. Seperti cabang olahraga lainnya, bola basket juga memiliki induk olahraga yaitu FIBA (Fédération Internationale de Basketball). Di Indonesia sendiri juga terdapat induk organisasi yang mencangkup wilayah nasional yang bernama PERBASI (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia)

Baca Juga : Sejarah, Tips dan Teknik Dasar Bola Basket [Lengkap]

Bola Voli

Bola-Voli
masterpendidikan.com

Permainan bola besar yang ketiga adalah bola voli. Permainan ini mengandalkan kerjasama tim untuk mengalahkan lawan. Pada mulanya bola voli dinamakan mintonette dan sekarang bernama bola voli.

Dalam permainan bola voli, satu tim terdiri dari 6 pemain utama dan empat pemain cadangan. Tujuan permainan bola voli ini adalah memasukkan bola ke dalam daerah lawan untuk mendapatkan poin.

Setiap pertandingan bola voli terdapat 3 babak. Kecuali jika salah satu tim dapat memenangkan 2 babak terlebih dahulu. Hitungan untuk satu babak dihitung dari poin yang diperoleh, maksudnya siapa yang mendapatkan 25 poin terlebih dahulu tim itu memenangkan satu babak.

Induk dari organisasi internasional bola voli adalah FIVB (Fédération Internationale de Volleyball). Sedangkan induk organisasi bola voli di Indonesia adalah PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

Futsal

futsal
espn.com

Permainan bola besar yang ketiga adalah futsal. Sekilas permainan futsal memang mirip dengan sepak bola, namun futsal memiliki beberapa perbedaan, yaitu pada jumlah pemain yang dimainkan dan ukuran lapangan untuk bermain futsal.

Dalam permainan futsal setiap tim terdiri dari 5 orang pemain inti den beberapa cadangan. Tim ini akan bertanding dengan tim lainnya untuk memperoleh kemenangan. Tujuan permainan futsal ini sama dengan sepak bola, yaitu sebanyak banyaknya mencetak gol ke gawang lawan.

Untuk ukuran lapangannya sendiri futsal memiliki ukuran lapangan dengan panjang 25 sampai 43 meter dan lebar sekitar 15 sampai 25 meter. Lama waktu normal permainan dari futsal sendiri adalah 2 x 20 menit dan lama waktu istirahat sekitar 10 menit.

American Football

american football
pixabay.com

Selanjutnya adalah American footbal atau bahasa Indonesaianya adalah sepak bola Amerika. Pada mulanya permainan ini dinamakan rugby, namun karena rugby terlalu kasar maka aturan permainan rugby diperketat dan lahirlah American football ini.

American football ini dimainkan oleh 11 orang pada lapangan terbuka. Tujuan dari permainan ini adalah mencetak poin ke daerah lawan yang disebut dengan touchline dengan menendang bola atau meletakkan bola di daerah touchline. Jika pemain berhasil meletakkan bola atau melewati touch line hal ini disebut dengan touchdown.

Bentuk bola pada American football ini juga unik. Bentuknya lonjong mirip dengan buah coklat. Ukuran lapangan permainan ini pun hampir mirip dengan ukuran lapangan sepak bola yaitu sekitar 120 yard (110 meter) dan lebar 53 1/3 yard (49 meter).

Permainan Bola Kecil

Permainan Bola Kecil, bola golf
pixabay.com

Berbeda dengan permainan bola besar, Permainan bola kecil menggunakan bola yang berukuran kecil. Permainan bola kecil biasanya menggunakan alat bantu seperti raket, bet, dan lain lain.

Berbeda juga dengan permainan bola besar yang atletnya sudah terkenal, atlet cabang olahraga bola kecil tidak terlalu terkenal seperti olahraga bola besar lainnya. Hal ini dikarenakan permainan olahraga bola kecil kurang dikenal oleh masyarakat.

Ada banyak sekali cabang olahraga permainan bola kecil, seperti badminton, kasti, baseball, kricket, dan lain lain.

Macam Macam Permainan Bola Kecil

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas tadi, ada berbagai macam cabang olahraga permainan bola kecil. Untuk lebih lengkapnya lihat di bawah ini.

Badminton

Badminton
panaynews.net

Jenis cabang olahraga permainan bola kecil yang pertama adalah badminton atau yang biasa disebut dengan bulu tangkis. Permainan ini dilakukan oleh dua orang atau dua pasangan yang berlawanan.

Sejarah badminton atau bulu tangkis kemungkinan berkembang di Mesir Kuno, India, ataupun Republik Rakyat Tiongkok. Permainan ini bertujuan untuk mencetak poin ke daerah lawan. Dalam satu permainan terdapat 3 babak dan pada setiap babak permainan, siapa pemain yang dapat mencetak 21 poin terlebih dahulu dialah yang memenangkan babak tersebut.

Untuk tempat bermain dari cabang olahraga badminton ini adalah di sebuah lapangan tertutup yang berbentuk persegi panjang. Permainan ini juga menggunakan jaring untuk membatasi daerah pemain satu dengan pemain lainnya. Jaring permainan ini setinggi 1,55 meter dan terletak di tengah tengah lapangan.

Tenis

tennis
pixabay.com

Permainan bola kecil selanjutnya adalah tenis. Permainan tenis hampir mirip dengan permainan badminton. Bedanya adalah permainan bulu tangkis menggunakan kok yang terbuat dari bulu, sedangkan tenis menggunakan bola yang khusus untuk permainan tenis.

Permainan tenis dimainkan di sebuah lapangan terbuka yang di tengahnya terdapat jaring yang memisahkan daerah pemain. Tujuan permainan tenis ini adalah mencetak poin ke arah lawan.

Permainan tenis terdiri dari 3 set atau pun 5 set, tergantung dari turnamen yang diikuti. Permainan ini menggunakan raket dan bola khusus untuk tenis.

Tenis Meja

tenis meja
pixabay.com

Selanjutnya adalah permainan tenis meja. Permainan tenis meja hampir sama dengan permainan tenis, namun tenis meja merupakan versi mini dari permainan tenis. Selain bernama tenis meja permainan ini juga disebut dengan pingpong.

Permainan tenis meja ini dimainkan diatas sebuah meja yang ditengahnya terdapat jaring yang membagi daerah pemain. Dalam satu permainan terdiri dari 3, 5, 7 atau bahkan 9 set dalam satu permainan. Dalam satu set siapa pemain yang dapat mendapatkan 11 poin terlebih dahulu ia akan memenangkan set tersebut.

Golf

Golf, permainan bola kecil
pixabay.com

golf merupakan salah satu olah raga mewah. Golf sendiri adalah permainan luar ruangan yang memperlombakan antara perorangan atau tim untuk memasukkan bola ke dalam lubang yang sudah ditentukan dengan pukulan sesedikit mungkin.

Permainan ini menggunakan bola kecil yang dipukul menggunakan tongkat pemukul yang disebut klab atau stik golf. Permainan bola kecil ini merupakan salah satu permainan yang tidak memiliki ukuran lapangan yang standar, karena dimainkan di padang rumput yang masing masing mempunyai karakter tempat yang unik.

Softball

Softball
pixabay.com

Yang ke lima adalah permainan softball. Permainan softball adalah permainan yang menggunakan bola, sarung tangan dan pemukul. Permainan softball dimainkan di lapangan terbuka. Permainan softball juga menggunakan helm, pelindung serta seragam. Semakin tinggi tingkat pertandingan softball, semakin ketat juga peraturan yang diterapkan.

Permainan softball dimainkan oleh dua tim yang pada masing masing timnya terdiri dari 9 orang pemain dan sisanya adalah cadangan. Dalam satu pertandingan softball terdiri dari 9 inning.

Dalam setiap inning akan ada seorang yang bersiap memukul bola dan salah seorang lawan yang akan melempar bola sekencang kencangnya ke arah penangkap bola yang ada di belakang pemukul bola. Tim yang memukul diberikan kesempatan 3 kali mati.

Permainan dilakukan paling lama selama 2 jam. Tim yang memenangkan pertandingan adalah tim yang mencetak run paling banyak. Jika nilai dari kedua tim seri maka akan diadakan tambahan inning sampai ada seorang pemenang diantara dua tim tersebut.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.