✓ Cara Menanam Lidah Buaya untuk Pemula (Mudah)

cara menanam lidah buaya

Tanaman lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang memiliki berbagai manfaat yang biasanya digunakan sebagai alternatif untuk menyembuhkan luka bakar, ketombe, dan lain lain. Sehingga tanaman lidah buaya sangat berpeluang untuk dijadikan bisnis. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menanam lidah buaya agar hasil yang di dapat maksimal.

Jenis Jenis Lidah Buaya

Sebelum masuk ke pembahasan cara menanam lidah buaya, sebaiknya anda harus mengetahui berbagai macam jenis lidah buaya. Berikut beberapa jenis diantaranya.

Aloe Perryl

Aloe Perryl
homeopathyplus.com

Jenis lidah buaya yang pertama adalah jenis Aloe Perryl atau yang memiliki nama lain Socotrine. Jenis lidah buaya ini memiliki bentuk yang cukup unik. Aloe Perryl memiliki bunga yang berwarna kuning yang tumbuh diantara daun daunnya.

Salah satu ciri lidah buaya ini adalah durinya yang berwarna orange kekuning-kuningan. Di Indonesia lidah buaya ini bisa ditemukan di daerah Kalimantan Barat dan oleh masyarakat sekitar biasanya lidah buaya ini disebut dengan lidah buaya Pontianak.

Curacao Aloe

Aloe barbadensis Miller
holisticsiddhascience.wordpress.com

Selanjutnya adalah Jenis lidah buaya jenis Curacao Aloe atau yang biasa disebut Aloe Vera dan memiliki nama latin Aloe barbadensis Miller.

Ciri ciri dari lidah buaya jenis ini adalah bentuknya kecil dan berwarna hijau seperti lidah buaya yang sering kita lihat.

Aloe Ferox atau Cape Aloe

Aloe Ferox
www.researchgate.net

Jenis lidah buaya yang ketiga adalah jenis Aloe Ferox. Jenis lidah buaya ini juga merupakan salah satu jenis lidah buaya yang unik karena memiliki bunga yang berwarna oranye atau kemerahan.

Selain itu lidah buaya jenis ini dapat tumbuh hingga 10 kaki atau dapat mencapai ketinggian 3 meter. Lidah buaya jenis ini menjadi salah satu jenis lidah buaya yang dijadikan untuk bahan kosmetik.

Aloe Ellenbeckii

Aloe Ellenbeckii
flickr.com

yang terakhir adalah jenis lidah buaya Aloe ellenbeckii. Ciri dari tanaman ini adalah bentuknya yang kecil hanya berkisar antara 30 cm saja. Daunnya berwarna hijau gelap dengan bintik bintik putih kecil pada permukaan daunnya. Lidah buaya ini dapat dikonsumsi karena rasa dari lidah buaya ini tidak pahit.

Nah itu dia beberapa jenis lidah buaya. Namun yang biasa di budidayakan secara komersiil di dunia ada 3 jenis, yaitu lidah buaya Curacao aloe, lidah buaya Cape Aloe, dan lidah buaya Socotrine.

Baca Juga : 5+ Manfaat & Cara Mengolah Lidah Buaya (Lengkap dengan Penjelasan)

Kandungan Lidah Buaya

Dalam lidah buaya sendiri memiliki berbagai macam kandungan, sehingga lidah buaya bisa dimanfaatkan sebagai obat dan bahan untuk produk kecantikan. Berikut beberapa kandungan yang terdapat pada lidah buaya:

  • Vitamin, yaitu vitamin A, B1, B2, B3, B12, C, E, Choline, Inositol dan Folic Acid
  • Mineral, yaitu Kalsium, Magnesium, Potasium, Sodium, Iron, Seng dan Chromium
  • Asam Amino, yaitu Arginin, Aspargin, Aspartat Acid, Analine, Serine, Glutamat, Threonine, Glycine, Phenil alanine, Histidine dan Isoliucine
  • Enzim, yaitu Amylase, Catalase, Cellulose, Carboxypepilase, Carboxyhelulose dan Bradykinase

Cara Menanam Lidah Buaya

Tanpa perlu basa basi lagi, sekarang masuk ke pembahasan intinya yaitu cara menanam lidah buaya. Untuk menanam lidah buaya sendiri ada 2 macam, yaitu dengan cara menanam lidah buaya dari daun dan dengan cara menanam lidah buaya dari anakan.

Cara Menanam Lidah Buaya dari Anakan

cara menanam lidah buaya
pixabay.com

Cara menanam lidah buaya yang pertama adalah dari anakannya. Berbeda dengan cara menanam lidah buaya dari daun, dengan menanam lidah buaya dari anakan lebih mudah. Hal ini dikarenakan anakan lidah buaya sudah memiliki akar, sehingga lebih bisa bertahan hidup dari pada menanam dari daunnya.

Untuk menanam lidah buaya dari anakannya ada beberapa tahapan yang harus dilakukan, yaitu:

  • Pemilihan anakan lidah buaya
  • Persiapan media tanam
  • Penanaman
  • Perawatan

Tahapan tahapan tersebut harus diperhatikan agar hasil yang didapat nanti bisa maksimal. Berikut penjelasan dari tahapan tahapan di atas.

Pemilihan Anakan Lidah Buaya

pemilihan lidah buaya
bestplants.com

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan memilih anakan lidah buaya yang berkualitas. Biasanya anakan lidah buaya ini terletak di samping indukannya. Ukurannya lebih kecil dari induk dan memiliki warna yang lebih cerah.

Berikut beberapa hal yang diperhatikan dalam memilih anakan untuk ditanam kembali.

  • Anakan berukuran seperlima dari indukannya.
  • Pilih anakan di sekitar pangkal indukan.
  • Pilih anakan lidah buaya yang mempunyai minimal 4 daun.

Untuk mengambil anakan lidah buaya ada tekniknya. yaitu:

  1. Keluarkan seluruh tanaman indukan dan anakan dari pot atau media tanam, hal ini dilakukan untuk mempermudah pengambilan anakan.
  2. Bersihkan tanah yang menempel dari akar tanaman.
  3. Pisahkan akar tanaman indukan dengan akar anakan yang melekat, walaupun melekat akar anakan memiliki rangkaian akar sendiri. Usahakan agar akar tidak putus. Bila harus memotong, potong menggunakan pisau yang tajam dan bersih, lalu biarkan sampai luka potongan tersebut mengering untuk menghindari infeksi.
  4. Kembalikan tanaman indukan ke dalam tanah agar tidak mati.

Baca Juga: 15+ Jenis Tanaman Hidroponik (Mudah Dibudidayakan)

Persiapan Media Tanam

Jika anda sudah berhasil untuk memisahkan anakan dari indukannya, selanjutnya adalah menyiapkan media tanam untuk lidah buaya.

Ada beberapa alat dan barang yang harus dipersiapkan untuk mempersiapkan media tanam dari lidah buaya ini, yaitu:

  • Pot atau polybag
  • tanah untuk kaktus( jika tidak ada bisa menggunakan campuran pasir dan tanah dengan perbandingan 1:1
  • Hormon pertumbuhan akar (opsional)

Berikut langkah langkah untuk mempersiapkan media tanam:

  1. Lubangi bagian bawah pot atau polybag untuk mencegah genanagan air, hal ini dikarenakan karena lidah buaya merupakan tanaman yang akan membusuk jika ditanam dengan dengan akar yang tergenang.
  2. Beri kerikil pada bagian dasar media tanam untuk mempermudah air keluar dan agar media tanam tidak tergenang air.
  3. jika sudah diberi lubang dan diberi kerikil, selanjutnya adalah memasukkan tanah untuk kaktus ke dalam media tanam. Jika anda tidak mempunyai tanah untuk kaktus, anda bisa mencampurkan tanah dan pasir dengan perbandingan 1:1.

Penanaman Lidah Buaya

Langkah berikutnya adalah penanaman lidah buaya. Untuk menanam lidah buaya, hampir sama dengan menanam tanaman tanaman lain.

Namun untuk lebih mengoptimalkan pertumbuhan lidah buaya nantinya, anda bisa merendam lidah buaya terlebih dahulu ke dalam hormon pertumbuhan.

Buat lubang pada tanah yang dijadikan media tanam usahakan kedalaman lubang dapat membenamkan sampai seperempat bagian tanaman lidah buaya. Jika sudah tutup akar dengan tanah dan sirami sampai tanah menjadi basah namun tidak tergenang.

Baca juga: Cara Menanam Hidroponik untuk Pemula (Mudah)

Perawatan Lidah Buaya

perawatan lidah buaya
unsplash.com

Yang terakhir adalah perawatan lidah buaya. Untuk perawatannya, usahakan lidah buaya ditempatkan di tempat yang cerah atau pada tempat yang terkena sinar matahari.

Tanaman lidah buaya hanya perlu disiram ketika tanah sudah benar benar kering, hal ini dikarenakan habitat asli lidah buaya adalah daerah yang kering.

Anda bisa menambahkan pupuk setiap setahun sekali. Untuk pupuknya juga harus berbahan dasar air dan mengandung banyak fosfor.

Nah itulah cara menanam lidah buaya dari anakannya. Mungkin anda bisa mencoba menanamnya sendiri di rumah. Sampai jumpa dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.