10 Permainan Tradisional yang Mengasyikkan

permainan tradisional, indonesia, hormat bendera

Permainan Tradisional – Siapa sih yang gak pernah kecil? pasti semua pernah menjadi anak – anak. Masa anak – anak adalah masa yang menyenangkan. Apalagi masa kecil pada zaman dulu, saat belum mengenal adanya gadget. Kalau anda sedang bernostalgia, pasti anda lahir pada tahun 2000 – an kebawah.

Tetapi dibalik itu semua kita harus prihatin dengan kondisi dimana anak – anak zaman sekarang sudah mulai beralih pada gadget. Sehingga kurangnya interaksi sosial pada mereka.

Banyak yang bisa dilakukan pada masa kecil kita tanpa menggunakan gadget. Mulai dari permainan tradisional sampai mainan zaman dulu. Pastinya membuat anda sedikit mengingat masa kecil anda dulu. Berikut adalah beberapa permainan tradisional yang pernah saya mainkan. Oke langsung saja.

1. Bermain Kelereng

waklah.wordpress.com

Permainan ini sih salah satu permainan favorit saya pada waktu kecil. Cara bermain nya adalah kita harus membuat lingkaran dulu di tanah. lalu setiap orang meletakkan beberapa kelereng yang dimilikinya ke dalam lingkaran tersebut.

Pemenang dalam permainan ini adalah pemain yang bisa mengeluarkan kelereng paling banyak dari lingkaran tersebut. Ya pinter – pinteran melempar aja lah.

2. Petak Umpat

azzamaviero.com

Wah kalau permainan ini sih paling sering saya lakukan dulu pas waktu kecil. Biasanya saya lakukan pas waktu istirahat di sekolah semasa sekolah dasar dulu. Cara bermain juga cukup mudah.

Pertama kumpulkan teman sebanyak – banyaknya. Lalu gambreng untuk memilih seorang pemain yang menjadi penjaga pos. Pemain yang lain bersembunyi dan penjaga menghitung sampai angka yang sudah disepakati. Apabila penjaga sudah selesai menghitung maka dia harus mencari pemain yang bersembunyi.

Penjaga akan menang apabila pemain yang bersembunyi ditemukan. pemain yang ditemukan akan berbaris dibelakang penjaga yang sedang tutup mata dan memilih urutan pemain yang di belakangnya. Maka pemain itu harus menjadi penjaga.

[su_note note_color=”#1c68e0″ text_color=”#000000″]Baca Juga : Kenapa Harus Berlibur ke Jogja?[/su_note]

3. Bermain Lompat Tali

jatim.tribunnews.com

Permainan ini biasanya dimainkan oleh anak – anak perempuan. Tapi laki – laki boleh juga kan. Biasanya kalau masih kecil saya bermain lompat tali yang terbuat dari karet gelang. Tentunya murah dan dapat banyak gelang karet.

Kalau saya dulu sih mainnya ada tiga cara. Pertama talinya ditarik sama dua orang. Awalan nya tali tersebut rendah lama kelamaan tinggi. pemain harus melompati tali tersebut apabila ada yang tidak bisa melompati maka dia harus memegang tali.

Kedua Peraturannya hampir sama dengan cara pertama. Tetapi yang cara yang ini talinya diputar dan orang harus masuk kedalam taki tersebut.

Yang ketiga dimainkan apabila sedang sendiri. Cara mainnya sama seperti skipping pada masa ini. Mungkin skipping terinspirasi dari permainan tradisional ini ya.

4. Egrang Bambu

http://yogyakarta.panduanwisata.id

Salah satu permainan tradisional lainnya adalah egrang bambu. Benar sekali seperti namanya permainan tradisional ini terbuat dari bambu yang dibuat sedemikian rupa. Cara bermain permainan ini yaitu letakkan kaki di pijakan yang ada di egrang bambu tersebut, lalu mulailah berjalan perlahan – lahan.

Biasanya sih kalau masih pertama kali bermain permainan tradisional ini tidaklah mudah dan akan sering terjatuh. Karena permainan ini membutuhkan  keseimbangan dan konsentrasi untuk mahir dalam permainan ini.

Biasanya kalau sudah mahir saya dan teman – teman saya melakukan lomba yaitu dengan balapan. Siapa yang bisa mencapai garis finish lebuh dulu maka dia akan menjadi pemenangnya. Tetapi kalau sedang musim hujan, saya suka bermain egrang di lapangan yang tergenang seperti sebuah kolam. Jadi seperti bisa jalan di atas air.

5. Egrang Batok Kelapa

http://beritadaerah.co.id

Egrang batok kelapa tidak jauh berbeda dari egrang bambu. Cara bermainnya hampir sama namun egrang batok kelapa menggunakan tali sebagai pegangan.

Cara membuatnya tidaklah sulit. Carilah dua buah batok kelapa yang sudah dibelah menjadi dua. Carilah bentuknya yang seperti mangkok. Lalu lubangi bagian tengahnya dan pasang tali sebagai pegangannya.

Seperti Egrang bambu Siapa yang paling cepat sampai garis finish terlebih dahulu maka dialah pemenangnya.

6. Balap karung

http://yogyakarta.panduanwisata.id

Balap karung merupakan salah satu permainan tradisional yang sering diperlombakan dalam acara hari kemerdekaan. Dan biasanya pemenang dapat hadiah buku tulis. Pasti anda sudah tahu cara bermainnya. Ya benar, caranya kita masuk kedalam karung lalu mulai melompat untuk bergerak maju. Siapa yang sampai garis finish duluan dialah pemenangnya.

7. Engklek

http://www.harianguru.com

Permainan lompat menggunakan satu kaki ini sangat menyenangkan. Kita harus bisa menjaga keseimbangan agar tidak terjatuh dan kalah dalam permainan ini. Cara bermainnya adalah mula – mula kita harus membuat arena nya berupa petak tanah yang telah diberi angka terlebih dahulu, lalu kita harus memiliki batu untuk menandai petak mana yang tidak boleh kita pijak. Kita harus melempar batu tersebut tetapi batu tersebut tidak boleh keluar dari petak yang akan dituju. Apabila batu keluar dari petak maka akan dinyatakan gugur.

Selanjutnya pemain harus melompat dengan satu kaki tanpa menginjak petak yang berisi batu penanda tadi. Apabila sampai ujung pemain harus kembali ke titik start dan mengambil batu penanda tadi. pemain gugur ketika terjatuh atau tidak bisa mengambil batu penanda.

Saya dulu waktu kecil suka buat arena yang panjang supaya lebih seru dan lebih menantang.

8. Tarik Tambang

www.antarafoto.com

Permainan tredisional yang satu ini merupakan salah satu permainan yang menggunakan strategi dan kekuatan. Entah itu strategi dalam menarik tali atau menempatkan orang yang memiliki kekuatan paling besar.

Permainan ini biasanya dimainkan di lapangan atau bisa juga di sawah ketika tidak ada padi di sawah, ya iya lah kalau ada padinya nanti dimarahi petani. peraturannya sederhana siapa yang bisa menarik tali dan bisa melewati garis yang ditentukan maka tim mereka akan menang.

9. Bermain Gasing Bambu

http://trombinos.blogspot.com

Alat permainan ini terbuat dari bambu. Bentuknya tabung dan ditengah nya terdapat gagang yang juga terbuat dari bambu. bagian pinggir tabung dilubangi sebagian. Kenapa dilubangi sebagian? karena agar gasing tersebut bisa mengeluarkan bunyi.

Cara memainkan nya sangat mudah. Mula – mula lilit kan tali ke gagang yang ada di tengah gasing, usahakan lilit kan dengan teratur. Jangan lupa masukkan gagang yang dipegang sebagai ganjal sebelum tali dililitkan. Gasing siap dimainkan. Saat gasing diputar dengan kencang gasing akan mengeluarkan bunyi ngiiiiing atau bisa juga berbunyi nguuuuung. Kuatnya bunyi gasing tergantung seberapa kencang anda memutar gasing tersebut.

Biasanya sih dulu saya memainkan nya dengan adik saya. terkadang karena putaran nya sangat kencang dan saling bergesekan gasing bisa mengeluarkan percikan api. dan akan tercium bau seperti gosong.

10. Congklak

orami.co.id

Yang terakhir dalam artikel ini adalah Congklak. Kalau di daerah saya congklak biasa di sebut dengan istilah dakon. Congklak merupakan salah satu permainan yang membantu kita untuk mengasah pikiran. Permainan ini Menggunakan papan dan 98 buah biji. Umumnya dalam papan congklak terdapat 16 lubang, 2 lubang besar dan 14 lubang kecil yang di dalam masing – masing lubang kecil terdapat 7 buah biji.

Peraturan permainannya susah susah mudah. yaitu siapa yang paling banyak memasukkan biji ke dalam lumbung nya maka dialah pemenangnya. tetapi jika berhenti di salah satu lubang kecil yang kosong atau pada lumbung (entah milik sendiri atau milik lawan) maka akan berganti giliran main.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.