Pengertian dan Contoh Simbiosis Mutualisme (Lengkap)

contoh Simbiosis mutualisme, ikan badut, anemon

Contoh Simbiosis Mutualisme – Simbiosis merupakan interaksi biologis antara satu makhluk hidup dengan makhluk hidup lainnya. Simbiosis dibagi menjadi beberapa macam, yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, simbiosis parasitisme, amensalisme, kompetisi, dan netralisme.

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang simbiosis mutualisme. Saya akan menjelaskan mulai dari pengertian hingga contoh contoh makhluk hidup yang melakukan simbiosis mutualisme. Untuk mengetahui lebih lanjut silahkan simak di bawah ini.

Pengertian Simbiosis Mutualisme

lebah dan bunga
hellosehat.com

Apa itu simbiosis mutualisme? Mungkin anda sudah mengetahui tentang simbiosis mutualisme dan mungkin sekarang anda ingin langsung melihat contoh simbiosi mutualisme, namun sebelum itu anda harus mengetahui pengertian dari simbiosis mutualisme terlebih dahulu untuk memperjelasnya.

Simbiosis mutualisme adalah interaksi yang dilakukan antara makhluk hidup dan interaksi tersebut saling menguntungkan keduanya. Dan biasanya kedua makhluk hidup ini akan mendapat masalah jika mereka tidak saling melakukan simbiosis ini.

Contoh Simbiosis Mutualisme

Anda sudah mengetahui apa pengertian simbiosis mutualisme. Namun anda juga harus mengetahui apa saja contoh makhluk hidup yang melakukan simbiosis mutualisme tersebut. Berikut contoh simbiosis mutualisme.

Bunga Sepatu dan Lebah

lebah dan bunga sepatu
pixabay.com

Contoh simbiosis mutualisme yang pertama adalah bunga sepatu dan lebah. Bunga sepatu merupakan tanaman yang dapat tumbuh baik di iklim tropis maupun sub tropis. Bunga sepatu memiliki bunga yang besar, berwarna mencolok, dan tidak berbau.

Bunga ini memiliki mahkota yang besar dan ditengah mahkotanya ada putik dan benang sari. Putik dan benang sari pada bunga sepatu merupakan alat untuk berkembang biak bunga sepatu. Namun mereka membutuhkan bantuan hewan lain untuk membantu penyerbukan.

Nah disinilah peran serangga dimulai. Bunga sepatu memiliki warna dan madu yang dapat menarik serangga untuk hinggap pada bunga. Ketika lebah hinggap pada bunga, bunga sepatu menempelkan benang sari ke pada lebah dan akhirnya benang sari dapat bertemu dengan putik.

Jadi bunga sepatu dan lebah akan saling diuntungkan, karena lebah akan mendapatkan madu dan bunga sepatu dapat berkembang biak.

Burung Jalak dan Kerbau

mutualisme, Jalak dan kerbau
kadangada.id

Yang kedua adalah burung jalak dengan kerbau. Kerbau merupakan hewan yang memiliki kulit yang tipis dan terdapat kutu ditubuhnya. Dan biasanya burung jalak menghinggapi tubuh kerbau untuk memakan kutu kutu tersebut. Sehingga kedua makhluk ini saling untung.

Burung jalak mendapatkan makanan gratis dari tubuh kerbau dan kerbau mendapatkan tubuhnya bersih dari kutu.

Ikan Badut dengan Anemon Laut

ikan badut dan anemon, mutualisme
pixabay.com

Ikan badut dan anemon laut merupakan contoh simbiosis mutualisme yang ke tiga. Lalu apa interaksi antara dua makhluk hidup tersebut? Ikan badut adalah ikan yang memiliki warna orange yang indah. Ikan badut memiliki ukuran tubuh yang kecil. Oleh sebab itu ikan badut ini bertempat di anemon laut.

Anemon laut memiliki tentakel tentakel yang dapat menyengat. Hal inilah yang membuat ikan badut bersembunyi pada anemon laut. sehingga predator ikan badut tidak akan berani memangsa ikan badut karena akan tersengat jikka menyentuh anemon laut.

Disini terjadi sombiosis antara anemon dengan ikan badut. Ikan badut mendapat perlindungan dari predatornya, dan anemon mendapati tubuhnya bersih karena sisa makanan anemon dimakan ikan badut.

Ikan Hiu dan Ikan Remora

remora dan hiu
goodguytaxman.wordpress.com

Hewan air yang melakukan simbiosis mutualisme lainnya adalah ikan hiu dan ikan remora. Ikan hiu merupakan salah satu predator ganas di lautan.

Interaksi yang terjadi antara kedua makhluk hidup tersebut adalah Ikan remora akan mempersihkan sisa sisa makanan yang ada di tubuh ikan hiu, sedangkan ikan hiu akan mendapati tubuhnya bersih dari sisa makanan yang jika dibiarkan dapat menimbulkan penyakit untuk ikan hiu.

Kupu Kupu dan Bunga

kupu kupu dan bunga
pixabay.com

Selanjutnya adalah kupu kupu dengan bunga. Seperti simbiosis antara lebah dengan bunga sepatu, kupu kupu juga memiliki perang yang sama dengan lebah. Bunga menarik perhatian kupu kupu karena nektar yang dimilikinya.

Ketika kupu kupu hinggap pada bunga, serbuk sari bunga akan menempel pada tubuh kupu kupu dan terjadilah penyerbukan pada bunga.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.