8+ Jenis Rumah yang Terdapat di Dunia (Lengkap dengan Penjelasan)

jenis rumah

Berbeda dengan artikel saya sebelumnya yang bertemakan apartemen, kali ini saya akan menjelaskan mengenai jenis rumah. Rumah merupakan salah satu bangunan yang dijadikan tempat untuk tinggal selama jangka waktu tertentu.

Jenis Jenis Rumah

Jenis Jenis Rumah
pixabay.com

Rumah merupakan tempat tinggal bagi manusia dan terdapat di berbagai negara, oleh karena itu rumah memiliki berbagai macam jenis. Berikut beberapa jenis rumah mulai dari yang umum sampai yang jarang terdengar di telinga kita.

1. Rumah Tunggal

Jenis yang pertama adalah rumah tinggal tunggal. Rumah jenis ini merupakan rumah yang terpisah atau rumah yang berdiri sendiri. Rumah jenis ini cocok untuk satu keluarga. Biasanya rumah jenis ini masih memiliki halaman yang memisahkan satu rumah dengan rumah lainnya.

Ada beberapa rumah yang masuk ke dalam kelompok rumah tinggal tunggal ini, seperti villa, bungalow, cottage dan mansion. Untuk anda yang ingin menyewa rumah dengan jenis rumah tunggal ini anda bisa mengunjungi situs sewa rumah.

2. Rumah Tinggal Tapak

Yang kedua adalah rumah tinggal tapak. Apa itu rumah tinggal tapak? Rumah ini disebut rumah tinggal tapak karena bangunan dari rumah ini langsung menapak ke tanah.

Jika pada masa sebelumnya rumah ini memiliki halaman sehingga terpisah antara satu bangunan dengan bangunan lainnya. Sekarang biasanya rumah jenis ini dibangun berderet.

3. Rumah Koppel

Rumah kopel
pixabay.com

Selanjutnya adalah rumah tinggal koppel. Rumah jenis ini adalah rumah tinggal yang dalam satu bangunan memiliki dua rumah sekaligus. Jika dilihat, rumah ini memiliki satu konsep desain. Namun kedua rumah itu hanya dipisahkan oleh satu dinding.

Rumah ini adalah rumah yang umum di luar negeri. Namun di Indonesia juga terdapat rumah jenis ini, yaitu bangunan lama peninggalan belanda yang terdapat di sekitar perkebunan teh daerah Garut.

Baca Juga : Desain Rumah kecil dengan gambar (Lengkap)

4. Rumah Susun

Pasti yang jenis yang satu ini sudah tidak asing bagi anda, ya rumah susun atau yang biasa disebut dengan rusun. Seperti namanya rumah susun adalah sebuah bangunan yang disusun bertingkat dan terdapat beberapa keluarga yang tinggal di dalamnya.

Rumah susun ini menjadi solusi untuk keterbatasan lahan, terutama jika tinggal di kota kota besar yang sudah padat penduduknya.

5. Town House

Town House
pixabay.com

Selanjutnya adalah town house. Town house adalah rumah yang bergandengan dan hampir mirip dengan apartemen,karena fasilitas yang memang sama dan hampir mirip. Namun townhouse disusun secara horizontal sehingga rumah ini tidak terlalu tinggi.

6. Apartemen

Apartemen merupakan salah satu jenis yang disusun secara vertikal. Apartemen hampir mirip dengan rumah susun, namun yang membedakannya adalah fasilitas yang ditawarkan oleh pengelola apartemen dan apartemen lebih mewah. Biasanya apartemen memiliki fasilitas yang lengkap.

Ada beberapa jenis apartemen yang terdapat di indonesia, jika anda ingin menyewa apartemen sebaiknya ketahui dulu jenis apartemen apa yang cocok untuk anda. Anda bisa mengeceknya di jenis apartemen dan tips untuk memilih apartemen.

7. Cluster

Cluster adalah rumah yang dibangun berkelompok di sebuah lingkungan dengan tipe yang sama atau serasi. Jenis ini hampir mirip dengan town house, yang membedakan adalah keamanan cluster lebih maksimal.

Hal ini dikarenakan seluruh wilayah yang mengelilingi cluster terdapat tembok yang membatasi dan hanya terdapat satu gerbang untuk keluar masuk. Jadi rumah ini cocok untuk anda yang sibuk namun tetap dapat bersosialisasi dengan tetangga.

8. Ruko dan Rukan

Selanjutnya adalah ruko dan rukan. Kepanjangan dari ruko adalah rumah toko, sedangkan rukan adalah rumah kantor. Seperti namanya, biasanya, rumah ini digunakan pemiliknya sebagai tempat tinggal dan juga sebagai tempat usaha.

Lantai dasar biasanya digunakan sebagai toko atau kantor, sedangkan lantai dua digunakan sebagai tempat tinggal.

9. Indekos

Selanjutnya adalah rumah indekos. Indekos adalah rumah yang disewakan untuk tempat tinggal pendatang dari kota lain. Umumnya digunakan oleh pelajar atau karyawan dari kota lain.

Nah itulah beberapa rumah yang terdapat dalam artikel ini. Jika anda ingin menyewa rumah yang terletak di daerah Bekasi anda bisa mengunjungi situs sewa rumah di Bekasi. Sampai jumpa di artikel selanjutnya dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.