Macam Macam Kertas, Spesifikasi, dan Kegunaannya

macam macam kertas

Mulai dari kita kecil sampai sekarang kertas merupakan barang yang sering kita lihat. Kertas mempunyai berbagai kegunaan, mulai dari bahan untuk kerajinan, untuk percetakan, maupun untuk kegiatan sehari hari. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai macam macam kertas.

Sejarah Kertas

Kita mulai dari sejarah kertas terlebih dahulu. Sejak peradaban Mesir Kuno terdapat benda yang digunakan untuk tulis menulis, benda tersebut dinamakan papirus. Papirus merupakan sejenis tanaman air yang digunakan untuk membuat kertas pada zaman kuno meskipun harganya masih sangat mahal. Dari peradaban inilah kertas mulai menyebar ke seluruh Timur Tengah sampai ke daratan Eropa.

Peradaban Cina merupakan peradaban yang menyumbangkan kertas yang mudah di dapat karena kertas tersebut dibuat menggunakan bahan bambu. Dari sana penemuan tersebut mulai menyebar ke negara negara di sekitarnya, seperti Jepang dan Korea.

Di Indonesia sendiri kertas pertama kali di buat di Ponorogo sekitar abad ke-7. Kertas tersebut dibuat dari kulit kayu pohon.

Itulah sejarah bagaimana kertas yang ada sampai saat ini bermula.

Macam Macam Kertas

Kertas memiliki berbagai macam atau jenis yang memiliki ciri dan kegunaan pada masing masing jenis kertas tersebut. Berikut macam macam dan jenis jenis kertas yang ada di masyarakat.

Kertas HVS

Kertas-HVS
blog.printerous.com

Jenis kertas yang pertama adalah jenis kertas HVS. Jenis kertas ini adalah salah satu jenis kertas yang sangat umum di lingkungan masyarakat. Kertas HVS ini memiliki berbagai kegunaan, mulai dari bahan untuk fotocopy sampai untuk mencetak buku.

Kertas HVS ini memiliki beberapa jenis yang dibedakan dengan gram. beberapa yang umum diantaranya adalah 70 gram, 80 gram, dan 100 gram.

Kertas Kalkir

Kertas_Kalkir
bukalapak.com

Selanjutnya adalah kertas kalkir. Kertas kalkir memiliki karakteristik yang hampir sama dengan kertas HVS. Bedanya adalah kegunaan kertas kalkir ini biasa digunakan para desainer untuk mendesain. Hal ini dikarenakan kertas kalkir memiliki sifat transparan atau tembus pandang sehingga lebih mudah digunakan untuk mendesain.

Kertas Buffalo

macam macam kertas
bukalapak.com

Berbeda dengan kertas sebelumnya, kertas buffalo memiliki tekstur yang lebih kasar dan lebih tebal dibanding kertas kertas sebelumnya. Selain itu kertas buffalo ini memiliki tampilan seperti corak kayu, sehingga kertas ini sangat cocok untuk memberikan kesan klasik.

Untuk ketebalan dari kertas buffalo ini juga beragam, mulai dari yang paling tipis 150 gram sampai yang paling tebal 250 gram, jadi anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan.

Art Carton

art-carton
blog.porinto.com

Kertas yang keempat adalah kertas art carton. Kertas jenis ini umumnya digunakan sebagai bahan untuk membuat kartu nama, brosur, hingga untuk membuat kotak makanan.

Ciri dari kertas art carton ini adalah warna kertas yang putih mengkilap dan kertas cenderung tebal. Salah satu kelebihan dari kertas ini adalah dapat dicetak full colour pada kedua sisi kertas dan jika dicetak bolak balik warna tidak akan tembus ke sisi satunya.

Kertas Ivory

macam macam kertas
bukalapak.com

Berbeda dengan kertas art carton yang mempunyai dua sisi yang mengkilap, kertas ivory memiliki satu sisi yang mengkilap dan sisi satunya memiliki tekstur doff.

Kertas ivory ini memiliki ciri berwarna putih, namun tidak lebih putih dibandingkan art carton. Biasanya kertas ivory ini digunakan sebagai kotak makanan, pengemas kosmetik, dan pengemas souvenir.

Art Paper

art-paper
kumpulan-soal.nwsupdate.me

Selanjutnya adalah kertas jenis art paper. Karakteristik dari kertas ini adalah permukaannya licin, halus, dan berdaya serap rendah.

Beberapa kelebihan ini adalah hasil cetak dari kertas ini lebih cerah, lebih tahan lama, dan dapat memberikan kesan lux ketika dicetak. Seperti kertas art carton, kertas art paper biasa digunakan untuk produksi di percetakan, seperti kalender, brosur, flyer, dan poster.

Itulah macam macam kertas yang sudah saya jelaskan di artikel ini.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.