✓ Cara Membuat Pupuk Organik yang Baik dan Berkualitas

cara membuat pupuk organik

Bagi anda yang memiliki hobi bercocok tanam pastinya anda pernah menggunakan pupuk untuk memberi nutrisi tambahan untuk tanaman, baik pupuk organik maupun pupuk kimia. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara membuat pupuk organik.

Baca Juga: Cara Menanam Durian & 5 Jenis Durian (Paling Laku di Pasaran)

Apa itu Pupuk?

cara membuat pupuk organik
http://feelgrafix.com

Apa itu pupuk? Menurut pengertian secara umum pupuk adalah material organik maupun anorganik yang mengandung zat hara untuk ditambahkan ke media tanam untuk mencukupi atau menambahkan nutrisi yang di butuhkan tanaman agar pertumbuhan tanaman maksimal.

Dalam pembagiannya pupuk dibagi menjadi beberapa macam, namun kali ini saya akan membahas mengenai pupuk organik.

Pupuk organik adalah pupuk yang di dalamnya terdiri dari berbagai macam zat yang berasal dari materi makhluk hidup, seperti sisa tanaman, hewan, bahkan manusia.

Ada beberapa jenis pupuk organik yang dibuat dari berbagai macam bahan dari makhluk hidup, diantaranya adalah.

  • Pupuk Kandang
  • Pupuk Hijau
  • Pupuk Kompos
  • Humus
  • Dan Pupuk organik buatan

Dalam kesempatan kali ini, saya akan membahas beberapa cara untuk membuat pupuk organik tersebut. Yang mungkin anda bisa manfaatkan untuk menjadi bisnis anda nantinya.

Namun jika berbicara mengenai bisnis tentunya tidak lengkap jika anda tidak mempunyai brand sendiri. Selain itu jika anda memiliki brand yang bagus, namun tidak memiliki logo yang menarik maka ada yang kurang dari brand anda.

Nah jika anda berminat untuk membuat logo yang bagus anda bisa mengunjungi situs jasa logo design. Disana anda akan mendapatkan logo yang anda inginkan dengan budget yang terjangkau.

Cara Membuat Pupuk Organik

Jika anda sudah mengetahui berbagai macam pupuk organik, tentunya anda sudah tau apa pupuk organik yang ingin anda buat. Berikut cara membuatnya.

Pupuk Kandang

pupuk kandang
modernfarmer.com

Yang pertama adalah bagaimana cara membuat pupuk kandang. Pupuk kandang merupakan pupuk yang dibuat dari bahan yang berasal dari kandang ternak baik yang berwujud padat (seperti kotoran ternak) maupun yang berwujud cair (urine ternak).

Terdapat 2 macam jenis pupuk kandang, yaitu pupuk kandang padat dan pupuk kandang cair.

Selain itu pupuk kandang juga dibagi lagi berdasarkan panas dan dingin. Maksud dari pupuk kandang panas adalah penguraian pupuk akan berjalan cepat sehingga akan menimbulkan panas, sedangkan pupuk kandang dingin akan penguraiannya akan berjalan lambat.

Kotoran hewan yang tergolong kedalam pupuk kandang panas adalah kotoran kuda, kambing, dan domba. Sedangkan pupuk kandang dingin adalah sapi, kerbau, dan ayam.

Berikut langkah langkah atau tahapan untuk membuat pupuk kandang yang baik dan benar.

  1. Langkah pertama adalah Dekomposisi bahan yang akan dijadikan pupuk kandang. dekomposisi adalah proses penguraian zat yang terdapat di dalam kotoran ternak menjadi at yang dapat diserap tanaman.
  2. Selanjutnya adalah pengeringan. Proses ini dapat dilakukan di bawah sinar matahari dan juga dengan menggunakan alat pengering jika anda mempunyai modal lebih. Pengeringan dilakukan untuk mengurangi kadar air sampai 30%.
  3. Pengayaan dilakukan untuk membuang bagian dari pupuk kandang yang kasar, sehingga nantinya yang tersisa adalah pupuk yang halus.
  4. Membersihkan tanaman pengganggu. Dalam bahan yang digunakan untuk pupuk kandang, tidak jarang terdapat benih benih tanaman yang terbawa. Untuk membersihkan benih benih tersebut bisa mencampurkan dengan polaris
  5. Pengemasan. Tahap ini dapat anda lakukan agar proses distribusi lebih mudah. Jika nantinya akan digunakan sendiri atau diperjual belikan.

Itulah cara untuk membuat pupuk kandang. Pupuk tersebut siap digunakan jika penguraian oleh mikroba selesai atau panas pada pupuk sudah tidak ada lagi.

Baca Juga: Cara Menanam Hidroponik untuk Pemula (Mudah)

Pupuk Hijau

cara membuat pupuk kandang
modernfarmer.com

Jika pupuk kandang dibuat dari sisa sisa yang terdapat pada kandang ternak. Pupuk hijau dibuat dari sisa sisa tumbuhan seperti daun daun kering sampai sisa sampah dapur yang berupa sayur maupun buah.

Sehingga pupuk hijau ini merupakan salah satu jenis pupuk yang ramah akan lingkungan. Untuk pembuatan pupuk hijau sendiri tergolong mudah. Berikut langkah langkahnya:

  1. Persiapkan bahan bahan yang akan digunakan untuk membuat pupuk hijau. Bahan bahan ini mungkin dapat anda temukan disekitar anda, seperti daun kering atau sampah dapur yang berupa tanaman.
  2. Bersihkan bahan bahan tersebut dari sampah sampah anorganik.
  3. Campurkan bahan bahan tersebut dengan dedak. Anda bisa mendapatkan dedak di toko pertanian maupun toko ternak. Untuk perbandingan bahan pupuk hijau dengan dedak adalah 20:1.
  4. Untuk mempercepat fermentasi siapkan bakteri EM 4 sebanyak 100 ml.
  5. Siapkan gula merah atau gula pasir sebanyak 1/4 kg.
  6. Anda bisa menggunakan air untuk pelarut. Hal ini digunakan untuk mendapatkan tekstur cair dan mempercepat perkembangbiakan bakteri.
  7. Campurkan bahan dan dedak ke dalam wadah drum atau apapun yang digunakan untuk tempat fermentasi dan aduk sampai merata.
  8. Larutkan gula tersebut sampai mencair.
  9. masukkan larutan bakteri dan gula cair ke dalam drum secara bersamaan dan anda bisa memasukkan daun kering untuk menutup larutan tersebut sampai ketinggian 20 cm.
  10. Tutup rapat wadah yang anda gunakan dan biarkan selama 4 hari sampai 1 minggu.
  11. Pupuk hijau bisa digunakan.

Baca Juga: Cara Mencangkok Mangga (Lengkap dengan Penjelasan)

Nah jika anda ingin menggunakan pupuk tersebut dalam bentuk cair anda bisa mencampurkan air sebanyak 500 ml untuk 500 gram pupuk. Itulah bagaimana cara untuk membuat pupuk hijau.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.