45+ Kerajinan Bahan Limbah yang Unik & Menarik

Kerajinan botol kaca dan lilin

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan artikel mengenai kerajinan bahan limbah atau kerajinan yang terbuat dari limbah. Sehingga limbah dapat dimanfaatkan dan bahkan dapat menghasilkan keuntungan. Ada banyak sekali jenis limbah yang bisa dimanfaatkan menjadi kerajinan, seperti kerajinan koran, kardus, kaca, dan masih banyak yang lainnya. Untuk lebih lengkapnya mari kita bahas di bawah.

Apa itu Limbah?

Limbah Kardus
cleandotwaste.co.za

Secara umum pengertian limbah adalah buangan atau sisa material hasil produksi yang sudah tidak digunakan karena tidak memiliki nilai guna atau nilai ekonomis. Limbah limbah tersebut dihasilkan oleh kegiatan manusia baik oleh industri besar maupun oleh rumah tangga atau domestik.

Ciri Ciri Limbah

Limbah ternyata juga memiliki ciri ciri tertentu yang menandakan bahwa itu adalah limbah. Berikut beberapa ciri ciri limbah.

1. Berukuran Kecil

Ciri Limbah yang pertama adalah berukuran kecil atau disebut juga mikro. Walaupun kecil limbah masih bisa dilihat oleh manusia.

2. Bersifat Dinamis

Maksud dari dinamis ini adalah limbah akan bergerak sesuai dengan lingkungan sekitarnya. Misalnya jika limbah tersebut masuk ke dalam sungai, maka limbah tersenut akan mengikuti aliran sungai.

3. Penyebarannya Berdampak Luas

Ciri yang ketiga adalah berdampak luas. Jika limbah yang ditimbulkan oleh manusia tidak segera di atasi maka dapat menimbulkan efek yang beragam terhadap lingkungan di sekitarnya.

4. Berjangka Panjang

Ciri yang terakhir adalah barjangka panjang. Maksudnya adalah Limbah yang tidak segera di atasi akan berdampak panjang terhadap lingkungan yang ada disekitarnya dan membutuhkan waktu yang lama untuk mengembalikan lingkungantersebut seperti semula.

Lalu Bagaimana cara mengatasinya?

Sebenarnya ada banyak sekali cara untuk mengatasi limbah, diantaranya adalah

  • dibakar atau dimusnahkan
  • ditempatkan ke pembuangan khusus
  • Dinetralisir
  • Ditimbun ke dalam tanah
  • Dijadikan Pupuk
  • Didaur ulang, dll.

Nah kali ini kita akan memanfaatkan limbah untuk di daur ulang dan dimanfaatkan menjadi barang yang lebih bermanfaat, seperti dijadikan sebagai kerajinan sehingga dapat mendatangkan keuntungan jika dijual di masyarakat. bahkan limbah kelapa juga bisa dijadikan kerajinan batok kelapa yang pastinya unik dan menarik.

Kerajinan Bahan Limbah Botol Bekas

Ternyata botol bisa di manfaatkan sebagai bahan untuk membuat kerajinan yang unik. Berikut beberapa kerajinan yang bisa dibuat menggunakan limbah botol bekas.

Pot Tanaman Hias

Kerajinan botol pot
idntimes.com

Botol bekas bisa dijadikan sebagai pot yang unik untuk tanaman hias kita. Caranya cukup mudah, hanya dengan memotong botol bekas menjadi dua dan membentuknya menjadi karakter yang kita inginkan.

Selanjutnya adalah mewarnai botol bekas dengan menggunakan cat dan jadilah pot tanaman yang bisa kita gunakan untuk menghias ruangan agar lebih menarik.

Tempat Pensil

kerajinan botol plastik
youtube.com

Jenis kerajinan yang terbuat dari botol plastik selanjutnya adalah tempat pensil. Tempat pensil ini bisa dibuat hanya dengan melubangi bagian samping dari botol bekas menggunakan cutter, pisau atau benda tajam lainnya.

Untuk memberikan kesan unik pada tempat pensil ini anda bisa menghias botol menyerupai seekor kucing atau karakter apapun yang sedang membuka mulutnya.

Jadi ketika anda selesai menggunakan pensil tersebut anda bisa memasukkan pensil ke mulut karakter yang telah anda buat di botol bekas.

Hiasan Pohon Palem

Palem botol plastik
youtube.com

Hanya dengan menggunakan botol plastik anda bisa membuat pohon palem. Eitss… tapi bukan pohon palem sungguhan, tetapi pohon palem hiasan yang memiliki bentuk menyerupai pohon palem asli. yang membedakan pohon palem yang satu ini bisa di taruh di rumahmu dan tidak perlu menyiraminya.

Penghias Lampu

kerajinan tangan dari botol kaca lampu hias
updateinfomu24jam.blogspot.com

Anda bisa memanfaatkan botol kaca bekas sebagai penghias lampu. Hal ini dilakukan supaya lampu memiliki pancaran sinar yang lebih unik dan berbeda dari lampu biasanya.

Kapal dalam Botol

perahu dalam botol
lukamanis.wordpress.com

Selanjutnya adalah hiasan kapal dalam botol. Seperti yang ada di film, ternyata kita bisa membuatnya sendiri. hanya dengan memasukkan kapal ke dalam botol dengan menyusunnya satu per satu.

Tempat Lilin

Kerajinan botol kaca dan lilin
indocraf.blogspot.com

Siapa yang pernah menggunakan lentera tradisional. Tempat lilin ini juga memiliki fungsi yang sama dengan lentera tersebut. Dengan melubangi bagian bawah botol kaca untuk di masukkan lilin. Sehingga tempat lilin ini bisa menjadi dekorasi yang bagus.

Dompet Botol Plastik

tempat uang dari botol plastik
hipwee.com

Siapa bilang botol plastik bekas tidak bisa digunakan sebagai barang yang bermanfaat. Botol plastik bekas yang biasanya digunakan sebagai tempat air bisa diubah menjadi sebuah dompet atau tempat uang yang menarik. Bahan yang digunakan juga sangat mudah ditemukan di sekitar kita.

Bahan yang digunakan hanyalah dua buah botol plastik yang sudah di bersihkan dan resleting. Cara membuatnya yaitu dengan memotong botol plastik menjadi dua. Bagian yang dipotong adalah bagian yang mendekati ujung bawah botol agar terlihat seperti gambar di atas. Setelah memotongnya menjadi dua anda bisa memberikan resleting ke potongan kedua botol tersebut dan menggabungkannya. Jadilah dompet atau tempat uang yang unik dari botol bekas.

Sapu dari Botol Plastik

Sapu botol plastik
rumahkreative.id

Barang yang dapat dibuat dari botol plastik selanjutnya adalah sapu. Anda bisa memanfaatkan botol plastik bekas yang sudah tidak dipakai lagi untuk membuat sapu. Caranya adalah mengumpulkan botol bekas sebanyak tiga buah dan potonglah bagian bawah botol bekas tersebut menggunakan cutter atau benda tajam lain.

Selanjutnya potong bagian bawah botol sampai terlihat seperti sapu dengan menggunakan gunting. Langkah selanjutnya adalah dengan menggabungkan botol yang sudah di buat seperti sapu dengan botol lain sebagai penguat untuk gagangnya. Sapu dari botol bekas siap digunakan.

Segel Plastik dari Botol

Segel plastik dari botol
www.rumahmesin.com

Dengan benda yang satu ini anda dapat menggunakannya ketika sedang berkemah atau bepergian ke alam liar dan tidak mempunyai wadah untuk digunakan. Benda ini adalah segel yang terbuat dari botol plastik. Dengan memanfaatkan kreativitas anda bisa membuat benda bekas apapun bermanfaat, salah satunya adalah botol plastik bekas.

Caranya adalah dengan memotong botol menjadi dua bagian, bagian yang dipotong adalah bagian yang mendekati ujung tutup botol. Bagian ini dapat dimanfaatkan sebagai segel plastik untuk membawa barang kecil atau makanan agar tidak tumpah. Anda bisa membuatnya sendiri seperti pada gambar di atas.

Tempat Makan Hewan Peliharaan

Tempat makan hewan dari botol
www.rumahmesin.com

Selain dapat digunakan untuk menyegel makanan kita yang ada di plastik, kita dapat memanfaatkan botol bekas sebagai tempat untuk makanan hewan peliharaan kita. Cara membuatnya juga cukup mudah. Hanya dengan menggunakan dua botol yang dipotong ujung atasnya anda bisa membuat tempat makan otomatis untuk hewan peliharaan anda. Anda bisa membuatnya seperti gambar di atas.

Alat Penyiram Tanaman

penyiram tanaman
jk2lhpurwakarta.org

Alat penyiram tanaman dapat dibuat dengan menggunakan botol bekas. Untuk membuatnya anda bisa melubangi bagian samping botol. Namun jangan melubangi botol tersebut terlalu lebar, hal ini di lakukan agar tekanan air menjadi kuat dan bisa menjangkau tanaman yang agak jauh. Anda bisa membuatnya sendiri seperti gambar di atas.

Celengan dari Botol Bekas

Celengan Dari Botol Plastik
hidupsimpel.com

Barang yang dapat dibuat dari botol bekas selanjutnya adalah celengan. Lubangi bagian samping pada botol plastik untuk tempat memasukkan uang anda. Untuk membuat celengan lebih menarik anda dapat menghias bagian luar celengan menggunakan kertas atau cat. Celengan yang murah meriah siap digunakan untuk menyimpan uang anda.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.