Budidaya Ikan Gurame serta Makanan Ikan Gurame agar (Cepat Besar)

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana membudidayakan ikan gurame dan apa saja makanan ikan gurame biar cepat besar dan dapat segera di panen. Simak di bawah untuk lebih lengkapnya.

Ikan gurame adalah salah satu ikan air tawar yang menjadi primadona di masyarakat. Ikan ini disukai karena rasa dagingnya yang manis dan lembut saat masuk ke dalam mulut. Sehingga ikan ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai ladang bisnis restoran.

Sebelum mendirikan restoran, sebaiknya anda memiliki kolam sendiri sehingga jika nanti ketika bisnis anda sedang berjalan dengan sangat pesat anda tidak perlu repot dan bingung untuk mencari pemasok ikan gurame. Sehingga bisnis anda bisa berjalan dengan lancar.

Jenis Ikan Gurame

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai makanan ikan gurame, tidak ada salahnya jika mengetahui jenis jenis ikan gurame. Ada beberapa jenis gurame yang biasanya di budidayakan. Ada jenis ikan gurame khusus untuk konsumsi dan ternyata ada jenis ikan gurame untuk dijadikan sebagai ikan hias.

1. Gurame Soang

gurame soang
guramejawabarat.wordpress.com

Jenis ikan gurame yang pertama adalah gurame soang. Dalam bahasa Sunda soang memiliki arti angsa. Jadi tidak heran jika gurame jenis ini diyakini berasal dari daerah Jawa Barat.

Gurame soang merupakan jenis gurame yang paling populer di Indonesia. Gurame ini merupakan jenis gurame yang dijadikan bahan untuk masakan masakan. Gurame ini cocok dijadikan ikan konsumsi karena memiliki tubuh yang cukup besar.

Gurame jenis ini juga mempunyai pertumbuhan yang cukup cepat, sekitar 700 gram sampai 1,2 kg setiap tahunnya. Sehingga gurame soang ini cocok untuk anda yang ingin menjadikannya sebagai bahan konsumsi.

2. Gurame Jepang

gurame jepang
ilmubudidaya.com

Berbeda dengan jenis gurame soang, gurame jepang tidak terlalu populer. Namun jenis gurame ini sangat familiar di Jawa Timur, tepatnya di Probolinggo.

Jenis gurame ini memiliki ciri khas panjang tubuh 45 cm dengan berat badan sekitar 3 sampai 4 kg per ekornya. Terdapat warna hitam pada bagian atas tubuhnya dengan sisik putih dan garis gelap pada bagian perut ikan ini.

3. Gurame Padang

gurame padang
youtube.com

Jenis ikan gurame selanjutnya adalah gurame padang. Berbeda dengan 2 jenis ikan di atas, jenis gurame padang ini merupakan ikan gurame yang cocok sebagai ikan hias. Lalu apa bedanya jenis ikan gurame ini dengan gurame lainnya?

Perbedaannya adalah warnanya. Ketika masih kecil ikan gurame ini memiliki warna kuning kemerah merahan, namun jika sudah besar warna kemerah merahan akan pudar dan akhirnya akan berwarna kuning pucat.

Dengan makanan ikan gurame padang yang cocok, ikan ini cocok untuk dijadikan peluang usaha budidaya ikan gurame.

4. Gurame Porselin

gurame porselin
talitakumindonesia.blogspot.com

Jenis ikan gurame terakhir yang akan saya jelaskan adalah jenis gurame porselin. Gurame porselin juga merupakan jenis gurame yang cocok dibudidayakan. Gurame ini memiliki ciri ciri warna merah muda atau keperakan, bagian bawah berwarna putih, dan ukuran kepala relatif kecil daripada tubuhnya.

Jenis ini cocok untuk dibudidayakan karena pertumbuhan gurame porselin ini cukup cepat, yaitu berkisar antara 1,5 sampai 2 kg per ekor.

Makanan Ikan Gurame

Setelah mengetahui beberapa jenis ikan gurame yang cocok untuk dibudidayakan, sekarang saatnya membahas apa saja makanan ikan gurame agar cepat besar. Berikut adalah makanan ikan gurame yang sangat cocok agar ikan gurame bia tumbuh besar dan optimal.

1. Pelet

Pelet-Terapung
pertanianku.com

Hampir sama dengan ikan nila. Jenis makanan ikan gurame yang bagus adalah pelet. Kenapa pelet menjadi salah satu makanan yang bagus untuk gurame?

Karena di dalam pelet mengandung protein yang sudah di sesuaikan dengan kebutuhan ikan gurame. Oleh karena itu pelet merupakan pakan yang tepat untuk ikan gurame kecil dan pakan larva ikan gurame. Selain itu gizi pada pelet juga sudah di atur agar ikan gurame dapat mencapai pertumbuhan yang optimal.

2. Pakan dari Hewan Lain

ikan-rucah
mamastangerang.blogspot.com

Pakan yang cocok selanjutnya adalah pakan yang berasal dari hewan lain dan biasanya disebut dengan pakan ikan gurame organik. Contohnya adalah ikan rucah, ikan teri, dan ikan ikan lain. Selain ikan gurame juga bisa diberikan pakan dari keong, bekicot, udang atau hewan kecil yang lainnya. Hal ini dikarenakan pakan tersebut mengandung protein yang tinggi. Selain itu pakan jenis ini juga cocok untuk budidaya ikan lele.

3. Daun Daunan

foundonthetrail.blogspot.com

Selain dua pakan di atas daun daunan juga merupakan makan yang cocok untuk diberikan kepada ikan gurame. Daun daunan dapat digunakan sebagai alternatif pakan tambahan karena dapat menghemat budget pemeliharaan ikan gurame.

Daun daunan yang bisa di manfaatkan diantaranya adalah daun santhe, daun talas, kangkung, daun singkong, daun lamtoro dan masih banyak lagi. Namun jika ingin memberikan ikan makan daun tersebut harus dikeringkan terlebih dahulu.

Karena bisa saja getah yang terdapat pada daun daun tersebut dapat menyebabkan ikan sakit.

4. Pakan Alternatif

Selain beberapa pakan diatas. Ada pakan alternatif yang cocok untuk makanan ikan gurame. Biasanya pakan alternatif ini adalah campuran dari pakan hewan maupun pakan tumbuhan.

Pakan Ikan gurami fermentasi salah satu pakan yang masuk ke dalam jenis pakan alternatif. Hal ini karena pakan alternatif ini bisa dibuat dengan bahan seadanya.

Itulah beberapa pakan yang cocok untuk ikan gurame. Selain itu pakan pakan di atas dapat digunakan sebagai umpan ikan gurame ketika memancing di kolam pemancingan.

Budidaya Ikan Gurame

Makanan Ikan Gurame
afiesh.blogspot.com

Untuk membudidayakan ikan gurame diperlukan beberapa modal agar pembudidayaan dapat berjalan dengan lancar. Modal tersebut diantaranya adalah tempat atau kolam, pakan dan obat obatan, dan yang terakhir adalah telaten dan kesabaran. Dengan modal tersebut anda bisa memulai untuk membudidayakan ikan gurame dan pasti akan sukses nantinya.

Langsung saja kita menuju ke langkah langkah yang dilakukan untuk membudidayakan ikan air tawar yang satu ini.

Mempersiapkan Kolam Budidaya Ikan Gurame

budidaya-ikan-gurame
gdmorganic.com

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan kolam untuk menjalankan budidaya. Hal ini adalah hal yang penting, karena jika tidak dilakukan ikan gurame mau di taruh di mana? Ada beberapa kolam yang bisa digunakan untuk membudidayakan ikan ini, berikut diantaranya :

Kolam Tanah

Kolam Tanah Gurame
youtube.com

Jenis kolam yang pertama adalah jenis kolam tanah. Seperti namanya kolam tanah dibuat dengan membuat cekungan atau ruang kosong di tanah. Kelebihan dari kolam ini adalah banyaknya plankton dan tumbuhan air yang dapat digunakan sebagai pakan alami dari ikan gurame.

Namun kolam ini juga memiliki kekurangan, yaitu ikan yang ada di dalam kolam rentan terserang penyakit dan ketika musim kemarau air yang ada di dalam kolam akan menjadi keruh.

Kolam Tembok

Kolam Tembok Gurame
mbledooz.blogspot.com

Selanjutnya adalah kolam jenis tembok. Kolam ini dibuat dengan tembok sebagai pelapis samping dan bawah kolam. Kelebihan dari kolam tembok ini adalah mudah dalam pembersihan ketika menguras kolam.

Sedangkan kekurangannya adalah pembuatan kolam ini memerlukan biaya yang cukup besar, selain itu jika membudidayakan ikan dengan kolam ini plankton yang terdapat dalam kolam tidak sebanyak kolam tanah.

Nah diatas adalah kolam yang cocok untuk budidaya ikan gurame. Namun kolam yang saya sarankan adalah kolam tanah agar hasil yang didapatkan menjadi maksimal.

Kolam yang digunakan untuk membudidayakan ikan gurame harus dipastikan bebas dari hama dan penyakit yang dapat menyebabkan pertumbuhan dari ikan air tawar ini kurang optimal.

Selanjutnya adalah mengeringkan kolam sampai dasar kolam budidaya timbul pecah pecah. Selain itu untuk memastikan kolam aman dari hama anda bisa memasang saringan pada jalur masuk dan keluar air pada kolam.

Setelah kolam benar benar kering lakukan pemupukan dan pengisian air pada kolam. pemupukan ini bertujuan agar kolam ikan gurame banyak terdapat pakan alami. Pemupukan ini terdiri dari kapur sebanyak 25 gram/meter persegi dan pupuk kandang sebanyak 500 gram per meter persegi.

Penebaran dan Perawatan Ikan Gurame

pemberian-pakan-gurame
santrijawa.com

Jika kolam untuk melakukan budidaya sudah siap maka langkah selanjutnya bisa dilakukan, yaitu penebaran dan perawatan ikan gurame.

Penebaran Ikan Gurame

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika menebar ikan gurame adalah dengan menyesuaikan ikan gurame ke kolam barunya. Hal ini dilakukan agar benih ikan gurame tidak stress ketika berada di dalam kolam.

Cara menyesuaikan ikan agar tidak stres adalah dengan memasukkan ikan gurame yang masih terdapat di dalam plastik ke dalam kolam dan biarkan sampai plastik mengembun. Jika sudah mengembun maka suhu di dalam kolam dengan suhu di plastik sudah sama. Sehingga ikan siap untuk dilepaskan dengan perlahan lahan ke dalam kolam.

Pemberian Pakan Ikan Gurame

Untuk cara memberi pakan ikan gurame bisa diberikan pakan seperti pada jenis pakan yang sudah saya jelaskan di atas. Pola makan ikan gurame ini sebaiknya di lakukan 2 sampai 3 kali sehari.

Pemberian ini dilakukan pada jam 07.00, 11.00, dan 13.00. Pakan yang diberikan diberikan dengan takaran 10 % dari bobot tubuh ikan yang mengandung 25% protein.

Pembesaran Ikan Gurame

Panen Gurame
infobudidaya.com

Ikan gurame biasanya bisa dipanen setelah memiliki bobot 500 gram per ekor. Untuk mencapai bobot ini biasanya pembesaran dilakukan selama 90 sampai 100 hari. Jika sudah sampai jangka waktu tersebut ikan gurame bisa dipanen dan siap untuk dijual atau digunakan sendiri.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.