15+ Jenis Tanaman Hidroponik yang Cocok Ditanam untuk Pemula

jenis tanaman hidroponik

Dalam menanam tanaman, baik dengan cara konvensional maupun dengan metode hidroponik tentunya ada tanaman yang ditanam. Jika pada artikel sebelumnya saya membahas mengenai bagaimana cara menanam hidroponik. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai berbagai macam jenis tanaman hidroponik yang cocok di budidayakan untuk pemula.

Jenis Tanaman Hidroponik

Dalam menanam tanaman hidroponik ada beberapa tanaman yang bisa ditanam dan tidak bisa ditanam dengan metode ini. Berikut beberapa tanaman yang bisa di budidayakan dengan teknik hidroponik.

Kangkung

kangkung hidroponik
bukalapak.com

Tentunya anda sudah tahu jenis tanaman yang satu ini, ya benar sekali, Jenis tanaman pertama yang dapat ditanam dengan teknik hidroponik adalah kangkung. Kangkung adalah tanaman perairan yang banyak ditemui di benua asia, terutama di Indonesia.

Tanaman ini memiliki ciri ciri daun yang berbentuk menyirip dan memanjang dengan lebar antara 2,5 cm sampai 8 cm. Kangkung sendiri memiliki berbagai macam manfaat yang sangat berguna untuk tubuh, seperti menjaga kesehatan mata dan masih banyak lagi.

Selain itu kangkung termasuk sayur yang sedap jika diolah sebagai makanan, seperti tumis kangkung, keripik kangkung, hingga bubur manado.

Dalam hidroponik, kangkung termasuk tanaman yang sangat mudah untuk di budidayakan karena masa panen yang tergolong cepat dan sederhana pembudidayaannya.

Sawi

sawi hidroponik
uponics.com

Selanjutnya adalah tanaman sawi. Seperti kangkung, sawi juga merupakan tanaman yang bisa di budidayakan dengan teknik hidroponik.

Jika dalam menanam sawi dengan teknik konvensional memakan lahan yang banyak, dengan teknik hidroponik anda bisa menghemat lahan. Hal ini karena salah satu manfaat menanam hidroponik adalah dapat menghemat lahan.

Baca Juga: Cara Menanam Hidroponik untuk Pemula (Hasil Maksimal)

Selada

selada hidroponik
abahtani.com

Jenis tanaman hidroponik yang dapat anda coba tanam dirumah selanjutnya adalah selada. Selada adalah tanaman yang biasanya digunakan sebagai bahan untuk lalapan atau makanan lain. Sehingga selada sangat cocok untuk anda yang ingin memulai bisnis dari tanaman yang satu ini.

Selada juga memiliki berbagai macam kandungan yang dapat menyehatkan tubuh, salah satunya adalah vitamin K dan kalsium. Sehingga dengan mengkonsumsi selada anda dapat mencegah pengeroposan tulang atau yang biasa disebut dengan osteoporosis.

Tomat

jenis tanaman hidroponik tomat hidroponik
emeraldharvest.co

Siapa yang tidak kenal dengan tanaman yang satu ini. Ya, tomat. Buahnya yang berwarna merah ketika sudah matang dan rasa asam manisnya membuat buah satu ini sangat cocok untuk ditanam. Tanaman ini juga dapat di budidayakan dengan teknik hidroponik.

Jika anda termasuk salah satu orang yang mempunyai hobi memasak, tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk menanam tomat sendiri sebagai bahan masakan yang nantinya bisa anda gunakan.

Cabai

cabai hidroponik
cara-tanaman-hidroponik.blogspot.com

Yang kelima adalah tanaman cabai. Cabai adalah tanaman yang termasuk dalam golongan sayur atau bumbu. Biasanya cabai digunakan sebagai bumbu karena rasanya yang pedas. Cabai bisa di budidayakan dengan teknik hidroponik.

Karena kegunaannya sebagai bumbu untuk masakan, cabai merupakan salah satu tanaman yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Tidak heran jika terkadang harga cabai melonjak pada beberapa waktu. Sehingga cabai cocok untuk dijadikan sebagai lahan bisnis baru untuk anda.

Baca Juga: Cara Menanam Lidah Buaya untuk Pemula (Hasil Maksimal)

Paprika

paprika hidroponik
lima-europe.eu

Paprika merupakan tanaman yang masih satu keluarga dengan cabai. Paprika mempunyai rasa yang manis namu juga memiliki sedikit rasa pedas karena masih satu keluarga dengan tanaman cabai.

Buah paprika memiliki beberapa macam warna, seperti hijau, merah, dan kuning. Tanaman ini bisa ditanam dengan teknik menanam hidroponik. Paprika ini dapat dipanen setelah 3 bulan dari masa tanam. Selain itu paprika masih bisa dipanen antara umur 7 sampai 9 bulan.

Bawang

jenis tanaman hidroponik bawang hidroponik
3.bp.blogspot.com

Selain cabai, bawang merupakan tanaman yang biasanya digunakan untuk bumbu dapur. Biasanya bagian yang dapat dijadikan bahan masakan adalah bagian umbi dan daun bawang.

Bawang juga bisa ditanam secara hidroponik. Yaitu dengan menggunakan wadah gelas bekas air mineral dan mengisinya dengan media tanam. Namun sebelum memasukkan bawang ke dalam media tanam usahakan bawang sudah mempunyai akar yang tumbuh.

Kemudian letakkan bawang yang sudah ditanam dalam media tanam ke wadah yang berisi air yang sudah di campurkan nutrisi. Selain itu mendapat bawangnya kamu juga akan mendapat daun bawang yang juga bermanfaat untuk penyedap pada masakan.

Brokoli

brokoli hidroponik
homehydrosystems.com

Jenis tanaman hidroponik yang ke delapan adalah brokoli. Brokoli merupakan tanaman yang masuk ke dalam kelompok sayuran. bentuk dan warnanya yang menarik tentunya dapat menggugah selera makan anda. Namun siapa sangka tanaman yang satu ini dapat di budidayakan dengan teknik hidroponik.

Tanaman brokoli hidroponik ini dapat dipanen dengan waktu antara 2 sampai 3 bulan dari masa awal penanaman. Untuk menanam brokoli diperlukan perhatian khusus dari pada tanaman hidroponik lainnya. Karena tanaman brokoli membutuhkan lebih banyak air dalam proses pertumbuhannya.

Baca Juga: Jenis dan Cara Menanam Jahe (Mudah)

Bayam

jenis tanaman hidroponik bayam hidroponik
backyard-urban-gardening.blogspot.com

Untuk anda yang gemar memakan sayuran yang satu ini, tentunya anda akan lebih menghemat biaya dengan menanam sendiri di rumah. Bayam bisa ditanam dengan hidroponik.

Dalam bayam terdapat berbagai macam zat yang dapat bermanfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah zat besi. Zat besi dapat bermanfaat sebagai pembentukan hemoglobin.

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.