Belajar Kunci Gitar Cepat untuk Pemula

Belajar kunci gitar

Belajar Kunci Gitar – Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai salah satu alat musik berdawai yang mungkin sudah sering anda lihat dan dengarkan, yaitu gitar. Saya akan menjelaskan mulai dari apa itu gitar dan bagaimana belajar kunci gitar dengan mudah dan cepat. Untuk mengetahui lebih lengkapnya silahkan simak penjelasan berikut ini.

Apa itu Gitar?

Gitar merupakan salah satu alat musik yang sangat populer di kalangan masyarakat. Gitar ini memiliki dawai dan dimainkan dengan cara dipetik. Biasanya gitar ini dipetik menggunakan jari, namun terkadang menggunakan alat bantu yang bernama plektrum. Gitar terbentuk dari badan pokok dan leher gitar. Leher gitar ini merupakan tempat dipasangnya dawai. Biasanya ada enam dawai pada gitar.

Jenis Jenis Gitar

Gitar merupakan alat musik yang paling umum di masyarakat. Oleh karena itu ada berbagai macam gitar yang masing masing memiliki keunikannya sendiri. Berikut beberapa jenis gitar yang terdapat di masyarakat.

1. Gitar Akustik

gitar akustik
www.musicradar.com

Jenis gitar yang pertama adalah gitar akustik. Gitar akustik adalah jenis gitar yang menghasilkan suara dari getaran senar yang dipetik. Getaran dari senar gitar akan merambat melalui sadel ke dalam ruang suara dan akan beresonansi terhadap badan gitar. Oleh karena itu bahan dari gitar akustik akan mempengaruhi suara yang dihasilkan gitar akustik.

Gitar akustik sendiri dibedakan menjadi beberapa jenis,salah satunya adalah gitar akustik klasik. Perbedaan dari gitar akustik klasik dan gitar akustik yang lain adalah bentuknya lebih kecil dan lebih ramping, sehingga lebih mudah dan lebih nyaman untuk dimainkan oleh penggunanya. Gitar ini cocok untuk memainkan musik klasik atau musik latin.

2. Gitar Elektrik

gitar elektrik
wallpapercave.com

Selanjutnya adalah jenis gitar elektrik atau gitar listrik. Berbeda dengan jenis gitar akustik yang menggunakan tubuh gitar sebagai sumber suaranya, gitar elektrik ini membutuhkan amplifier dan loud speaker dalam prosesnya. Suara yang dihasilkan oleh gitar ini berasal dari getaran dari string gitar yang diubah menjadi arus listrik dan diubah kembali menjadi suara oleh amplifier dan loud speaker.

Biasanya gitar jenis ini digunakan oleh gitaris gitaris yang memainkan musik dengan aliran musik rock, jazz, pop, dan bahkan musik blues. Suara yang dihasilkan dari gitar jenis elektrik ini pun juga lebih keras dibandingkan gitar akustik. Perbedannya gitar listrik ini cenderung lebih tipis dan bobot gitar yang lebih berat.

3. Gitar 12 Senar

Gitar 12 senar
kapilguitarist.wordpress.com

Jenis gitar yang ketiga adalah jenis gitar 12 senar. Berbeda dengan jenis gitar lain yang hanya memiliki enam senar, gitar jenis ini memiliki 12 senar. Maksud dari 12 senar ini adalah 2 senar digabung menjadi satu, sehingga tampak sama seperti gitar dengan enam senar.

Perbedannya dengan gitar jenis lain adalah suaranya yang lebih jelas dan lebih jernih, namun untuk memainkan gitar jenis ini anda harus menekannya lebih kencang dari gitar biasa agar suara yang dikeluarkan oleh gitar ini tidak fals.

4. Gitar Bass

gitar bass
wallpaperscraft.com

Yang terakhir adalah gitar bass. Hampir mirip dengan gitar listrik atau gitar elektrik, gitar bass juga memanfaatkan listrik untuk memperbesar suaranya. Bedanya gitar bass memiliki tubuh yang lebih besar dan leher yang lebih panjang. Selain itu gitar bass biasanya hanya memiliki 4 senar.

Bobot dari gitar bass sendiri juga lebih berat dari gitar akustik maupun gitar elektrik. Senar gitar jenis ini pun lebih tebal dari gitar lain, hal ini bertujuan untuk menjaga rendahnya nada atau bunyi yang dihasilkan.

Belajar Kunci Gitar

Setelah anda mengetahui berbagai macam jenis gitar, sekarang adalah saatnya untuk belajar kunci gitar. Tenang … tidak perlu terburu buru, saya akan menjelaskan sedikit sedikit agar mudah untuk dipahami. Ada beberapa hal yang harus anda siapkan terlebih dahulu, yaitu gitar. Ok langsung saja ke bagian intinya.

Gitar memiliki 6 senar yang pada senar paling bawah merupakan senar paling kecil dan yang paling atas adalah senar yang paling besar. Untuk mempelajari gitar sendiri anda harus mengetahui kunci yang terdapat pada gitar. Dalam bermain gitar sendiri ada 2 jenis kunci dasar, yaitu kunci dasar gitar biasa dan kunci dasar gitar minor.

Kunci utama gitar biasa yang paling sering digunakan terdiri dari C mayor, G mayor, A mayor, E mayor, dan D mayor. Dan pada setiap kunci memiliki peletakan jari sendiri sendiri pada senar. Untuk lebih lengkapnya sihat gambar dan penjelasan di bawah ini.

Kunci Dasar C

Kunci dasar gitar C
belajarkuncigitar.com

Yang pertama adalah kunci dasar C. Dalam kunci ini anda harus meletakkan jari anda seperti pada gambar tersebut. anda harus meletakkan jari telunjuk anda ke senar nomor 2 fret 1 dari bawah, jari tengah ke senar nomor 4 fret 2 dari bawah, dan jari manis ke senar nomor 5 fret 3 dari bawah. Maka anda akan mendapati kunci dasar C.

Kunci Dasar D

Kunci dasar D
belajarkuncigitar.com

Selanjutnya adalah kunci dasar D. Dalam kunci ini anda harus menempatkan jari telunjuk anda ke senar nomor 3 fret 2, jari tengah ke senar nomor 1 fret 2, dan jari manis ke senar nomor 3 fret ke 3.

Kunci Dasar E

Kunci dasar E
belajarkuncigitar.com

Jari pada kunci dasar E ini menempatkan jari telunjuk ke senar nomor 3 fret 1, jari tengah ke senar nomor 5 fret 2, dan jari manis ke senar nomor 4 fret 2. Lihat seperti gambar.

Kunci Dasar F

Kunci dasar F
belajarkuncigitar.com

Untuk kunci dasar F anda bisa menempatkan jari anda seperti pada gambar.

Kunci Dasar G

Kunci dasar G
belajarkuncigitar.com

Lihat gambar dan praktekkan ke gitar anda di rumah dan tempatkan jari jari anda seperti pada gambar di atas.

Kunci dasar A

Untuk kunci dasar A gitar cukup mudah untuk di lakukan. Lihat gambar di atas dan praktekkan di rumah.

Kunci dasar A
belajarkuncigitar.com

Kunci dasar B

Kunci dasar B
distincamusik.blogspot.com

Setelah kunci dasar A, selanjutnya adalah kunci dasar B. Kunci dasar B dilakukan dengan menekan senar 1 dan 5 pada fret ke 2 menggunakan telunjuk secara bersamaan, dan menekan senar ke 4,3,2 pada fret 4 secara urut menggunakan jari telunjuk, tengah, dan manis bersamaan.

Kunci dasar D minor

Kunci dasar Dm
belajarkuncigitar.com

Kunci selanjutnya adala h kunci dasar D minor. Lihat gambar di atas, praktekkan dengan meletakkan jari telunjuk ke fret 1 senar ke 1, jari tengah ke fret ke 2 senar 3, dan jari manis ke fret 3 senar ke 2.

Kunci dasar E minor

Kunci dasar Em
belajarkuncigitar.com

Kunci gitar E minor dapat kamu praktekkan dengan menggunakan jari tengah dan jari telunjuk ke fret 2 dan senar ke 4 dan 5.

Kunci dasar A minor

Kunci dasar Am
belajarkuncigitar.com

Yang terakhir adalah kunci dasar A minor. Kunci ini dilakukan dengan menekan fret 1 dan senar ke 2 dengan telunjuk, jari tengah pada fret 2 senar ke 4, dan jari manis ke fret 2 senar ke 3.

Mungkin untuk saat ini cukup itu saja, karena harus di biasakan supaya lebih mahir dan lebih mudah untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya. Sekian yang dapat saya sampaikan di postingan ini. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.