✓ Cara Mencangkok Pohon Mangga agar (Hasil Maksimal)

Cara mencangkok pohon mangga

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai bagaimana teknik atau cara mencangkok pohon mangga. Bagian tanaman mangga yang dicangkok adalah dahan batangnya.

Mencangkok merupakan salah satu cara yang digunakan untuk memperbanyak atau membiakkan tanaman. Mencangkok ini juga biasa dikenal dengan istilah vegetatif buatan. Kelebihan dari teknik mencangkok adalah sifat atau karakteristik tanaman hasil cangkok akan sama dengan sifat atau karakteristik induk yang di cangkok.

Untuk mencangkok tanaman, ada syarat yang harus dimiliki tanaman tersebut. Salah satunya adalah tumbuhan dikotil. Salah satunya adalah tanaman mangga ini. Hal ini karena ciri ciri pohon mangga mempunyai biji dikotil atau berkeping dua.

Baca Juga: Cara Membuat Pupuk Organik (Berkualitas)

Keuntungan Mencangkok Tanaman

keuntungan mencangkok tanaman
gardenerdy.com

Ada beberapa keuntungan dari mencangkok Tanaman, berikut beberapa kelebihannya.

Sifat Sama dengan Induknya

Kelebihan yang pertama adalah hasil tanaman yang di cangkok adalah memiliki sifat atau karakteristik yang sama dengan induknya. Jika induk mempunyai sifat buah manis dan hasil yang banyak maka hasil cangkokan akan memiliki sifat yang sama.

Lebih Cepat Berbuah

Selain memiliki sifat yang sama dengan induknya tanaman yang di cangkok juga akan lebih cepat berbuah dari pada tanaman yang di kembang biak kan dari biji. Hal ini dikarenakan tanaman hasil cangkok berasal dari tanaman yang sudah pernah berbuah dan batang yang sudah tua.

Tanaman Tidak Terlalu Tinggi

Kelebihan yang ketiga adalah tanaman hasil cangkok tidak akan terlalu tinggi. Biasanya tanaman hasil cangkok tidak akan memiliki tinggi lebih dari tanaman yang di kembang biak kan dengan biji atau secara generatif. Tentunya hal ini akan lebih memudahkan ketika masa pemanenan.

Keberhasilan Lumayan Tinggi

Kelebihan dari mencangkok tanaman yang terakhir adalah keberhasilan pembudidayaan akan tinggi. hal ini karena ketiga keuntungan lain didapat sehingga pembudidayaan akan lebih cepat dan lebih tinggi keberhasilannya.

Baca Juga: Cara Menanam Pohon Bidara (Tumbuh Lebat)

Kekurangan Tanaman Cangkok

Kekurangan mencangkok tanaman
gregalder.com

Walaupun memiliki berbagai macam kelebihan, namun dalam mencangkok tanaman juga terdapat kekurangannya. Berikut kekurangan mencangkok tanaman.

Tanaman Mudah Roboh

Kekurangan yang pertama dari mencangkok adalah tanaman yang ditanam mudah roboh. hal ini disebabkan karena akar tanaman tidak akan sekuat tanaman yang di tanam dengan biji atau secara generatif.

Tidak Tahan Kering

Yang kedua adalah tanaman tidak akan tahan pada kekeringan pada musim kemarau. Untuk mencegahnya bisa dilakukan penyiraman secara rutin supaya tanaman tidak mati.

Jumlah Cangkokan Terbatas

Walaupun memiliki kelebihan cepat berbuah anda tidak bisa mencangkok melebihi batas yang sudah ditentukan dari satu pohon yang menjadi induk. Sehingga anda tidak bisa memperbanyak tanaman jika hanya memiliki satu pohon induk saja.

Baca Juga: Cara Menanam Hidroponik untuk Pemula (Mudah)

Cara Mencangkok Pohon Mangga

Cara mencangkok pohon mangga
amazon.in

Nah sekarang masuk ke penjelasan intinya, yaitu bagaimana cara mencangkok pohon mangga. Namun sebelum masuk ke dalam pembahasan mengenai cara mencangkok pohon mangga, ada ciri yang harus diperhatikan untuk memilih induk pohon mangga yang akan di cangkok agar hasil yang didapat maksimal. diantaranya adalah :

  • Induk yang bagus dan produktif, ciri yang pertama adalah memilih induk yang produktif agar hasil cangkokan bagus. karena hasil cangkokan memiliki sifat yang sama dengan induk yang dicangkok.
  • Batang yang kuat dan tidak lecet, Selanjutnya adalah batang kuat dan tidak lecet atau tidak ada luka pada kulit batang. Hal ini dimaksudkan agar hasil yang didapat bisa maksimal.

Itulah ciri ciri pohon mangga yang bagus untuk di cangkok. Sekarang lanjut ke cara mencangkok pohon mangga.

Alat dan bahan

Berikut alat dan bahan untuk mencangkok pohon mangga.

  • Pisau
  • Gunting
  • Kompos
  • Pupuk kandang
  • Tali rafia
  • plastik bening / sabut kelapa atau ijuk sebagai media untuk membalut

Proses Pencangkokan Pohon Mangga

Berikut proses pencangkokan pohon mangga.

  1. Pilihlah pohon mangga yang akan di cangkok terlebih dahulu. Pilih dahan batang pohon mangga yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda yang memiliki ukuran sekitar 120 cm. Jika ada yang berbunga, pilihlah yang sudah berbunga.
  2. Jika sudah mendapatkannya sayat dan kupas bagian kulit dari pangkal dahan batang yang akan di cangkok. Sayat dengan panjang antara 5 cm sampai 10 cm. untuk lebarnya 5 cm.
  3. Bersihkan dahan batang yang sudah di sayat sampai tidak ada lendir atau kambium yang tersisa. Hal ini dilakukan agar luka tersebut tidak tertutup kembali oleh kambium.
  4. Setelah memang benar benar bersih anda bisa memberikan zat perangsang tumbuh terlebih dahulu agar akar cepat tumbuh dan setelah itu berikan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kompos dan pupuk kandang. Pastikan semua batang yang disayat tertutup tanah dengan sempurna.
  5. Bungkus menggunakan media untuk membalut yang sudah disiapkan dan ikat menggunakan tali rafia sampai benar benar terikat dengan kencang di kedua ujungnya.
  6. Berikan lubang pada media pembalut dengan menusuk media tersebut. Lakukan penyiraman pada batang yang sudah ditutup dengan media secara rutin.
  7. Setelah 3 sampai 4 bulan akar akan tumbuh dan anda bisa melepas media pembalut dengan hati hati.
  8. potong daun dan ranting kecil yang tumbuh agar tidak mempengaruhi hasil cangkokan.
  9. tanam ke dalam polibag terlebih dahulu sampai daun dan ranting tumbuh dengan sempurna sebelum menanam langsung ke tanah atau media lain.

Nah itulah cara untuk mencangkok pohon mangga agar hasil yang didapatkan maksimal dan agar cepat tumbuh akarnya. Cukup sampai disini artikel kali ini sampai jumpa di artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.