Kenapa Harus Memilih Wisata ke Jogja?

wisata jogja

Wisata Jogja – Kota Yogyakarta atau biasa disebut dengan Kota Gudeg merupakan salah satu kota yang memiliki daya tarik di dalamnya. Entah dari budayanya, sejarahnya dan banyak lagi yang lainnya.

Kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya ketika pergi ke kota Yogyakarta.

Saat itu adalah hari dimana saya dan teman sekelas saya melakukan study tour ke kota Yogyakarta. Kami sudah mempersiapkan untuk berangkat ke kota itu dari jauh hari. Mulai dari tempat duduk di bis sampai teman sekamar saat berada di hotel.

Kenapa harus wisata di Jogja?

Karena saat itu kami masih berada di masa – masa sekolah. tepatnya berada pada masa SMA kami diharuskan memilih oleh guru antara Jogjakarta atau Bali. Akhirnya kami memilih Jogja. Karena kota Jogja terkenal sebagai kota pelajar.

Disana banyak sekali perguruan tinggi terbaik. Di kota ini juga bapak pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara mendirikan perguruan taman siswa. beliau mencetuskan Tut Wuri Handayani yang sangat populer. Slogannya adalah ing Ngarso Sung Tulodho, ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani.

Namun tidak hanya itu Jogja juga memiliki sejarah, makanan dan kelestarian budaya yang masih terjaga di dalam masyarakatnya.

[su_note note_color=”#1c68e0″ text_color=”#000000″]Baca Juga : Wisata yang ada di Jawa Timur[/su_note]

Banyak Perguruan Tinggi Favorit

kaltim.tribunnews.com

Jogja juga memiliki banyak perguruan tinggi yang favorit, antara lain Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Islam Indonesia dan banyak lagi yang lainnya.

Di kota Jogja bukan hanya terkenal sebagai kota pelajar nya saja. Selain ramah terhadap pengunjungnya, kota Jogja juga ramah perkara biaya hidupnya bagi para pelajar yang sedang berwisata atau merantau untuk belajar disana.

Kaya akan Sejarah

yogyakarta.panduanwisata.id

Jogja juga terkenal karena sejarahnya. Mulai dari tahun 1945 saat Sri Sultan Hamengkubuwono IX menyatakan bergabung dengan NKRI.  Walaupun sebenarnya Yogyakarta dapat menjadi negara sendiri yang berdaulat.

Serangan umum 1 Maret 1949. Serangan besar – besaran yang direncanakan dan dipersiapkan oleh jajaran tertinggi militer di wilayah divisi III/GM III yang bertujuan untuk melakukan pukulan balik terhadap tentara Belanda setelah agresi militer belanda II. 

Lumayan lah buat menambah wawasan sejarah kami waktu sekolah

Biaya Hidup Murah

www.hipwee.com

Jogja merupakan salah satu kota yang masih memiliki biaya hidup yang murah. Buktinya dengan bermodalkan 8 ribu rupiah saja kita bisa makan sampai kenyang. Itupun sudah ditambah minum es teh manis.

Satu bungkus nasi kucing harganya cuma 1500 rupiah per bungkus. sedangkan es teh manis harganya 2500 rupiah. sangat terjangkau bukan.

Banyak sekali tempat wisata Jogja

Tempat wisata merupakan salah satu yang kami tunggu – tunggu waktunya. Karena di Jogja ini mempunyai banyak tempat wisata. Mulai dari yang alami sampai yang dibuat dengan perhitungan matang. Mungkin akan saya jelaskan beberapa tempat wisata yang ada di Jogja.

1. Candi Prambanan

maioloo.com

Candi Prambanan adalah salah satu candi terkenal yang ada di Yogyakarta. Candi ini juga disebut sebagai Candi Roro Jonggrang. Candi Prambanan merupakan kompleks candi hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi.

Kompleks candi ini termasuk situs warisan dunia UNESCO, candi hindu terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara

Untuk jam buka layanan operasional Candi Prambanan adalah setiap hari mulai pukul 06.00 sampai pukul 15.00 WIB.

Untuk tiket wisatawan lokal berbeda dengan wisatawan asing. Ya hal ini salah satunya bertujuan untuk menambah devisa negara.

2. Jalan Malioboro

blog.pigijo.com

Kalau ke Jogja gak mampir ke Malioboro rasanya gimana gitu. Jalan Malioboro merupakan salah satu kawasan jalan dari tiga jalan di Kota Yogyakarta yang membentang dari Tugu Yogyakarta hingga ke perempatan Kantor Pos Yogyakarta.

Jalan Malioboro sangat terkenal dengan pedagang kaki limanya yang menjajakan kerajinan khas Jogja dan warung – warung lesehan pada malam hari yang menjual Gudeg Jogja.

Jalan ini juga merupakan tempat berkumpulnya seniman – seniman yang sering mengekspresikan kemampuan – kemampuan mereka, seperti bermain musik, melukis, pantomim, dan banyak lainnya.

3. Pantai Parangtritis

panduanwisata.id

Parangtritis merupakan salah satu pantai yang terletak di Yogyakarta. Tepatnya pantai ini terletak di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah istimewa Yogyakarta.

Parangtritis merupakan pantai yang indah karena mempunyai Ombak yang besar juga adanya gunung – gunung pasir yang berada di sekitar pantai.

Walaupun merupakan pantai yang indah, Parangtritis bukan tipikal pantai yang bisa digunakan untuk mandi. Karena telah banyak korban tenggelam yang membuat pantai ini bukan tipikal pantai yang bisa digunakan untuk mandi.

Selain memiliki ombak yang besar pantai tersebut juga terdapat palung atau jurang laut yang berbahaya.

Selain itu di Pantai Parangtritis juga terdapat ATV, kuda, dan kereta kuda yang dapat disewa untuk berkeliling pantai tersebut. Pantai parangtritis juga digunakan sebagai tempat olahraga aeromodeling ataupun paralayang.

4. Goa Pindul

TribunJualBeli.com

Goa pindul merupakan salah satu tempat wisata air yang berada di Kota Yogyakarta. Goa ini merupakan objek wisata yang memanfaatka aliran sungai yang menyusuri lorong goa.

pengunjung yang akan mengunjungi goa akan mendapatkan fasilitas  pelampung dan ban yang akan mereka gunakan untuk menyusuri goa tersebut.

Goa ini memiliki panjang 350 meter. penyusuran di goa ini dapat mencapai waktu hingga 40 – 60 menit. Goa ini memiliki katinggian sekitar 5 meter dari permukaan air sampai bagian atas goa. sedangkan kedalaman air sungai sekitar 10 – 12 meter dari permukaan air.

Di dalam Goa pindul memiliki beberapa stalagtit yang masih aktif. Dan katanya stalagtit yang terbesar di goa ini merupakan stalagtit terbesar ke – 4 di dunia.

5. Gunung Merapi

Eksotisjogja.com

Salah satu wisata yang terkenal di Yogyakarta adalah Gunung Merapi. Gunung merapi merupakan salah satu gunung berapi yang paling aktif di Indonesia. karena menurut catatan modern gunung ini mengalami erupsi setiap dua sampai lima tahun sekali.

Dalam gunung merapi ada salah satu wisata yaitu expedisi jeep. Jeep yang digunakan merupakan jeep bekas yang digunakan seperti di militer. Jeep tersebut sudah di custom sedemikian rupa sehingga dapat melintasi berbagai macam medan.

Jeep ini mempunyai basecamp di Kaliurang. Di Kaliurang ini terdapat berbagai macam Jeep. di sini juga merupakan basecamp dari komunitas jeep yang ada di Kota Yogyakarta.

jelajahqatar.com

Setelah jeep berangkat dari basecamp di Kaliurang. Jeep menuju ke Museum Harta Merapi. Di museum ini kita dapat melihat bagaimana barang – barang yang habis terbakar terkena letusan merapi pada tahun 2010.

Terlihat beberapa tulang hewan ternak yang tidak ikut diungsikan oleh pemiliknya.

jogja.tribunnews.com

Disana juga terlihat barang – barang yang ditinggal pemiliknya untuk mengungsikan dirinya dan keluarganya. Disana juga terlihat foto pasca letusan merapi yang terjadi pada tahun 2010 silam.

jogja.tribunnews.com

Selanjutnya kita akan diberhentikan di Objek wisata batu alien. Pasti anda mengira bahwa ada alien yang pernah mendarat disana. Namun dugaan anda salah, disana hanya terdapat sebuah batu besar.

Pasti anda bingung saat pertama kali melihat batu itu karena tampak seperti batu biasa. Namun kalau dilihat dari samping anda akan melihat penampakan wajah alien di batu tersebut.

jogja.tribunnews.com

Itulah kenapa anda harus memilih berlibur ke Kota Jogja. Sekarang apakah anda tertarik untuk berlibur ke kota Jogja? semoga artikel ini bermanfaat sebagai referensi anda.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.