5 Pantai Tersembunyi di Tulungagung

pantai tulungagung, pantai kedung tumpang, kedung tumpang

Pantai Tulungagung – Karena saya berasal dari Tulungagung mungkin saya akan sedikit menjelaskan beberapa pantai di Tulungagung. Disini pantainya masih sangat alami. Bahkan saking alaminya sampai ada pantai yang susah untuk dilalui kendaraan bermotor.

Tulungagung terletak di bagian selatan Provinsi Jawa Timur jadi wajar kalau banyak pantai yang mungkin ada beberapa pantai yang memang belum banyak yang tahu.

kali ini saya akan menjelaskan beberapa pantai di Tulungagung.

1. Pantai Ngalur

tempatwisatakeren.com

Pantai ini terletak lumayan jauh dari pusat Kabupaten Tulungagung. Pantai ini terletak di Area Pegunungan, Jengglungharjo, Tanggung Gunung, Kabupaten Tulungagung. 

Bahkan pantai ini memiliki akses yang masih sulit untuk dilewati kendaraan. Oleh karena itu masih belum banyak pengunjung yang datang di pantai ini.

Namun perjalanan anda yang sulit akan terbayarkan. Karena mata anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah.

Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut . Pantai ini memiliki bibir pantai memanjang dengan karang – karang di bibir pantainya. Lautnya pun juga tak kalah indah dengan warna biru yang mempesona.

Untuk kalian yang suka mengabadikan momen – momen di Instagram, anda bisa mendapatkan foto yang sempurna jika datang ke pantai ini.

Seperti pantai – pantai selatan yang lain anda tidak disarankan untuk berenang di pantai ini. Karena ombaknya yang besar.

Jika anda datang ke pantai ini anda tidak akan ditarik biaya masuk atau tiket alias masih gratis. namun anda cuma akan ditarik pembayara parkir. itupun sangat murah tak lebih dari 5 ribu rupiah.

nanuwisnu.blogspot.com

untuk rute ke pantai ini masih belum ada jalur khusus yang langsung ke pantai ini. namun anda tidak perlu khawatir karena anda bisa menggunakan jalur yang sama untuk ke pantai sanggar.

Di pantai ini anda harus membawa perbekalan secukupnya karena disana anda tadak akan menemukan warung yang berjualan. Dan juga bawa pulang lagi sampahnya agar kebersihan pantai tetap terjaga.

[su_note note_color=”#1c68e0″ text_color=”#000000″]Baca Juga : Permainan Tradisional yang Mengasyikkan[/su_note]

2. Pantai Sanggar

KSMTour.com

Pantai ini tidak jauh letaknya dari pantai sebelumnya yaitu Pantai Ngalur. Letak daerahnya masih sama dengan Pantai Ngalur. Yaitu di daerah Jengglungharjo, Tanggung Gunung, Kabupaten Tulungagung. 

Kalau dari pusat kota pantai ini berjarak lumayan jauh. Pantai ini berjarak sekitar 40 km dan bisa ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam bahkan lebih jika tidak ada kendala.

Pantai ini cocok untuk anda yang ingin berlibur tetapi tidak ingin mengeluarkan banyak budget. Karena tiket di pantai ini masih gratis.

Tetapi di pantai ini anda harus mengeluarkan usaha yang ekstra. Karena pantai ini masih memiliki rute transportasi yang sulit.

blog.etulungagung.com

Untuk menuju pantai ini anda akan melewati jalan yang menanjak ditambah hanya bisa dilalui oleh satu jalur kendaraan roda dua.

Rute ini masih satu jalur dengan pantai – pantai yang lain, jadi jika anda ingin melanjutkan perjalanan menuju pantai yang lain anda tidak perlu memutar terlalu jauh.

Jika anda pergi ke pantai ini menggunakan kendaraan roda dua, anda tidak disarankan untuk pergi kesini saat hujan karena jalan yang terjal dan mungkin akan licin jika tanah terkena air.

Walaupun pantai ini tidak memiliki bibir pantai sepanjang pantai – pantai yang lain anda tetap akan dimanjakan dengan suasana pantai yang masih terasa asri.

3. Pantai Kedung Tumpang

youtube.com

Pantai Kedung Tumpang merupakan salah satu pantai yang menarik di Tulungagung. Pantai ini terletak di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung.

Pantai ini direkomendasikan untuk anda yang mencari pantai yang unik. Karena seperti dua pantai sebelumnya anda tidak akan dikenakan biaya untuk memasuki tempat wisata alami ini.

Walaupun dinamakan Pantai namun pada kenyataannya tidak ada pasir pantai yang memanjang seperti pada pantai – pantai lain, hanya ada tebing – tebing yang karang yang membentang luas.

kopsuratmy.blogspot.com

Namun karena hal itu yang membuat pantai ini unik. Diatas gugusan tebing – tebing karang inilah terdapat cekungan – cekungan y ang didalamnya terdapat air yang membentuk kolam alami.

Sekilas kolam – kolam tersebut terlihat seperti kolam renang. Disana anda dapat berenang di kolam – kolam itu, namun anda harus tetap berhati – hati karena disamping anda merupakan lautan bebas.

4. Pantai Coro

meroket.com

Salah satu pantai yang memiliki nama pantai yang unik. Karena memiliki nama tidak biasa seperti pantai – pantai lain. Pantai ini memiliki nama kecoak, kalau dalam bahasa jawanya coro.

Tidak ada yang tau kenapa pantai ini dinamakan Pantai Coro. Namun kalau bertanya kepada penduduk sekitar mereka menjawab hanya nama suka – suka yang diberikan masyarakat sekitar.

kreatifstone.blogspot.com

Pantai ini terletak di Besole, Kec. Besuki, Kab. Tulungagung. Oh iya di Kecamatan Besuki merupakan salah satu kecamatan penghasil batu marmer. Karena di daerah sana terdapat gunung marmer.

Jarak Pantai Coro dengan pusat kabupaten Tulungagung sekitar 33 km. Dapat ditempuh dengan waktu sekitar satu jam lebih sedikit.

Untuk tiket masuk anda hanya dikenakan biaya 5 ribu rupiah. itupun untuk membangun sarana transportasi yang memadai untuk ke pantai tersebut.

Pantai Coro merupakan salah satu pantai yang direkomendasikan untuk para backpacker atau traveller.

Kenapa pantai ini direkomendasikan untuk para backpacker atau traveller?

Karena tempat ini merupakan yang instagramable. Dan juga cocok untuk dipajang dai story anda.

Di pantai ini ekosistem lautnya juga masih terjaga, buktinya ketika saya kesana saya masih menemukan ikan lidah dan bulu babi.

Ikan Lidah

ncfishes.com

Ikan ini disebut ikan lidah karena bentuknya seperti lidah. Ikan ini juga disebut sebagai ikan sebelah karena hanya sebelah yang ada bagian tubuhnya. bagian sebelahnya rata.

Bulu Babi

pemburuombak.com

Bulu Babi merupakan hewan laut yang berduri jika durinya tertancap di bagian tubuh anda. Anda bisa terkena racunnya yang bisa menyebabkan rasa nyeri.

Namun bulu babi merupakan salah satu indikaror yang menandakan bahwa pantai tersebut masih bersih.

Dalam perjalanan menuju Pantai Coro ini anda akan melewati sebuah tempat yang bernama Reco Sewu. Reco sewu merupakan sebuah kompleks pesanggrahan. Reco Sewu dalam bahasa Indonesia berarti Arca Seribu. 

5. Pantai Klatak

sumber.com

Pantai ini merupakan salah satu pantai yang unik di Tulungagung. Kenapa pantai ini dibilang unik?, karena pantai ini tidak seperti pantai pada umumnya. Di pesisir pantai terdapat banyak batuan – batuan kali.

Saat diguyur ombak terdengar suara klatak yang terdengar dari batu yang saling berbenturan. Mungkin karena ini pantai ini disebut Pantai Klatak.

Dulu pantai ini belum banyak yang tahu, Mungkin yang tahu hanya sebagian orang yang mencari rumput, nelayan.

Namun sekarang pantai ini sudah mudah jalan pantai ini sudah mudah dilewati karena pantai ini dilewati oleh salah satu jalur yang jalannya luas, yaitu jalur lintas selatan dan rute menuju popoh.

Jarak pantai ini dengan pusat kota adalah sekitar 38 km dan dapat ditempuh dengan waktu sekitar satu jam lebih sedikit.

Ketika anda melewati jalur menuju pantai ini anda akan melewati perkebunan pisang dan jagung milik warga sekitar.

ombonejagad.com

Pantai ini mempunyai ciri khas dengan keramba budidaya lobsternya. Jika dilihat dari atas bukit keramba – keramba ini akan terlihat seperti perahu.

Mungkin itu saja beberapa pantai tersembunyi yang ada di Tulungagung. Bagaimana apakah anda tertarik untuk mengunjunginya?

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.