Pengertian, Langkah, Cara dan Contoh Musikalisasi Puisi (Lengkap)

Partitur musik, musikalisasi puisi

Musikalisasi Puisi – Jika sebelumnya saya membahas mengenai pantun, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai puisi. Selain pantun puisi juga merupakan salah satu puisi lama yang masih ada hingga saat ini. Untuk penjelasan lebih lengkapnya lihat ke bawah.

Pengertian Musikalisasi Puisi

sheet music, musikalisasi
pixabay.com

Seperti yang sudah saya jelaskan di prolog tadi puisi adalah salah satu karya sastra yang masih ada hingga saat ini.

Puisi adalah salah satu bentuk karya sastra yang memperhatikan pilihan kata dan keselarasan bunyi.

Puisi dibacakan dengan indah dan dengan penuh penghayatan. Jika puisi ditampilkan dengan hal tersebut puisi akan menjadi sebuah penampilan yang menarik.

Dalam penerapannya puisi menggunakan bahasa yang memiliki makna simbolis. Sehingga tidak jarang terjadi perbedaan penafsiran makna oleh pembaca maupun pendengar puisi.

Namun kali ini saya bukan membahas mengenai puisi. Kali ini saya akan membahas mengenai musikalisasi puisi. Lalu apa penertian dari musikalisasi puisi?

Musikali sasi puisi adalah puisi yang dinyanyikan sehingga pendengar yang belum paham menjadi lebih paham. Sehingga lebih puisi lebih mudah untuk dipahami.

Dengan memadukan musik dan sastra maka akan lebih mudah mengetahui maknanya bagi orang yang tidak mengerti isi dari puisi tersebut.

Berikut beberapa pengertian musikalisasi puisi menurut para ahli :

Pengertian menurut Lukman Hakim

Musikalisasi puisi adalah suatu upaya untuk menonjolkan unsur musikal, sehingga sebagai karya sastra puisi dapat lebih jelas lagi di depan khalayak masyarakat. Unsur musikal merupakan salah satu jembatan bagi khalayak untuk berhubungan dengan sajak.

Pengertian menurut Andrie S. Putra

Musikalisasi puisi ialah satu bentuk ekspresi sastra dengan melibatkan beberapa unsur seni, seperti irama, gerak, bunyi, musik, dan tari.

Pengertian menurut Dedi S. Putra

Menurut Dedi S. Putra musikalisasi puisi adalah ungkapan musikal, instrumen, melodi, dan nyanyian ucapan yang dalam nyanyian tersebut memiliki ucapan makna kata eksplisit dan implisit.

Pengertian menurut Antilan Purba

Musikalisasi puisi adalah mengubah puisi menjadi lagu.

Pengertian menurut Fikar W. Eda

Musikalisasi puisi adalah salah satu bentuk ekspresi yang lain, yang menggunakan unsur bunyi yang lebih kuat untuk mengekspresikan puisi. Jika biasanya puisi dibaca secara oral, musikalisasi puisi merupakan bentuk puisi lain yang disampaikan menggunakan medium musik atau instrumen yang merupakan salah satu ekspresi alternatif bagus untuk menjadikan nya bersifat musik

Baca Juga : Not lagu Indonesia Raya

Langkah mengubah Puisi menjadi Musikalisasi Puisi

Gitar Akustik
wallpapercave.com

Untuk mengubah puisi menjadi musikalisasi puisi diperlukan langkah langkah yang harus di lakukan. Berikut langkah langkah untuk mengubah puisi menjadi musikalisasi puisi.

Menikmati

Langkah pertama adalah dengan menikmati dari ahlinya. Langkah ini harus anda lakukan, karena dengan menikmati beberapa musikalisasi puisi karya seniman ternama akan memberikan anda wawasan mengenai musikalisasi ini.

Ada banyak sekali seniman yang melakukan musikalisasi puisi, diantaranya adalah Ebiet G. Ade. Bagi orang yang paham mengenai makna dari puisi tersebut lagu tersebut pasti terdengar sangat puitis.

Jika anda ingin membuat sebuah musikalisasi puisi sebaiknya mulai dulu dengan mendengarkan lagu musikalisasi puisi dari orang yang lebih ahli dalam hal tersebut. Berikut beberapa lagu yang dibuat dengan memusikalisasi puisi.

Ebiet G Ade – Berita Kepada Kawan

Perjalanan ini
Trasa sangat menyedihkan
Sayang engkau tak duduk
Disampingku kawan

Banyak cerita
Yang mestinya kau saksikan
Di tanah kering bebatuan

Tubuhku terguncang
Dihempas batu jalanan
Hati tergetar menatap
kering rerumputan

Perjalanan ini pun
Seperti jadi saksi
Gembala kecil
Menangis sedih …

Kawan coba dengar apa jawabnya
Ketika di kutanya mengapa
Bapak ibunya tlah lama mati
Ditelan bencana tanah ini

Sesampainya di laut
Kukabarkan semuanya
Kepada karang kepada ombak
Kepada matahari

Tetapi semua diam
Tetapi semua bisu
Tinggal aku sendiri
Terpaku menatap langit
Barangkali di sana
ada jawabnya
Mengapa di tanahku terjadi bencana

Mungkin Tuhan mulai bosan
Melihat tingkah kita
Yang selalu salah dan bangga
dengan dosa-dosa
Atau alam mulai enggan
Bersahabat dengan kita
Coba kita bertanya pada
Rumput yang bergoyang

Nah diatas merupakan contoh musikalisasi puisi dari puisi Berita kepada Kawan dari Ebiet G Ade. Mungkin anda bisa mendengarkan lagu lain yang sudah dimusikalisasi sehingga anda lebih menguasai tentang musikalisasi ini.

Memilih Puisi

Setelah mengetahui seperti apa musikali sasi puisi, sekarang mulailah belajar untuk membuatnya. Namun untuk awal awal sebaiknya mulailah dengan memilih puisi yang mudah dan sederhana. Hal ini bertujuan untuk membiasakan diri. Sehingga nanti akan lebih mudah memusikali sasi yang lebih sulit.

Memahami Puisi

Dalam memilih puisi anda juga perlu untuk memahami makna yang terdapat dalam puisi tersebut. Hal ini dilakukan supaya tidak terjadi kesalahan penafsiran ketika lagu tersebut sudah jadi.

Dalam memahami makna dari puisi tersebut ada hal hal yang harus diperhatikan, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai musikalisasi.

  • Tema

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah tema dari puisi. Anda tidak akan bisa membuat musikalisasi jika tidak mengetahui tema dari puisi yang akan di buat musikalisasi.

  • Suasana yang Menjiwai

Suasana yang menjiwai sangat berpengaruh terhadap hasil. Karena jika suasana yang disajikan tidak pas maka akan terdengar aneh di telinga.

  • Pesan yang ingin di Sampaikan Pengarang

Selain dua hal penting di atas, anda juga harus mengetahui pesan yang ingin disampaikan oleh pengarang. lagi lagi agar lagu yang ingin disampaikan pas di telinga pendengarnya.

Menentukan Irama yang Pas

Irama merupakan salah satu unsur penting dalam membuat sebuah lagu, jika lagu yang dibuat tidak memiliki irama yang bagus,. Maka bisa dipastikan lagunya juga tidak akan bagus. Oleh karena irama sangat berpengaruh untuk hasil dari lagu tersebut.

Melakukan Pertunjukan

Langkah terakhir dari memusikalisasi puisi adalah melakukan pertunjukan. Dalam langkah terakhir inilah kerja keras anda dalam memusikalisasi puisi akan terbayarkan. Karena ketika anda melakukan pertunjukkan anda telah berhasil memusikalisasi puisi.

Mungkin itu saja artikel mengenai musikalisasi puisi. Jika ada kurangnya saya mohon maaf, sampai jumpa di artikel berikutnya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.