Klasifikasi, jenis, dan Ciri Ciri Kuda (dengan Penjelasan)

ciri ciri kuda

Seperti yang kita tahu kuda merupakan salah satu hewan yang memiliki peran penting untuk manusia. Dahulu kuda merupakan hewan yang dijadikan transportasi untuk bepergian. Kali ini saya akan menjelaskan mengenai kuda secara lengkap, mulai dari klasifikasi kuda sampai jenis dan ciri ciri kuda.

Klasifikasi Kuda

KingdomAnimalia
FilumChordata
KelasMammalia
OrdoPerissodactyla
FamiliEquidae
GenusEquus
SpesiesE. caballus

Nama latin dari kuda sendiri adalah Equus caballus atau Equus ferus caballus. kuda merupakan hewan yang masuk ke dalam famili Equidae, sehingga kuda masih berkerabat dengan zebra dan keledai.

Kuda merupakan hewan berkaki empat yang dapat berlari dengan kecepatan maximum 88 km/jam. Untuk kuda sendiri memiliki berbagai macam jenis dan peran untuk kehidupan manusia, namun akan saya jelaskan setelah ciri ciri kuda.

Baca Juga : Klasifikasi, jenis, dan Ciri ciri Jerapah (Lengkap dengan penjelasan)

Ciri Ciri Kuda

Kuda sendiri memiliki ciri yang hampir mirip dengan zebra dan keledai karena mereka masih satu famili. Untuk ciri ciri kuda sendiri ada banyak, namun saya akan jelaskan beberapa ciri ciri kuda. Berikut penjelasan lengkapnya.

Merupakan Hewan Mamalia

klasifikasi kuda
pixabay.com

Kuda merupakan salah satu hewan yang masuk kedalam kelompok hewan mamalia. Hewan mamalia sendiri adalah hewan yang memiliki kelenjar susu dan susu sebagai sumber makanan untuk anaknya.

Kuda Hewan Herbivora

hewan herbivora
pixabay.com

Selain termasuk ke dalam kelompok hewan mamalia, kuda juga termasuk ke dalam kelompok hewan herbivora atau hewan yang memakan tumuhan untuk mempertahankan hidupnya.

Biasanya kuda memakan rumput, jerami, gandum, atau tumbuhan lain yang masih bisa dijangkau oleh kuda.

Memiliki Tinggi 1,4 meter hingga 2 meter

Kuda merupakan hewan yang memiliki tinggi antara 1,4 meter sampai 2 meter. Namun ada kuda yang memiliki tinggi kurang dari 1,4 meter, yaitu kuda poni. Kuda poni merupakan kuda untuk peliharaan dan jarang digunakan untuk mengangkut orang atau barang.

Tubuh ditutupi Rambut

ciri ciri kuda
pixabay.com

Salah satu ciri dari kuda adalah memiliki rambut pendek yang menutupi tubuhnya. Selain itu kuda juga memiliki rambut yang panjang yang terdapat pada bagian atas kepala sampai punggung dan juga pada ekor kuda.

Memiliki Pendengaran yang Tajam

Kuda merupakan salah satu hewan yang memiliki pendengaran yang cukup baik. Hal ini tentunya sangat berguna untuk kuda, terutama untuk kuda yang berada di alam liar. Dengan pendengarannya yang tajam kuda bisa menghindar dari pemangsa.

Memiliki Jari Kaki Ganjil

ciri ciri kuda
pixabay.com

Kuda merupakan hewan yang memiliki 4 kaki dan di setiap kakinya kuda memiliki jumlah jari yang ganjil. Walaupun jumlah jari kaki kuda ganjil, kuda hanya memiliki satu kuku saja pada setiap kaki kuda.

Mempunyai Berat antara 380 sampai 1000 kg

Kuda termasuk salah satu hewan yang memiliki tubuh yang besar. Tidak heran jika kuda memiliki berat badan yang besar juga. Kuda memiliki berat badan antara 380 kilogram sampai 1000 kilogram.

Memiliki Mata Terbesar di antara Mamalia Darat

ciri ciri kuda
pixabay.com

Kuda merupakan hewan yang memiliki mata yang cukup besar. Hal ini dibuktikan dengan diameter mata kuda yang mencapai 3,4 sentimeter. Hal inilah yang menjadikannya pemilik mata terbesar di antara mamalia darat.

Hewan yang Banyak Minum

Salah satu kebiasaan kuda adalah banyak minum. Kuda bisa minum air 5 sampai 10 galon air per harinya. Hal itu bahkan bisa bertambah jika cuaca sangat panas. Jadi jika kuda kekurangan air, ia bisa saja tidak mau makan.

Dapat Tidur Berdiri atau Berbaring

ciri ciri kuda
pixabay.com

Salah satu keunikan dari kuda adalah bisa tidur saat berdiri. Hal ini dikarenakan mereka memiliki tulang yang saling terhubung dan memiliki mekanisme mirip kunci di kaki mereka, sehingga dapat mereka dapat berdiri sambil tidur.

Saat tidur berdiri, kuda tidak akan tidur sepenuhnya atau tidur lelap. Mereka juga harus tidur dengan berbaring agar bisa tidur dengan lelap.

Jenis Jenis Kuda

Kuda memang menjadi hewan yang penting sejak zaman dahulu sampai zaman sekarang. Sehingga ada banyak sekali jenis kuda yang terdapat di dunia. Berikut beberapa jenis kuda yang dikutip dari berbagai sumber.

Kuda Arab (Arabian Horse)

kuda arab
pixabay.com

Salah satu kuda yang mejadi favorit penggemar kuda di seluruh dunia adalah kuda Arab atau Arabian Horse. Kuda ini berasal dari semenanjung arab. Kuda arab ini memiliki ciri yang mudah untuk dikenali, yaitu bentuk kepala yang khas dan ekor yang tinggi.

Kuda ini merupakan salah satu ras kuda tertua di dunia. Kuda ini menjadi favorit karena kemampuan daya tahannya dan semangatnya.

Thoroughbred

kuda Thoroughbred
thoroughbreddailynews.com

Selanjutnya adalah kuda Thoroughbred. Thoroughbred dikembangkan di Inggris pada abad ke-17 dan ke-18. Kuda ini dikenal kuda yang memiliki ketangkasan, kecepatan, dan semangat yang tinggi. Sehingga kuda Thoroughbred ini biasa digunakan dalam ajang lomba pacuan kuda.

Kuda Andalusia (Andalusian Horse)

kuda andalusia
pinterest.com

Kuda ini berasal dari Semenanjung Iberia dan pertama kali ditemukan pada abad ke-15. Karena kemampuan kuda Andalusia ini cukup hebat, kuda ini dijadikan sebagai kuda perang dan sangat dihargai oleh bangsawan.

Kuda ini merupakan kuda yang kuat, elegan, dan memiliki surai dan ekor yang panjang. Saat ini kuda Thoroughbred digunakan untuk pacuan kuda dalam berbagai kompetisi berkuda.

Kuda Appaloosa (Appaloosa)

kuda Appaloosa
thatsfarming.com

kuda Appaloosa merupakan salah satu kuda yang unik. Hal ini dikarenakan kuda ini memiliki corak bulu yang bertutul. Appaloosa ini dikenal dengan kekuatan, ketangkasan dan daya tahan yang baik. Sehingga kuda ini sangat cocok untuk berburu.

Kuda Akhal Teke

kuda Akhal Teke
equine-world.co.uk

Jenis kuda ini adalah kuda Akhal Teke. Jenis kuda ini termasuk ke dalam ras kuda tertua di dunia.

Diperkirakan kuda ini sudah ada sejak 3000 tahun yang lalu di daerah padang pasir berbatu yang dikelilingi pegunungan di kawasan turkmenistan.

Kuda ini juga merupakan kuda yang cantik, memiliki kecepatan tinggi, cerdas, dan tangkas. Selain itu kuda ini juga memiliki rambut yang halus dan terawat.

Untuk kuda Akhal Teke ini memiliki berbagai warna, diantaranya yaitu:

  • hitam
  • smokey cream
  • bay
  • mahogany bay
  • light bay
  • dan masih banyak lagi

Karena kecantikan dan kemampuannya, kuda ini banyak diminati untuk keperluan olahraga maupun untuk dipelihara.

Nah itulah Klasifikasi, jenis, dan ciri ciri kuda yang ada di dunia.

 

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.