5 Jenis dan Cara Makan Kurma Muda (Lebih Nikmat)

cara makan kurma muda

Buah kurma merupakan salah satu buah yang disebutkan dalam Al Qur’an. Buah ini juga memiliki berbagai macam manfaat dan nutrisi yang baik untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk promil. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai bagaimana cara makan kurma muda untuk program hamil dan kesuburan.

Untuk anda yang menjalani promil tentunya tidak asing dengan buah yang satu ini, ya buah kurma. Buah ini memiliki berbagai macam manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Namun apakah anda tahu bagaimana cara mengolah kurma muda ini agar lebih lezat saat di konsumsi. Mungkin anda bisa mencoba beberapa cara makan kurma muda pada artikel ini.

jual kurma muda

Jenis Jenis Kurma

Sebelum anda mengetahui bagaimana cara makan kurma muda, ada baiknya anda mengetahui beberapa jenis kurma yang mungkin nantinya anda konsumsi. Berikut beberapa diantaranya.

Kurma Ajwa

kurma ajwa
palmyradelights.de

Jenis kurma yang pertama adalah jenis kurma ajwa. Kurma ajwa merupakan salah satu kurma yang populer, terutama di Indonesia. Ciri ciri kurma ajwa ini adalah warnanya yang hitam pekat dan memiliki tekstur yang agak kasar.

Rasa dari kurma ajwa ini adalah tidak terlalu manis dibanding kurma biasa, jadi jika anda menemukan kurma ajwa dengan rasa yang sangat manis, maka kurma ajwa itu belum tentu asli. Untuk kisaran harga kurma ajwa ini adalah sekitar 300 ribu sampai 400 ribu per kilo gram.

Kurma Khidri

kurma khidri
bukalapak.com

Selanjutnya adalah kurma khidri. Kurma ini memiliki ciri ciri warna merah tua bertekstur kenyal dan kulit dari kurma ini sedikit kering. Kurma ini memiliki rasa yang tidak terlalu manis.

Selain itu kurma khidri ini memiliki ukuran yang cenderung lebih besar dibanding kurma biasanya. Biasanya kurma ini di gunakan sebagai campuran bersama coklat dan almond.

Kurma Barhi

kurma barhi
joydatesonline.com

Jenis kurma yang ketiga adalah jenis kurma barhi.Salah satu ciri dari kurma barhi adalah buahnya yang memiliki rasa yang sangat manis. jenis kurma ini merupakan salah satu jenis kurma yang bisa dimakan ketika masih muda.

Kurma ini memiliki tekstur yang lembut dan mudah hancur ketika sudah matang. Kurma ini merupakan salah satu kurma yang biasa dimakan ketika berbuka puasa.

Kurma Medjool

kurma medjool
bukalapak.com

Kurma medjool juga merupakan salah satu kurma yang populer di Indonesia. Kurma ini memiliki warna coklat gelap dan berukuran besar. Daging dari kurma ini juga cenderung tebal dan memiliki rasa manis seperti karamel.

Kurma medjool ini biasanya di budidayakan di Maroko, Saudi Arabia, Amerika, dan beberapa negara lain. Kurma ini memiliki harga antara 175 ribu sampai 250 ribu tergantung besarnya.

Kurma Safawi

kurma safawi
instasaver.org

Jenis kurma terakhir yang akan saya jelaskan adalah kurma safawi. Kurma ini berasal dari timur tengah dan merupakan salah satu kurma yang digemari karena jumlahnya banyak dan mudah didapatkan di Madinah.

Ciri dari kurma ini adalah daging buahnya yang tebal dan memiliki rasa manis, sehingga kurma satu ini dapat menjadi asupan untuk menambah energi anda.

Baca Juga : ✓ Cara Makan Buah Plum dan Cara Menyimpannya

Cara Makan Kurma Muda

Kurma muda merupakan buah asal jazirah arab yang dipercaya dapat meningkatkan kesuburan. Dalam kurma muda mengandung lebih sedikit kalori dan gula ketimbang kurma yang sudah tua. Dalam setiap 100 gram kurma tua mengandung 284 kalori, sedangkan dalam kurma muda mengandung 142 kalori.

Namun dibandingkan kurma tua, kurma muda mengandung lebih banyak serat, air, dan protein. Walaupun begitu keduanya memiliki manfaat yang baik bagi tubuh.

Berikut beberapa cara makan kurma muda agar lebih lezat.

Memakan Langsung Kurma Muda

kurma
i1.wp.com

Cara pertama ini termasuk cara yang paling umum, yaitu dengan cara dimakan langsung. Jika anda tidak mau repot anda bisa langsung memakan kurma muda. Rasa kurma muda manis dan memiliki lebih banyak serat daripada kurma biasa.

Dijadikan Bubuk Kurma Muda

bubuk kurma muda
http://butterbeliever.com

Selanjutnya adalah dijadikan bubuk. Kurma muda dapat dijadikan bubuk. Dengan dijadikan bubuk anda bisa lebih mudah mencampurkan bubuk kurma muda dengan makanan kesukaan anda, seperti susu atau jus.

Berikut beberapa cara membuat bubuk kurma muda yang tentunya bisa anda lakukan sendiri di rumah.

  1. Keluarkan biji kurma dari buah kurma dan potong kasar menjadi ukuran yang kebih kecil.
  2. Jemur di bawah sinar matahari selama 5 sampai 10 hari sampai kurma muda benar benar kering dan mudah hancur.
  3. Buah kurma yang sudah di jemur kemudian di blender dengan kecepatan paling rendah sampai seluruh kurma menjadi bubuk.
  4. Serbuk kurma siap untuk digunakan.

Dijadikan Bubur

bubur kurma muda
static1.squarespace.com

Cara makan kurma muda yang ketiga adalah dijadikan bubur. Untuk anda yang sudah bosan memakan kurma muda secara langsung, anda bisa mengolahnya menjadi bubuk. Cara membuatnya juga sederhana, seperti membuat bubur pada umumnya hanya saja ditambahkan kurma untuk menambahkan manfaat yang terkandung dalam kurma muda.

Nah dengan cara ini anda bisa menikmati kurma muda dengan cara yang berbeda dan tentunya bisa menjadi alternatif untuk anda.

Menyeduh Kurma Muda

Kurma muda
doktersehat.com

Selanjutnya adalah dengan cara menyeduh kurma muda yang sudah dijadikan bubuk kurma muda dengan beberapa bahan tambahan. Dengan begitu anda memiliki alternatif lain untuk mengkonsumsi kurma muda.

Cara menyeduh kurma muda adalah menyiapkan kurma muda yang sudah ditumbuk dengan air lemon dan dan susu. Anda bisa mengkonsumsi kurma muda seduh ini pada waktu pagi dan malam sebelum tidur. Pastikan konsumsi kurma muda secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Dicampur dengan Jus Buah

jus kurma
cdn.idntimes.com

Selain beberapa cara di atas. Cara lain yang juga mudah untuk anda coba selanjutnya adalah dengan mencampurkan dengan buah buahan lain, seperti dicampur dengan semangka atau apel.

Dengan mencampurkan kurma muda dengan beberapa buah, tentunya anda akan mendapatkan manfaat yang terkandung dari buah yang anda campurkan dengan kurma muda.

Dicampur dengan Madu

kurma dan madu
i.pinimg.com

Cara yang ketujuh adalah dengan menambahkan madu saat memakan kurma muda. Namun ada yang perlu diperhatikan jika anda ingin mencoba kurma muda dengan madu ini. Madu yang digunakan harus madu murni agar manfaat yang didapat dari madu masih asli.

Nah itulah beberapa jenis dan cara makan kurma muda yang mungkin bisa anda coba sendiri untuk dikonsumsi, untuk menyimpan kurma muda anda bisa menyimpannya di kulkas.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.