Cara Menanam Pohon Bidara dan Jenis Bidara [Lengkap]

Cara Menanam Pohon Bidara

Bidara memiliki berbagai manfaat yang sangat berkhasiat, tentunya anda ingin menanam sendiri pohon bidara ini. Selain dari membeli bibitnya langsung, anda bisa menanam mulai dari biji maupun dengan cara stek. Cara menanam pohon bidara ini juga cukup mudah. Silahkan geser ke bawah.

Bidara merupakan salah satu tanaman yang memiliki berbagai macam manfaat yang sangat berkhasiat, salah satunya yang terkenal adalah dapat mengatasi gangguan jin dan sihir.

Namun sebelum memulai pembahasan mengenai cara menanam pohon bidara. Ada baiknya jika anda mengetahui apa saja jenis pohon bidara dan bagaimana karakteristik atau ciri ciri dari pohon bidara.

Ciri Ciri dan Jenis Pohon Bidara

Untuk pohon bidara sendiri ada beberapa jenis diantaranya ada 5 jenis, yaitu upas, bidara cina, bidara sidr, bidara laut, dan putsa.

Bidara Upas

Pohon Bidara Upas
bukalapak.com

Jenis pohon bidara yang pertama adalah jenis upas. Tempat tumbuh bidara upas ini biasanya adalah di daerah yang dekat dengan hutan, ladang, pekarangan rumah dan beberapa tempat lainnya.

Untuk ciri ciri dari bidara upas ini adalah mempunyai umbi seperti kentang, Tingginya dapat mencapai ukuran 3 sampai 6 meter. Bentuk daunnya membulat seperti telut dan memiliki pangkal berbentuk hati.

Bagian yang digunakan dari jenis bidara ini adalah getah dan umbinya.

Bidara Cina

Bidara cina
bukalapak.com

Selanjutnya adalah bidara cina. Bidara ini merupakan bidara yang berbentuk menyerupai pohon kecil atau semak. Bidara jenis ini biasanya dapat tumbuh dengan ketinggian 5 sampai 10 meter dan memiliki cabang yang berduri. Bentuk daunnya bulat agak memanjang dan berwarna hijau mengkilap.

Bidara cina ini juga memiliki buah yang memiliki bentuk oval dan dapat dikonsumsi. Buah bidara cina jika belum matang berwarna hijau, namun jika sudah matang akan berwarna kecoklatan dan memiliki keriptu, sehingga tampak seperti kurma kecil.

Bidara Sidr (Bidara Arab)

Cara menanam pohon bidara
garden.org

Yang ketiga adalah bidara sidr atau bidara arab. Bidara jenis ini merupakan bidara yang biasa digunakan untuk mengatasi berbagai macam gangguan jin dan sihir.

Bidara arab ini mempunyai ciri ciri dapat tumbuh dengan tinggi antara 5 sampai 15 meter dengan ranting bercabag dan tak beraturan. warna daunnya selalu hijau dan terdapat duri di rantingnya.

Bidara sidr ini juga disebutkan dalam Al Qur’an, tepatnya pada surat Saba’ dan surat Al Waqi’ah

Surat Saba ayat 16,

فَأَعْرَضُوا فَأَرْسَلْنَا عَلَيْهِمْ سَيْلَ الْعَرِمِ وَبَدَّلْنَاهُمْ بِجَنَّتَيْهِمْ جَنَّتَيْنِ ذَوَاتَيْ أُكُلٍ خَمْطٍ وَأَثْلٍ وَشَيْءٍ مِنْ سِدْرٍ قَلِيلٍ

yang artinya:
”Kami ganti kedua kebun mereka dengan dua kebun yang ditumbuhi (pohon-pohon) yang berbuah pahit, pohon Atsl dan sedikit dari pohon sidr (bidara).”
(Q.S. As-Saba: 16).

Surat Al-Waqiah ayat 27-28

وَأَصْحَابُ الْيَمِينِ مَا أَصْحَابُ الْيَمِينِ. فِي سِدْرٍ مَخْضُودٍ

yang artinya:
“Dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu. Berada diantara pohon bidara yang tidak berduri.
(Q.S. Al-Waqiah: 27-28).

Bidara Laut

Bidara Laut
pondolandcrew.blogspot.com

Seperti namanya bidara laut biasanya dapat ditemui di pinggir pinggir laut atau daerah pesisir pantai. Jenis bidara ini adalah jenis bidara penghasil buah.

Buah dari bidara ini memiliki rasa asam dan berwarna kuning walaupun sudah tua. Untuk pohonnya sendiri memiliki duri yang lebih besar daripada bidara arab atau sidr.

Putsa

Putsa
healthyt1ps.com

Jenis yang terakhir adalah putsa atau juga bisa disebut sebagai apel india. Jika dilihat dari nama latinnya yang bersumber dari wikipedia, sebenarnya putsa tidak termasuk bidara.

Namun masuk ke dalam jenis buah pir, tetapi jika dilihat dari bentuknya, putsa mirip dengan bidara cina. Buah dari pohon putsa ini adalah sebesar apel dan memiliki rasa yang manis.

Baca Juga : Cara Mencangkok pohon Mangga [Hasil Maksimal]

Cara Menanam Pohon Bidara

cara menanam pohon bidara
flickr.com

Nah setelah anda mengetahui berbagai macam jenis dari pohon bidara, sekarang kita akan membahas bagaimana cara menanam pohon bidara.

Cara Menanam Pohon Bidara dengan Biji

Cara yang pertama adalah menumbuhkan bidara dari biji. Namun untuk menanam pohon bidara terdapat beberapa syarat, yaitu:

  • Ketinggian tidak melebihi 1000 mdpl.
  • Curah hujan serendah rendahnya 300 sampai 400 mm per tahun.
  • Suhu minimum 7 sampai 13°C.

Nah itulah syarat yang harus diperhatikan sebelum menanam pohon bidara agar hasil yang di dapatkan bisa maksimal. Berikut langkah langkah yang dilakukan untuk menanam pohon bidara.

  1. Kumpulkan biji dari buah bidara matang yang berwarna cuklat kemerahan, pastikan tidak ada yang berwarna hijau di ujungnya. kumpulkan 3 atau 4 buah biji yang sekiranya layak.
  2. Potong buah bidara sampai didapatkan biji, bersihkan daging buah yang menempel ke biji.
  3. Rendam biji ke dalam air dan tutup dengan rapat.
  4. Ganti air yang merendam biji setiap hari dan perhatikan apakah sudah mulai tumbuh akar.
  5. Jika sudah mulai tumbuh akarnya, siapkan wadah semai yang dapat ditutup dengan rapat yang beralaskan tisu yang sudah di basahi.
  6. Tutup wadah semai dan ganti air rendaman tisu setiap hari.
  7. Jika akar sudah tumbuh pindahkan benih ke dalam polybag yang sudah diisi dengan tanah dan sekam.

Pemeliharaan Pohon Bidara

Untuk pemeliharaan bidara juga cukup mudah. Bidara yang masih muda diikatkan ke tonggak dan dilakukan pemangkasan agar dapat diperoleh 4 sampai 5 cabang yang bagus yang digunakan sebagai penyangga nantinya.

Siram tanaman yang masih muda secukupnya dan hindarkan dari sinar matahari langsung.

Jika pohon sudah mengeluarkan bunga dari pucuknya, lakukan pemangkasan dan pastikan pucuk pucuk tersebut punya kesuburan yang baik agar menghasilkan buah yang berkualitas.

Ketika pohon bidara sudah mulai berbuah, pastikan agar pohon tersebut tidak kekurangan air. Hal ini dilakukan agar bidara menghasilkan buah yang berkualitas.

Pemanenan Buah Bidara

Pohon bidara tidak dapat dipanen langsung sekali panen. Sehingga untuk memanen bidara diperlukan sampai 4 kali pemanenan.

Jika buah yang diambil masih mentah, pasti akan menimbulkan bau yang tidak sedap dan juga jika buah dipanen ketika terlalu matang, buah akan kurang menarik dari segi warna maupun teksturnya.

Jadi buah harus segera dipanen ketika sudah matang dengan sempurna.

Nah itulah cara menanam pohon bidara agar hasil maksimal didapatkan. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.