5+ Jenis Kain Satin (Gambar dan Penjelasan Lengkap)

kain satin

Mungkin sebagian dari anda sudah tidak asing lagi dengan kain yang satu ini. Ya benar sekali, kain ini adalah Satin. Satin merupakan salah satu kain yang menjadi bahan untuk membuat berbagai macam busana, bahkan kain ini juga cocok untuk digunakan bahan untuk membuat gorden yang cocok untuk dekorasi rumah. Jika anda ingin bekerjasama mengenai konveksi entah itu kaos, kemeja, celana, atau pun dekorasi, inilah konveksi kaos terpercaya yang mungkin anda butuhkan.

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai apa itu kain satin, bagaimana ciri cirinya, jenis jenisnya, sampai berbagai macam jenis jenis kain satin yang ada di Indonesia. Oke langsung saja menuju pembahasannya.

Apa Itu Kain Satin?

kain satin
cvlinens.com

Nah sebelum anda mengetahui apa itu kain satin, tidak ada salahnya jika anda mengetahui sejarah singkat mengenai kain yang satu ini. Pada mulanya kain ini mulai dikenal di daratan Eropa, tepatnya pada awal abad ke-20. Kain ini mulai dikenal di Eropa setelah kain sutera yang berasal dari Tiongkok.

Walaupun kedua kain ini hampir mirip, namun kedua kain ini tidaklah sama. Kain satin memiliki permukaan yang mengkilap dan bobotnya lebih berat, sedangkan kain sutera lebih ringan dan halus.

Bahan dari kedua kain ini pun berbeda. Kain satin memiliki bahan serat buatan dari polyester yang ditenun. Sedangkan kain sutera terbuat dari serat alami yang berasal dari ulat sutera.

Jenis Jenis Kain Satin

Jika anda ingin membuat atau membeli kain ini, anda harus mengetahui beberapa jenis dari kain ini. Jangan sampai ketika pakaian anda sudah jadi tidak sesuai dengan ekspektasi anda. Nah berikut beberapa kain satin yang bisa anda jadikan referensi untuk anda.

Satin Duchesse

Duchesse Satin
bandjfabrics.com

Jenis yang pertama adalah satin duchesse atau satin bridal. Satin jenis ini biasanya digunakan untukmembuat gaun. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari kain ini, yaitu:

  • Kain mengkilap.
  • Agak kaku.

Satin Slipper

satin slipper
etsy.com

Jenis kain satin yang kedua adalah jenis satin slipper. Satin Slipper merupakan jenis satin yang cukup unik. Biasanya jenis ini digunakan untuk menjadi bahan baku sepatu, seperti sepatu balet. Kelebihan dari satin jenis ini adalah bisa dicelup dan digunakan sebagai bahan sepatu balet.

Satin Damask

Satin Damask
fancystylesfabric.com

Selanjutnya adalah jenis satin damask. Satin ini merupakan salah satu satin yang paling digemari karena memang terkenal dengan pola yang indah dan cantik. Biasanya satin damask ini memiliki desain floral yang unik, sehingga membuat penggunanya tampak elegan.

Kelebihan dari kain ini adalah :

  • pola yang unik
  • permukaan timbul
  • tetap memiliki permukaan mengkilap.

Satin Cloth

satin cloth
pixabay.com

Yang ketiga adalah satin cloth atau satin de laine, biasanya satin ini di Indonesia disebut dengan satin wol. Kenapa satin ini disebut dengan satin wol? Hal ini karena satin jenis ini terdapat dari wol perancis dan di tenun dengan teknik penenunan satin.

Kelebihan satin cloth :

  • Bagian luar terasa lebih halus
  • Bahan kuat dan awet
  • Permukaan mengkilap dan bercahaya

Satin Kahatex

Satin kahatex merupakan salah satu satin yang digunakan sebagai bahan untuk membuat tas, peci, mukena, bahkan dekorasi sekalipun. Jadi untuk anda yang ingin mempunyai dekorasi rumah dengan bahan kain bisa menggunakan kain ini.

Kelebihan satin kahatex :

  • Kain agak kaku
  • Tebal
  • Cocok digunakan untuk membuat berbagai macam aksessoris
  • Cocok sebagai bahan dekorasi

Satin Clarisa

Selain satin kahatex ternyata satin clarisa juga cocok digunakan untuk menjadi dekorasi rumah. Biasanya satin clarisa ini digunakan sebagai bahan untuk membuat gorden atau kelambu. Walaupun kain ini juga bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat pakaian.

Kelebihan sarin clarisa :

  • Kain tidak terlalu kaku
  • Tipis
  • Permukaan mengkilap

Satin Silk

Satin silk
tessuti-shop.com

Jenis satin yang terakhir adalah satin silk atau yang biasa disebut dengan satin sutra. Jenis satin ini biasanya digunakan sebagai bahan dasar membuat kerudung segi empat maupun pasmina. Hal ini karena satin ini memiliki sifat adem ketika digunakan.

Kelebihan satin silk :

  • Adem ketika digunakan.
  • Tipis
  • Lembut di kulit

Nah itulah penjelasan mengenai kain satin yang mungkin nantinya akan berguna ketika ingin membeli satin di pasaran. Mungkin cukup sekian informasi mengenai satin kali ini. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.