Klasifikasi, Jenis, dan Ciri Ciri Jerapah (Lengkap)

Ciri Ciri Jerapah, kawanan jerapah

Ciri Ciri Jerapah – Jerapah merupakan salah satu hewan liar yang hidup di darat. Hewan ini memiliki ciri khusus yang melebihi hewan lain, yaitu lehernya yang tinggi melebihi pohon pohon disekitarnya. Untuk mengetahui ciri ciri jerapah yang lain, akan saya jelaskan di artikel kali ini. Selamat membaca.

Klasifikasi Jerapah

klasifikasi jerapah, zebra, hewan afrika
pixabay.com
KingdomAnimalia
FilumChordata
KelasMammalia
OrdoArtiodactyla
GenusGiraffa
SpesiesG. camelopardalis

Jerapah merupakan salah satu hewan yang masuk ke dalam kingdom Animalia atau hewan. Jerapah juga merupakan hewan yang menyusui anaknya atau biasa disebut dengan hewan Mammalia.

Jerapah mengandung anak mereka cukup lama, Biasanya jerapah mengandung anak anak mereka selama 15 bulan. Jika anak mereka sudah lahir, maka induk jerapah dapat mengandung kembali untuk menjaga kelestarian jenisnya.

Anak jerapah ketika baru lahir memiliki tinggi hingga 2 meter. Induk mereka akan menjauhkan anaknya dari anggota kawanan selama 15 hari. Namun mereka akan bergabung dengan kawanan mereka nantinya.

Baca Juga : ✓ Klasifikasi, Jenis, dan Ciri Ciri Singa (Lengkap)

Ciri Ciri Jerapah

Seperti yang kita ketahui, jerapah merupakan salah satu hewan tertinggi yang ada di dunia ini. Hal itu merupakan salah satu ciri ciri jerapah. Berikut ciri ciri jerapah lainnya.

Memiliki Leher yang Panjang

leher jerapah
mashable.com

Ciri ciri jerapah yang pertama adalah lehernya yang panjang. Leher jerapah memiliki panjang sekitar 1,8 sampai 2 meter. Leher yang panjang ini memiliki berbagai kegunaan, salah satunya adalah untuk memudahkan jerapah meraih makanannya yang berupa daun di pohon.

Selain memudahkan jerapah meraih daun di pohon leher yang panjang ini digunakan jerapah bertarung antara satu dengan yang lainnya. Hal ini mereka lakukan untuk menarik perhatian lawan jenis mereka.

Untuk tinggi jerapah sendiri antara 3,8 meter hingga 5 meter dengan bobot tubuh dapat mencapai 0,5 ton sampai 2 ton.

Warna Jerapah

Selanjutnya adalah warna jerapah. Berbeda dengan Ciri khusus harimau yang memiliki pola warna tubuh belang, warna tubuh jerapah putih dengan pola berwarna coklat atau kemerahan dengan pola trapesium sampai hexagon. Pola warna ini terdapat pada seluruh tubuh jerapah terkecuali kaki bagian bawah.

Pola pada jerapah tidak hanya unik, namun bentuk pola pada jerapah berbeda. Dengan warna yang dimiliki jerapah mereka dapat menyamarkan diri dengan lingkungan sekitar walaupun mereka memiliki tubuh yang sangat besar.

Jerapah Hewan Mamalia

Jerapah Mamalia
pixabay.com

Seperti yang sudah dijelaskan pada penjelasan saya di atas. Jerapah merupakan hewan mamalia atau hewan yang menyusui anaknya.

Memiliki Sepasang Tanduk

Ternyata jerapah memiliki sepasang tanduk di kepalanya. Mereka mempunyai tanduk di kepala yang berfungsi untuk melindungi kepala mereka ketika bertarung dengan jerapah lainnya. tanduk ini memiliki ujung yang tumpul dan dapat tumbuh hingga memiliki panjang 5 inchi.Hidup Berkelompok

Memiliki Lidah Unik

Jerapah merupakan hewan mamalia yang memiliki lidah yang unik. Maksud unik disini adalah warnanya, warna lidah pada jerapah adalah biru kehitaman. Lidah ini memiliki panjang sekitar 45 sentimeter yang dapat digunakan untuk mengambil makanan berupa daun di pohon.

Makanan Jerapah

Makanan Jerapah
pixabay.com

Hewan herbivora adalah hewan yang memakan tumbuhan untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Jerapah merupakan salah satu hewan yang memakan tumbuhan untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Jerapah di habitat alaminya biasanya memakan daun yang ada di pohon. Hal ini mereka lakukan dengan mudah karena mereka memiliki leher yang panjang.

Jantung Jerapah

Jerapah memiliki jantung yang tidak biasa. Jerapah memiliki jantung dengan bobot hingga 10 kg dan dengan panjang sekitar 61 cm. Alasan jerapah memiliki jantung yang besar adalah untuk menghasilkan tekanan darah yang besar sehingga darah dapat melewati leher dan kepala yang memiliki tekanan yang lebih besar.

Habitat Jerapah

Jerapah merupakan salah satu hewan yang memiliki ciri ciri habitat di daratan terbuka yang kering dan memiliki tempat yang luas, seperti padang rumput sampai padang safana. Hal ini di karenakan jerapah memiliki tubuh yang tinggi besar, sehingga membutuhkan habitat yang sesuai dengan ukuran tubuhnya. Salah satu habitat jerapah ada di daerah Chad sampai Afrika Selatan.

Jenis Jenis Jerapah

Hewan afrika, jerapah, zebra, kijang
pixabay.com

Menurut penelitian yang dilakukan oleh GCF di benua Afrika terdapat empat jenis jerapah. Dua spesies diantaranya memiliki sub spesies. Berikut beberapa spesies dan sub spesies dari jerapah.

Southern Giraffe (Jerapah Selatan)Giraffa giraffa
    Angolan Giraffe (Jerapah Angola)G. g. angolensis
    South African giraffe (Jerapah Afrika Selatan)G. g. giraffa
Northern giraffe (Jerapah Utara)Giraffa camelopardalis
    Nubian giraffe (Jerapah Nubia)G. c. camelopardalis
    Kordofan giraffe (Jerapah KordofaG. c. antiquorum
    West African giraffe (Jerapah Afrika Barat)G. c. peralta
Reticulated giraffeGiraffa reticulata
Masai giraffeGiraffa tippelskirchi

Southern Giraffe (Jerapah Selatan)

Angolan Giraffe (Jerapah Angola)

jerapah angola, jenis jerapah
commons.wikimedia.org

Jenis jerapah yang pertama adalah jerapah angola. Jerapah angola disebut juga dengan jerapah namibia dan memiliki nama latin Giraffa giraffa angolensis. Jerapah angola adalah subspesies yang ditemukan di Namibia Utara, Bostwana, Zimbabwe Barat, dan Zambia Barat.

Ciri dari jerapah angola ini adalah bercak cokelat besar dengan ujung-ujung yang agak berlekuk. Pola bercak ini terletak memanjang di seluruh kaki, namun bukan terletak di bagian atas wajah.

South African Giraffe (Jerapah Afrika Selatan)

jerapah afrika selatan
thesouthafrican.com

Selanjutnya adalah Jerapah Afrika Selatan. Jerapah Afrika Selatan juga merupakan salah satu sub spesies dari Jerapah selatan. Mereka memiliki habitat di daerah Afrika Selatan, Namibia, Botswana, Hingga Mozambik.

Ciri Jerapah ini adalah pola bintik pada tubuhnya yang berbentuk bulat, pola ini ada di seluruh tubuh jerapah sampai di kaki dekat kuku. Terakhir kali dilakukan penelitian populasi jerapah ini pada tahun 2016 adalah sekitar 31.500 ekor di alam liar.

Nothern giraffe (Jerapah Utara)

Nubian Giraffe (Jerapah Nubia)

Jerapah Nubia
flickr.com

Jerapah Nubia adalah jerapah yang merupakan subspesies dar Jerapah Utara. Jerapah jenis ini memiliki ciri ciri bintik yang berwarna coklat yang sangat tajam yang dikelilingi oleh garis putih.

Jerapah jenis ini dapat ditemukan di Ethiopia, Kenya, Uganda, Sudan Selatan hingga Sudan.

Sebelumnya jerapah jenis ini dapat ditemukan di Demokratik Kongo, Mesir, dan Eritrea, namun saat ini sudah punah. Jerapah Nubia ini saat ini termasuk ke dalam hewan yang terancam yang ditetapkan oleh IUCN pada tahun 2016.

Kordofan Giraffe (Jerapah Kordofa)

Jerapah Kordofa
bristolzoo.org.uk

Subspesies Jerapah Utara selanjutnya adalah Jerapah Kordofa. Jerapah Kordofa adalah subspesies jerapah utara yang di temukan di Kamerun Utara, Chad Selatan, Republik Afrika Tengah, dan Sudan Barat.

Dibandingkan jerapah lainnya jerapah kordofa relatif lebih kecil dan berukuran sekitar 5 hingga 6 meter. Mereka memiliki pola bintik yang lebih tidak teratur.

Di alam liar saat ini hanya ada 2000 jerapah jenis ini. Hal ini disebabkan karena di alam liar mereka diburu untuk diambil kulit dan dagingnya.

West African Giraffe (Jerapah Afrika Barat)

Jerapah Afrika Barat
giraffeworlds.com

Yang ketiga dari sub spesies jerapah utara adalah Jerapah Afrika Barat atau biasa disebut jerapah nigeria dan memiliki nama latin Giraffa camelopardalis peralta. Mereka memiliki ciri bintik pada tubuhnya yang berwarna lebih terang.

Reticulated Giraffe (Jerapah Somalia)

Jerapah Somalia
mpalalive.org

Selanjutnya adalah jerapah spesies retikulated giraffe atau yang biasa disebut Jerapah Somalia yang memiliki nama latin Giraffa camelopardalis reticulata. Jerapah spesies ini memiliki habitat asli di Somalia, Etiophia Selatan, dan di Kenya bagian utara.

Jerapah jenis ini memiliki ciri ciri pola bintik pada tubuhnya besar, berbentuk poligonal, dan berwarna hati yang dikelilingi oleh garis putih terang.

Masai giraffe (Jerapah Masai)

Jerapah Masai
flickr.com

Yang Terakhir adalah jerapah spesies jerapah masai atau jerapah Kilimanjaro yang memiliki nama latin Giraffa tippelskirchi. Jenis jerapah masai adalah subspesies jerapah yang memiliki ukuran paling besar diantara jerapah lainnya.

Jerapah masai berasal dari Afrika Timur dan dapat ditemukan di Kenya Tengah dan Tanzania. Ciri pola bintik pada jerapah ini ialah bintik bercak yang tidak beraturan, bergerigi seperti binatang.

Sekian artikel informasi mengenai jerapah. Semoga bermanfaat.

Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.