3 Tips Menyimpan dan Cara Makan Buah Plum

cara makan buah plum

Cara Makan Buah Plum – Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang buah plum. Mungkin buah ini sedikit asing terdengar oleh anda. Manfaat buah plum ini sangat banyak sekali, salah satunya dapat digunakan untuk diet.

Namun pada artikel kali ini saya tidak akan menjelaskan manfaat dari buah plum. Saat ini saya akan menjelaskan bagaimana cara makan buah plum agar tambah nikmat dan lebih tahan lama disimpan. Untuk lebih lengkapnya geser ke bawah kuy.

Cara Makan Buah Plum

Dimakan Secara Langsung

makan buah plum
youtube.com

Sebenarnya ada banyak sekali cara memakan buah plum. Buah plum bisa di makan langsung tanpa harus mengolahnya. Namun kekurangan dari memakan buah plum langsung adalah anda tidak bisa menyimpan buah plum terlalu lama, karena nanti bisa busuk.

Untuk itu saya akan memberikan tips dan saran supaya anda dapat menyimpan buah plum untuk waktu yang lama agar tidak cepat busuk. Berikut beberapa tipsnya.

Tips Menyimpan Buah plum

1. Bekukan Irisan Buah Plum

irisan buah plum
id.wikihow.com

Cara yang pertama adalah dengan membekukan buah plum. Pastikan buah plum yang akan di simpan dalam keadaan utuh dan pastikan buah plum dalam keadaan masak, karena jika belum masak tidak akan bagus tekstur dan raanya.

Kemudian cuci dan potong buah plum menjadi beberapa bagian. Potong secara vertikal dan jangan terlalu tebal. Letakkan buah plum yang sudah dipotong di atas loyang yang sudah dibungkus plastik. Usahakan tidak ada yang menumpuk, supaya ketika membeku nanti tidak lengket satu dengan yang lainnya.

Langkah terakhir adalah memasukkan buah plum tadi ke dalam freezer. Biasanya buah plum akan mengeras dan tidak lengket lagi jika sudah membeku. Untuk lamanya sendiri sekitar 1 jam. Setelah itu masukkan ke dalam wadah plastik yang kedap udara dan buah plum beku ini dapat bertahan selama kurang lebih 6 bulan.

2. Simpan Plum Dalam Sirup

buah plum sirup
my-homemade-baby-food.blogspot.com

Cara yang kedua adalah dengan menyimpan buah plum ke dalam sirup. Seperti cara yang sebelumnya, pilih buah plum yang sudah masak sempurna. Kemudian buah plum yang sudah masak dikupas kulitnya. Cara mengupas buah plum menggunakan teknik yang sama dengan mengupas tomat.

Selanjutnya memotong buah plum dan memasukkannya ke dalam larutan gula. Larutan gula ini berfungsi untuk mengawetkan buah plum dan meningkatkan rasa buah plum tersebut. Ada beberapa pilihan yang dapat anda lakukan dengan menggunakan cara ini.

  • Sirup ringan – Maksudnya adalah dengan menuangkan campuran 1 gelas gula dengan 3 gelas air yang sudah larut.
  • Sirup kental – Cara yang dilakukan hampir sama dengan cara di atas yang membedakan adalah campurannya 2 gelas gula.
  • Jus buah – Cara yang ketiga adalah dengan memasukkan buah plum ke dalam jus buah. Jika anda menggunakan cara ini, anda tidak perlu memanaskan campuran tersebut.

Setelah anda menggunakan cara di atas, masukkan ke dalam kantung plastik yang sudah di ikat dengan rapat. Dan langkah terakhir adalah dengan memasukkan kantong tersebut ke dalam freezer.

3. Bekukan dalam Kulkas

buah plum beku
pixabay.com

Cara ini adalah cara yang paling mudah dilakukan. Hanya dengan membungkus buah plum ke dalam kantong plastik dan masukkan ke dalam freezer hingga buah membeku.

Mengolah Buah Plum

Selain dapat dimakan secara langsung buah plum juga bisa di olah terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk menambah cita rasa pada buah plum dan alternatif jika anda sudah bosan dengan cara yang biasa saja.

1. Salad Buah Plum

salad buah plum
www.bonappetit.com

Yang pertama adalah salad buah plum. Langsung saja ke pembahasan bahan dan cara untuk membuatnya.

Bahan yang dibutuhkan :

  • 4 potong daging asap
  • 1 bawang merah yang dicincang sampai halus
  • 3 sendok makan jus apel yang dicampur dengan kecap asin dan minyak wijen
  • 2 sendok makan minyak zaitun
  • 1 sendok makan mustard
  • 4 buah plum, radicchio dan sayur atau buah lain, sesuai selera
  • Garam dan lada secukupnya

Cara Membuat:

  1. Pertama masak daging asap diatas wajan penggorngan dengan api sedang rendah. Balik sesekali dan masak selama 8 sampai 12 menit sampai terlihat renyah. Jika sudah terlihat renyah tiriskan.
  2. Kurangi panas untuk memasak bawang ke dalam wajan yang sama. Aduk terus selama 2 menit dan tambahkan cuka, minyak, mustard sebanyak 1 sendok makan dan tambahkan air. Aduk hingga tercampur rata.
  3. Aduk radicchio, buah plum, dan minyak zaitun ke dalam mangkuk. tambahkan garam dan merica kemudian aduk dengan rata.
  4. Selanjutnya pindahkan campuran salad ke piring dan hiasi dengan daging asap. Salad siap dihidangkan.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.