Jenis Jenis Apartemen dan Tips Memilih Apartemen yang Baik

jenis apartemen

Untuk masyarakat yang tinggal di perkotaan, tempat tinggal merupakan salah satu hal yang menjadi problem. Hal ini karena angka pertumbuhan yang tinggi dan lahan yang jumlahnya terbatas. Sehingga sebagian masyarakat mengalihkan tempat untuk tinggal dari rumah ke apartemen. Berikut beberapa faktor dan jenis apartemen yang dapat anda jadikan bahan pertimbangan.

Apartemen merupakan salah satu model tempat tinggal yang hanya mengambil sebagian lahan dan di apartemen tersebut dihuni oleh beberapa keluarga yang berbeda beda.

Apartemen yang bagus harus memiliki beberapa fasilitas dan lokasi yang strategis. Hal ini di perlukan untuk mempermudah para penghuninya yang tinggal di apartemen tersebut. salah satunya adalah Apartemen Jakarta Selatan yang terletak di Jalan Jend. Sudirman, RT.5/RW.3, Senayan, Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Faktor dalam Memilih Apartemen

Lokasi Apartemen
pixabay.com

Nah untuk mendapatkan apartemen yang bagus dan berkelas, anda perlu memerhatikan beberapa aspek dan faktor dalam mempertimbangkan pemilihan apartemen. Berikut diantaranya.

1. Lokasi Apartemen

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam memilih apartemen adalah lokasi. Perhatikan lokasi apartemen yang ingin anda tinggali, apakah apartemen tersebut jauh dengan tempat ber aktivitas anda sehari hari? seperti kantor atau tempat berbisnis anda. sehingga akan menghemat waktu dan biaya anda.

2. Fasilitas Apartemen

Yang kedua adalah fasilitas dari apartemen yang akan ditinggali. Sebaiknya memilih apartemen disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Pastikan fasilitas yang dimiliki apartemen tersebut sesuai dengan budget yang anda keluarkan.

3. Biaya Perawatan Apartemen

Jangan lupa untuk memperhatikan faktor ini, karena inilah salah satu faktor yang penting. Perkirakan berapa biaya perawatan apartemen tersebut, karena perawatan mempunyai sifat berkala.

Bila apartemen tersebut memiliki berbagai macam fasilitas yang harus diperhatikan, seperti iuran keamanan, kebersihan, listrik, telepon, dan lain lain. Pastinya ada budget lebih untuk dikeluarkan setiap bulannya.

Terutama jika pengelola apartemen yang menagih biaya perawatan secara bulanan yang tentunya lebih mahal jika dibandingkan biaya perawatan rumah.

4. Legalitas Apartemen

Ini adalah salah satu faktor yang harus dipastikan jika ingin membeli apartemen, yaitu legalitas dari apartemen tersebut. Jika membeli sebuah rumah, anda akan mendapatkan SHM atau surat hak milik. Namun jika membeli sebuah apartemen, anda akan mendapatkan sertifikat HGB atau Hak Guna Bangunan.

Berbeda dengan surat hak milik pada rumah, Hak Guna Bangunan mempunyai batasan waktu, yaitu sampai 20 tahun. Dan juga perhatikan HGB tersebut jika HGB tersebut murni atau HGB diatas HPL (hak pengelola lahan). Jika tanah tersebut murni milik pengelola maka ketika sertifikat HGB tersebut habis, maka bisa diperpanjang.

Namun jika HGB diatas HPL (hak pengelola lahan), berarti pengelola apartemen tersebut bekerja sama dengan pemilik tanah dan jika jangka waktu kerja sama habis maka hak bangunan dan tanah akan menjadi hak pemilik tanah tersebut.

Nah itulah beberapa faktor yang dapat anda jadikan sebagai bahan untuk pertimbangan dari apartemen yang ingin anda beli.

Baca Juga: Desain Rumah Kecil Lengkap dengan Gambar

Jenis Jenis Apartemen

Jenis Apartemen
pixabay.com

Ada beberapa jenis apartemen yang terdapat di Indonesia, diantaranya adalah Studio, 1 bedroom, dan 2 bedroom. Namun masih ada beberapa jenis lain yang mungkin masih jarang di Indonesia. Berikut diantaranya

1. Studio

Jenis yang pertama adalah apartemen Studio. Jenis ini adalah jenis apartemen yang paling umum di Indonesia. Jenis apartemen ini juga merupakan jenis apartemen yang paling laris di Indonesia. Bentuk minimalis dan harganya yang ekonomis cocok untuk anda yang memiliki hidup serba praktis.

2. Alcove

Jenis kedua adalah apartemen Alcove. Jenis ini hampir sama dengan jenis studio. Bedanya adalah apartemen jenis alcove Memiliki bentuk L dan memiliki ruangan kecil atau half room yang biasanya digunakan sebagai kamar tidur.

3. Junior 1 Bedroom

Yang ketiga adalah junior 1 bedroom atau 1 bedroom. Apartemen jenis ini memiliki ciri khusus seperti namanya, yaitu satu kamar tidur di dalamnya. Sehingga apartemen ini cocok untuk anda pasangan yang baru saja berkeluarga.

4. 2 Bedroom

Apartemen jenis ini memiliki 2 kamar tidur seperti namanya. Apartemen jenis ini merupakan salah satu jenis apartemen terbesar yang banya ditawarkan oleh developer developer di indonesia.

Hal ini dikarenakan apartemen ini cocok untuk anda yang sudah berkeluarga dan memiliki 1 atau 2 orang anak.

5. Duplex atau Triplex

Apartemen terakhir yang dapat anda pilih sebagai hunian anda adalah jenis duplex atau triplex. Jenis apartemen ini memiliki 2 atau 3 tingkat apartemen. Lantai ke dua dan ke tiga dari apartemen ini hanya digunakan sebagai kamar tidur. Sehingga apartemen ini merupakan salah satu apartemen yang memiliki ukuran yang luas diantara apartemen lainnya.

Nah itulah beberapa jenis apartemen yang bisa anda jadikan bahan pertimbangan untuk memilih apartemen. Untuk anda yang ingin tinggal di apartemen yang memiliki berbagai macam fasilitas dan lokasi yang strategis anda dapat memilih Apartemen Jakarta Barat ini. Sangat cocok untuk anda yang memiliki aktivitas di sekitar Jakarta Barat.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.