4 Cara Menanam Bunga Matahari agar [Hasil Maksimal]

cara menanam bunga matahari

Siapa yang tidak kenal dengan bunga yang satu ini, ya benar sekali, bunga matahari. Bunga matahari meruoakan salah satu bunga semusim yang dapat ditanam di daerah yang memiliki iklim tropis. Berikut cara menanam bunga matahari agar hasil yang didapat maksimal

Ciri Ciri Bunga Matahari

ciri ciri bunga matahari
pixabay.com

Bunga matahari ini memiliki nama latin dan juga tanaman yang satu ini termasuk ke dalam kelompok suku tanaman kenikir kenikiran.

Bunga matahari memiliki beberapa macam ciri ciri yang mudah untuk dikenali dan tentunya bisa anda bedakan walaupun anda sebelumnya belum mengetahui bagaimana bentuk bunga matahari aslinya.

Berikut ciri ciri bunga matahari:

  • Memiliki daun tangkai berukuran besar
  • Kelopak bunga besar dan berwarna kuning terang
  • Tinggi sekitar 1 sampai 3 meter
  • Memiliki daun tunggal berbentuk hati

Salah satu ciri yang unik dari bunga matahari ini adalah sifat atau perilaku bunga matahari yang selalu menghadap ke arah matahari.

Produk yang dapat dimanfaatkan dari bunga hias yang satu ini adalah minyak dan juga bijinya yang bisa digunakan untuk konsumsi, terutama untuk anda yang sedang menjalankan diet.

Biji bunga matahari ini juga biasa disebut dengan kuaci. Cirinya adalah biji berwarna coklat dengan garis hitam dan putih berselang seling. Nah, dengan biji ini anda juga bisa mengembang biakan bunga matahari ini.

Baca Juga: Cara Menanam Pohon Bidara [Mudah]

Jenis Jenis Bunga Matahari

Namun sebelum anda masuk ke pembahasan bagaimana cara menanam bunga matahari, lebih baik anda baca terlebih dahulu berbagai macam jenis bunga matahari untuk mengetahui bunga matahari apa yang anda tanam.

1. Giant Sungold

giant sungold
www.godsgrowinggarden.com

Jenis bunga matahari yang pertama adalah Giant Sungold. Bunga matahari jenis ini merupakan salah satu jenis yang memiliki ukuran yang besar, yaitu dengan tinggi sekitar 1 meter dan ukuran bunga dengan diameter sekitar 15 cm.

2. Teddy Bear

teddy bear sunflower
bagh.pk

Selanjutnya adalah bunga jenis Teddy Bear yang menjadi salah satu jenis bunga matahari yang banyak diminati. Ciri cirinya adalah diameter bunga dapat mencapai ukuran 17 cm dan tinggi rata rata sekitar 80 cm sehingga sangat cocok jika bunga matahari jenis ini dijadikan sebagai bunga hias di halaman rumah.

3. Big Smile

big smile sunflower
pixabay.com

Yang ketiga adalah jenis Big Smile. Bertolak belakang dengan namanya “Big” yang memiliki arti besar, bunga ini justru tergolong bunga matahari yang memiliki ukuran kecil. Untuk ukurannya sendiri jenis ini memuliki ukuran tinggi sekitar 40 cm dan diameter bunga sekitar 10 cm.

Sehingga bunga matahari jenis ini pas jika ditanam di dalam pot, tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil.

4. Earthwalker

earthwalker sunflower
www.flickr.com

Berbeda dengan bunga matahari jenis lain, bunga matahari yang bernama Earthwalker ini tergolong unik. Jika bunga matahari jenis lain berwarna kuning terang bunga jenis ini berwarna orange kecoklatan.

5. Fiesta del Sol

fiesta del sol mexican sunflower
3.bp.blogspot.com

Selain jenis sebelumnya jenis ini juga memiliki warna unik yaitu merah cerah dan sedikit warna orange. Unruk ukuran tinggi dari jenis ini adalah sekitar 80 cm dan dengan diameter bunga sekitar 10 cm.

6. Moonwalker

moonwalker sunflower
sunflower.tips

Jenis bunga matahari yang ke enam ini juga termasuk cukup besar. Hal ini dikarenakan bunga jenis ini memiliki tinggi ukuran 1,7 meter bahkan lebih dan ukuran dari bunganya adalah sekitar 15 cm.

Warna bunga matahari jenis Moonwalker ini adalah kuning muda atau kuning kepucatan. namun bunga ini masih terlihat indah.

Cara Menanam Bunga Matahari

Sekarang masuk ke pembahasan inti dari artikel ini, yaitu bagaimana cara menanam bunga matahari. Oke, untuk menanam bunga matahari ada beberapa tahapan yang dapat anda praktekan sendiri di rumah anda, yaitu:

  1. Pemilihan Bibit
  2. Penyemaian Bibit
  3. Penanaman bunga matahari
  4. Dan perawatan bunga matahari

Nah, disitu ada 4 tahap cara menanam bunga matahari agar hasil yang didapatkan maksimal. Namun sebelum masuk ke pembahasan tahapan tahapan tersebut ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar hasil bunga bisa bagus nantinya.

  • Tanamlah bunga matahari pada daerah yang terkena sinar matahari langsung
  • Bisa ditanam di dataran tinggi maupun dataran rendah, namun dataran rendah adalah lokasi yang paling cocok untuk bunga yang satu ini.
  • Pastikan tanah untuk tumbuh bunga ini tidak tergenang air, agar akar dari bunga matahari tidak membusuk.

Selanjutnya saya akan bahas satu per satu dari tahapan tahapan yang sudah saya sebutkan diatas tadi.

Pemilihan Bibit Bunga Matahari

bibit bunga matahari
pixabay.com

Seperti yang sudah saya jelaskan tadi, sebelum anda memilih bibit tentukan dulu apa jenis bibit yang akan anda tanam. Setelah itu baru pilih bibit yang berkualitas.

Untuk memilih bibit yang berkualitas dari induk, ada beberapa ciri cirinya, yaitu:

  1. Pilih induk bibit yang memiliki ukuran antara 1 hingga 3 meter
  2. Induk bibit memiliki batang yang basah
  3. Daun bunga berbentuk hati
  4. Bunga yang dihasilkan berukuran besar dan berbentuk seperti cawan
  5. Bunga berwarna kuning terang
  6. Memiliki biji di tengah bunga

Itulah beberapa ciri ciri bibit yang nantinya bisa menghasilkan bunga matahari dengan kualitas yang bagus.

Penyemaian Bunga Matahari

penyemaian bunga matahari
petanirumahan.com

Selanjutnya adalah tahap penyemaian bunga matahari. pada tahap ini anda dapat melakukan penyemaian bibit bunga matahari pada media tanam dengan tempat berupa baki semai atau polybag. Media tanamnya sendiri adalah campuran dari tanah, pupuk kompos dan arang sekam dengan perbandingan campuran 1:1:1.

Sebelum menebar benih ke media tanam lebih baik siram media tanam dengan air secukupnya, baru kemudian anda dapat menebar benih ke dalam media tanam yang sudah anda siapkan. Tanam benih sekitar 0,5 cm ke media tanam.

Untuk mendapatkan benih semai yang maksimal anda harus rutin menyiram media tanam agar kondisinya tetap lembab dan jika tempat menyemai anda berada di luar ruangan, usahakan agar benih tidak terkena hujan secara langsung.

Penanaman Bunga Matahari

penanaman bunga matahari
id.lovepik.com

Setelah benih sudah tumbuh, maka benih tersebut siap ditanam ke media yang lebih besar. Caranya juga cukup mudah, hanya dengan memindahkan benih bunga matahari ke tempat lain seperti pada polybag, pot, atau langsung ditanam di tanah.

Ada beberapa tips untuk memindahkan benih dari tempat semai ke media tanam ini. Yaitu dengan membasahi sedikit tanah pada tempat semai agar bibit lebih mudah untuk dipindahkan dan juga agar tidak merusak akar pada benih yang siap ditanam. Untuk penanaman sendiri, benih bisa ditanam dengan kedalaman sekitar 10 cm.

Perawatan Bunga Matahari

perawatan bunga matahari
pixabay.com

Yang terakhir adalah perawatan bunga matahari. Untuk perawatan bunga matahari cukup mudah. Bunga matahari tergolong tanaman yang membutuhkan air yang cukup banyak, sehingga anda dapat melakukan penyiraman bunga dua kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari.

Selain itu agar bunga matahari lebih cepat tumbuh anda bisa menambahkan pupuk ketika bunga matahari sudah mencapai usia sekitar 2 bulan.

Nah itulah cara untuk menanam bunga matahari yang tentunya mudah untuk dipraktekan sendiri di rumah. Jika ada pertanyaan bisa komentar di bawah. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.