Inilah Berbagai Macam Metode Sterilisasi Kesehatan (Lengkap)

Metode Sterilisasi Panas Kering

Sterilisasi alat – alat kesehatan mutlak harus dilakukan pada alat – alat tertentu. Khususnya adalah peralatan medis yang digunakan secara terus menerus, bergantian dari pasien yang satu dan pasien lainnya. Contohnya alat – alat operasi, alat kedokteran gigi, alat kebidanan dan lain sejenisnya. Cara atau metode yang dilakukan untuk mensterilkan peralatan medis pun ada beberapa, dan kali ini kita akan belajar secara singkat tentang metode sterilisasi kesehatan.

Metode Sterilisasi Alat Kesehatan

Dalam prakteknya di lapangan ada beberapa metode yang digunakan untuk mensterilkan alat alat kesehatan. Berikut beberapa metode untuk mensterilkan alat kesehatan.

Metode Panas Kering

Metode Sterilisasi Panas Kering
foxvalleydental.com

Dalam bahas asing metode ini sering disebut dengan dry heat sterilization. Yaitu sebuah metode sterilisasi fisik yang dilakukan dengan menggunakan oksidasi panas kering yang dialirkan (diradiasikan) dari sumber panas.

Dalam metode ini digunakan sebuah alat yang sering disebut dengan sterilisator kering atau dry heat sterilizer. Alat ini dilengkapi dengan alat mesin sumber infra merah sebagai pemanasnya, tentu saja bersuhu tinggi.

Walaupun menggunakan alat ini memiliki sedikit kekurangan, namun tetap banyak juga yang melakukan sterilisasi dengan metode ini. Hal ini karena prosesnya cukup mudah, harga alat cukup murah dan juga kebanyakan alat yang disterilkan adalah logam.

Kekurangan alat ini memang terbatas pada alat yang disterilkan yaitu plastik dan karet. Namun untuk logam dan kaca dapat disterilkan dengan alat ini.

Metode Panas Uap

metode sterilisasi panas uap
suruchiinternational.com

Sekilas metode ini sama dengan “steam” atau kukus. Hal ini karena memang alat – alat medis disterilkan menggunakan uap panas yang berasal dari didihan air.

Namun proses ini dilakukan di dalam ruang tertutup sehingga ada juga pengaruh tekanan selama proses sterilisasi ini berlangsung. Autoclave merupakan alat yang digunakan untuk sterilisasi dengan metode panas uap.

Kalau kita melihat harga alat ini di toko alat kesehatan yang jual autoclave, memang lebih mahal dibandingkan dengan sterilisator kering. Hal in mungkin dari sisi material yang digunakan, selain itu juga dari efektifitasnya.

Sterilisasi dengan autoclave dianggap dapat mensterilkan mikroorganisme hingga tingkat spora. Selain itu, autoclave juga dapat mensterilkan alat – alat medis yang berbahan karet atau plastik.

Metode Kimia

Metode Sterilisasi kimia
nursinglectureclass.blogspot.com

Kalau dua metode yang sudah kita bahas diatas adalah metode fisik, metode kimia dilakukan dengan menggunakan bahan – bahan kimia. Metode ini biasanya digunakan untuk peralatan ringan seperti termometer yang bisa jadi rusak ketika disterilkan dengan metode fisik.

Selain itu metode kimia juga digunakan sebelum metode fisik dilakukan. Contohnya pada peralatan kedokteran gigi misalnya. Sebelum di sterilkan dengan panas kering atau panas uap, alat tersebut dibersihkan dan direndam dengan larutan kimia desinfektan.

Nah itulah tadi sedikit ulasan mengenai sterilisasi alat – alat kesehatan yang dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa metode. Meskipun terdapat kelebihan dan kekurangan namun tetap saja proses sterilisasi harus dan wajib untuk dilakukan. Sekian, semoga bermanfaat !

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.