Cara Menanam Hidroponik Mudah untuk Pemula (Hasil Maksimal)

cara menanam hidroponik

Ada beberapa cara dalam menanam tanaman salah satunya adalah dengan hidroponik. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai cara menanam hidroponik supaya hasil yang didapat berlimpah.

Sayuran merupakan salah satu bahan makanan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Sehingga dengan menanam sayuran dapat menjadi peluang bisnis untuk anda.

Apa itu Hidroponik?

Hidroponik adalah
pixabay.com

Menanam hidroponik adalah cara menanam tanaman dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah namun tetap menekankan pemenuhan nutrisi untuk tanaman.

Metode penanaman hidroponik ini merupakan salah satu metode yang sangat ramah lingkungan, karena dalam proses pembudidayaannya tidak perlu menggunakan pestisida maupun obat kimia lain yang beracun.

Selain itu dengan menggunakan metode hidroponik ini anda bisa lebih menghemat penggunaan air daripada menanam tanaman secara konvensional.

Dalam menanam tanaman baik dengan cara konvensional maupun dengan cara hidroponik tuntunya terdapat beberapa kelebihan dan kekurangannya. Sebelum memulai untuk praktek langsung, ada baiknya mengetahui kelebihan dan kekurangan hidroponik ini. Berikut diantaranya:

Kelebihan Hidroponik

kelebihan hidroponik
pixabay.com

Dalam menanam tanaman secara hidroponik, ada beberapa kelebihan yang akan anda dapatkan, yaitu:

  • Tidak membutuhkan tanah, hal ini dikarenakan dalam menanam menggunakan sistem hidroponik hanya menggunakan air, sehingga hasil yang didapatkan lebih bersih daripada metode menanam secara konvensional.
  • Pertumbuhan tanaman lebih cepat, pertumbuhan tanaman juga akan lebih cepat, karena nutrisi yang didapatkan dari tanaman tanaman tersebut akan dapat terserap dengan lebih baik dengan media air yang menjadi media tanamnya.
  • Tenaga yang dibutuhkan lebih sedikit, dengan metode hidroponik anda tidak perlu melakukan pengolahan lahan atau pun hal lain yang dilakukan dengan metode konvensional.
  • Lebih hemat tempat, dengan menggunakan metode hidroponik, anda bisa lebih menghemat tempat, karena di lahan sempit pun anda bisa menggunakan cara hidroponik ini.
  • Penggunaan pupuk lebih efektif.

Itulah beberapa kelebihan yang akan didapat jika anda mulai berkebun menggunakan sistem hidroponik ini. Sebenarnya ada lebih banyak lagi manfaatnya namun saya hanya sebutkan beberapa saja disitu.

Kekurangan Hidroponik

kekurangan hidroponik
pixabay.com

Selain mempunyai kelebihan, sistem penanaman menggunakan metode ini juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya adalah:

  • Modal yang cukup besar, jika anda ingin menggunakan metode hidroponik ini, anda membutuhkan modal yang cukup besar, terutama jika hendak melakukan dalam skala besar, namun sebanding dengan hasil yang akan didapat karena modal akan kembali lebih cepat.
  • Perangkat pemeliharaan masih langka, karena termasuk metode yang baru di Indonesia, peralatan yang digunakan masih tergolong langka.
  • Membutuhkan pengawasan ekstra, karena media yang digunakan berupa air, maka nutrisi yang diberikan harus benar benar di kontrol, terutama kadar pH pada air. Hal ini dilakukan agar hasil yang didapat bisa lebih maksimal.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari cocok tanam menggunakan metode hidroponik ini.

Cara Menanam Hidroponik

cara menanam hidroponik
pixabay.com

Jika sudah mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan dari menanam tanaman secara hidroponik ini sekarang saatnya masuk ke pembahasan bagaimana cara menanam hidroponik agar hasil maksimal.

Cara menanam hidroponik dibagi menjadi beberapa teknik, diantaranya adalah dengan NFT dan WICK. Apa itu NFT dan WICK? simak penjelasan dan langkah langkahnya.

Hidroponik Teknik NFT

Cara menanam hidroponik yang pertama adalah dengan teknik NFT. NFT adalah suatu metode pembudidayaan tanaman dengan akar tumbuh pada lapisan nutrisi yang dangkal dan tersirkulasi sehingga mendapatkan air, nutrisi, dan oksigen yang cukup. Intinya adalah memanfaatkan aliran air untuk memenuhi nutrisi tanaman.

Contoh gambarnya seperti di bawah ini.

teknik hidroponik nft
klinikhidroponik.com

Cara menanamnya juga cukup mudah, yaitu dengan:

  1. menyiapkan bahan, seperti pipa, talang, dan pompa.
  2. Melubangi pipa untuk media tumbuh tanaman, usahakan jarak satu lubang dengan lubang yang lain sama.
  3. Susunlah pipa atau talang yang sudah dilubangi.
  4. pasang penampung untuk menampung air pada ujung pipa yang lebih rendah.
  5. Berikan pompa ke penampung air agar air dapat dipompa kembali.

Seperti itulah langkah langkah untuk membuat hidroponik dengan teknik NFT atau air mengalir. Dengan cara ini akar tanaman yang telah anda tanam akan mendapatkan nutrisi, oksigen, dan air secara baik dan tercukupi.

Hidroponik Teknik WICK

Selanjutnya adalah menanam hidroponik dengan teknik WICK. Daripada cara pertama tadi, cara ini tergolong lebih sederhana dan lebih menghemat biaya. Hal ini karena dengan teknik ini anda tidak perlu menggunakan pompa untuk membuat aliran air.

Sehingga jika anda ingin menanam tanaman untuk dikonsumsi sendiri di rumah bisa menggunakan cara ini. Bahan bahan yang digunakan juga mudah untuk didapatkan.

cara menanam hidroponik WICK
petaniindo.com

Berikut langkah dan cara untuk membuatnya.

  1. Persiapkan bahan dan alat yang akan digunakan, seperti botol bekas dan peralatan untuk memotong.
  2. Potong botol menjadi 2 bagian.
  3. Lubangi bagian tutup botol.
  4. Berikan kain flanel atau sumbu kompor atau barang lain yang dapat digunakan untuk menyerap air nutrisi
  5. Masukkan bagian atas botol yang sudah dilubangi ke botol yang satunya dengan moncong botol menghadap ke bawah.
  6. Tanam bibit yang sudah disiapkan pada bagian atas botol.
  7. Isi bagian bawah botol dengan air nutrisi.

Untuk penggantian nutrisi, pastikan agar nutrisi pada air benar benar akan habis. Untuk pembuatan nutrisinya anda bisa mencampurkan air dengan nutrisi, kemudian ukur dengan tds meter untuk mendapat ppm yang pas untuk tanaman yang anda tanam.

Cara menanam hidroponik ini cukup mudah untuk praktek sendiri di rumah. Selain itu anda dapat menghemat waktu dan tempat anda karena tidak perlu menyiram tanaman hidroponik.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.